3-12 BULAN
20 Oktober 2019

3 Cara Melembapkan Kulit Kering Bayi

Jaga agar anak banyak minum cairan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Tidak ada yang seperti kulit bayi yang lembut dan halus. Namun tidak ada juga yang rewel dan menangis seperti bayi, saat kulitnya menderita ruam popok, atau masalah kesehatan kulit lainnya yang mengganggu.

Meskipun lahir dengan kulit yang halus dan lembut, belum tentu akan selamanya seperti itu. Bayi Moms akan cenderung mengalami iritasi kulit dalam beberapa bulan pertama kehidupan mereka. Hal ini bisa saja menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan kasar.

Hal ini dikarenakan kulit bayi yang baru lahir lebih tipis dan sensitif daripada kulit orang dewasa. Selain itum juga menghasilkan lebih sedikit minyak pelembap daripada orang dewasa. Jadi jangan heran jika kulit bayi kering dan kasar dengan mudah.

Selain itu, udara juga berpengaruh pada keadaan kulit bayi, terutama peralihan udara luar yang sejuk dan kering ke udara dalam ruangan yang terlalu panas.

Baca Juga: Tips Efektif Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Makanya, untuk melembapkan kulit bayi, Moms bisa mencoba beberapa tips di bawah ini, yuk ikuti Moms.

Jangan Mandi Terlalu Lama

melembapkan kulit bayi yang kering

Mandi akan mengeringkan kulit anak karena menghilangkan minyak alami kulit beserta kotorannya.

“Tetapi selama Moms mengambil beberapa tindakan pencegahan, bahkan mandi setiap hari seharusnya tidak menjadi masalah,” kata Seth Orlow, direktur dermatologi pediatrik di New York University School of Medicine.

Salah satunya dengan cara melembapkan kulit bayi kering jangan mandi terlalu lama. Kurangi waktu mandi menjadi sekitar 10 menit. Gunakan air hangat yang tidak terlalu panas dan gunakan sabun sedikit.

Lebih disarankan untuk menggunakan sabun yang bebas pewangi dan bebas bahan kimia, yang jauh lebih keras daripada sabun biasa.

Baca Juga: 4 Ritual Memandikan Bayi Yang Perlu Mama Ketahui

Oleskan Pelembap Setelah Mandi

melembapkan kulit bayi yang kering

Mengutip dari Baby Center, setelah selesai mengeluarkan anak dari bak mandi, segera tepuk-tepuk seluruh tubuh anak dengan handuk, lalu Moms bisa melembapkan kulit bayi kering dengan oleskan pelembap.

Mengaplikasikan pelembap dalam beberapa menit setelah mengeluarkan anak dari bak mandi akan menyegel air yang masih ada di kulitnya sejak mandi.

Semakin tebal pelembap dioleskan akan semakin baik. Jika kulit Si Kecil masih kering bahkan setelah dioleskan pelembap harian, cobalah beralih dari lotion ke krim atau salep yang lebih tebal.

Salep paling baik menjaga kelembapan di kulit bayi, tetapi mereka bisa terasa berminyak. Cukup gunakan sedikit dan gosokkan dengan lembut ke kulit. Gosokkan krim tanpa meninggalkan rasa berminyak pada kulit.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Jaga Agar Kulit Tetap Terhidrasi

melembapkan kulit bayi yang kering

Kulit kering bayi tidak memiliki kelembapan. Berikan anak Moms banyak minum untuk melembapkan kulit bayi kering.

Jika Si Kecil masih bayi, tetap dengan ASI atau susu formula setidaknya selama enam bulan pertama, kecuali dokter menyarankan sebaliknya.

Menurut Seth Orlow, seperti menuangkan air ke dalam ember berlubang. Tanpa pelembap untuk menahan dalam air, kulit anak tidak akan terhidrasi dengan baik.

Itu dia Moms, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melembapkan kulit bayi kering. Di coba ya Moms.

Artikel Terkait