GAYA HIDUP
4 Juni 2019

Rumah Jadi Lebih Asri, Ini 8 Tips Memaksimalkan Taman Kecil

Siasati rumah agar tampak teduh dengan kebun kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms ingin memiliki taman yang asri, namun terhalang karena lahan taman yang kecil? Jangan khawatir, karena ada beberapa tips memaksimalkan taman kecil.

Dengan cara ini, tidak hanya membuat rumah lebih asri, namun Moms juga bisa menanam ragam buah dan sayur tanpa takut kekurangan lahan.

Dikutip dari Good Housekeeping, berikut cara membuat taman kecil dari lahan yang sedikit, .

1. Tanam Tanaman Buah dalam Pot

memaksimalkan taman kecil

Jika Moms memiliki teras atau balkon kecil, Moms dapat menanam pohon buah-buahan. Ada beberapa jenis jeruk yang bisa ditanam dalam pot, seperti buah jeruk, delima, jambu biji, dan semangka.

Tapi ingat, pilih varietas yang dapat bertahan dalam perubahan cuaca yang cukup ekstrim, karena tanaman akan bereaksi lebih cepat ketika ditanam di pot ketimbang dari tanah.

2. Buat Kebun Kotak

memaksimalkan taman kecil-2.jpg

Metode ini sangat efisien dengan membagi bidang tanah menjadi kotak-kotak. Sayuran bisa ditanam dalam satu kotak atau lebih dengan kepadatan berdasarkan ukuran tanaman,

Misalnya, Moms menanam sekitar 8 biji lobak per kotak, tetapi hanya satu tanaman tomat. Hal ini dapat membuat Moms menanam lebih banyak jenis tanaman.

Baca Juga: 5 Cara Mempercantik Taman di Rumah

3. Tanam Pohon Kerdil

Lahan yang kecil memungkinkan Moms hanya bisa menanam pohon-pohon dengan ukuran kecil. Dengan tinggi rata-rata sekitar 4,5 meter, banyak varietas pohon hias atau kerdil dapat menyiasati taman kecil.

Mom bisa menanam pohon bonsai dengan ragam varietas yang cantik.

4. Tanam Dua Jenis Tanaman Bersama

Cara lain untuk menyiasati taman yang kecil yaitu menempatkan bunga dan sayuran bersama di satu bidang tanah.

Tidak hanya menghemat ruang, ini juga akan membantu untuk bisa meningkatkan hasil panen dan membuat tanaman bahagia dengan menarik lebih banyak penyerbuk.

5. Pohon yang Terlatih

memaksimalkan taman kecil-3.jpg

Moms dapat memangkas jenis pohon buah tertentu dan 'melatih' mereka untuk tumbuh di dinding, ini adalah sebuah proses yang disebut espalier.

Mulailah dengan pohon berusia 1 atau 2 tahun dan pasang dua cabang lentur ke kawat sekitar 45 cm inci dari tanah. Kemudian secara rutin pangkas tanaman dengan hati-hati.

6. Tanaman Gantung

memaksimalkan taman kecil-4.jpg

Jika Moms tidak memiliki ruang di tanah untuk membuat taman impian, gunakan langit-langit teras untuk memajang bayi tanaman di keranjang gantung.

Beberapa jenis tanaman gantung yang bisa dipilih seperti anggrek, begonia geranium, dan lantana.

Baca Juga: 10 Taman Hiburan di Asia yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

7. Manfaatkan Jendela

memaksimalkan taman kecil-5.jpg

Cara lain, coba tanam tanaman di sekitar jendela, bisa dengan menempatkan pot di bagian dalam atau luar jendela. Moms bisa menatap tanaman yang asri setiap bangun tidur.

Pilih tanaman seperti ragam kaktus, atau tanaman yang tak terlalu tinggi sekaligus tidak terlalu kecil. Misalnya tanaman english ivy, petunia, atau philodendron.

8. Manfaatkan Lokasi Teduh

Di tempat teduh, Moms mungkin lebih mudah mengganti rumput dengan batu. Namun, ketimbang nantinya tumbuh rumput liar, coba tanam tanaman yang hanya butuh cahaya matahari minim.

Untuk dedaunan yang subur di tempat teduh, coba tanam pakis haji, daun sirih, lidah mertua.

Seru ya Moms sepertinya, yuk coba mulai dari sekarang untuk menanam tanaman-tanaman di atas.

(AP/IRN)

Artikel Terkait