3-12 BULAN
2 Juli 2019

Cara Memberikan MPASI Saat Bayi Tumbuh Gigi

Bayi yang tumbuh gigi rentan sekali rewel dan menolak untuk makan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Selama 6 bulan pertama hidupnya, kebutuhan nutrisi dan gizi bayi dapat tercukupi karena diberikan ASI eksklusif. ASI membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi agar dapat berjalan secara optimal.

Namun, ketika ia sudah berusia 6 bulan, maka sudah waktunya bayi untuk diberikan makanan pendamping ASI yang disebut dengan MPASI.

MPASI juga diberikan ketika bayi sudah menunjukkan ketertarikan ketika disodorkan makanan serta sering merasa kurang kenyang ketika hanya menyusu.

Memberikan MPASI tidak boleh sembarangan, melainkan harus melihat berdasarkan tahapan usia bayi.

Penuhi nutrisi MPASI sesuai dengan kebutuhan bayi dan pastikan bahan makanan serta perangkat yang dipakai semuanya aman dan higienis.

Jika MPASI diberikan tidak tepat, maka bayi berisiko untuk mengalami kekurangan gizi. Faktanya, kekurangan gizi atau malnutrisi dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Mereka akan mudah terinfeksi penyakit atau lebih parahnya berisiko untuk terkena stunting.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Beras Merah sebagai MPASI

MPASI bayi tumbuh gigi

Salah satu tantangan yang terjadi pula saat pemberian MPASI yaitu ketika bayi tumbuh gigi. Rata-rata, bayi berusia 3-6 bulan akan mengalami tumbuh gigi pertamanya. Pada tahapan ini ada beberapa hal yang ditunjukkan oleh bayi, yaitu sering menggigit dan mengeluarkan air liur, terlihat tidak nyaman, dan gusi terasa gatal. Biasanya, bayi tumbuh gigi pertama pada bagian gigi seri bawah dulu.

Nah, biasanya saat bayi tumbuh gigi, ia akan sulit untuk diberikan MPASI. Tidak jarang, mereka menjadi lebih mudah rewel hingga menjalankan aksi gerakan tutup mulut (GTM). Namun, Moms tidak boleh berhenti memberikan MPASI meskipun Si Kecil sedang rewel-rewelnya, ya!

“Terus bujuk anak, namun tidak memaksanya. Jangan sampai pemberian MPASI terhenti. ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, makanya ia membutuhkan MPASI yang kaya nutrisi setiap harinya. Jadi, untuk menunjang gizi normal, jangan tunda pemberian MPASI,” ungkap konselor laktasi dr. Sarah Audia Hasna, pada Kulwap Orami Community, Selasa (15/5) lalu.

Baca Juga: 9 Peralatan MPASI yang Wajib Moms Miliki

Jenis MPASI Saat Bayi Tumbuh Gigi

MPASI bayi tumbuh gigi

Si Kecil merasa tidak nyaman dan sangat rewel saat giginya tumbuh, maka Moms bisa mengakalinya dengan berbagai trik agar makanan tetap masuk ke dalam tubuhnya. Tetap berikan variasi tekstur makanan agar anak juga diajarkan untuk mengunyah.

“Saat bayi tumbuh gigi, dianjurkan untuk memberikan bubur yang kental atau nasi lumat, ya, Moms. Hindari pemberian makanan yang encer karena akan kurang nilai gizinya dan tidak melatih anak untuk mengunyah. Jika sudah 9 bulan, perkenalkan anak dengan tekstur makanan lembek atau yang dicincang secara kasar. Tekstur makanan dapat memengaruhi tumbuhnya gigi,” ujar dr. Sarah yang praktik di Eka Hospital BSD ini.

Nah, lalu bagaimana cara menghadapi anak yang GTM dan menolak makan karena giginya baru tumbuh?

“Perkenalkan makanan baru bersamaan dengan makanan kesukaan anak. Berikan cita rasa makanan yang berbeda dan terasa enak agar anak mau untuk menyentuhnya. Jika anak sudah berusia di atas 9 bulan, maka Moms bisa menawarkan finger food tentunya tetap dengan pengawasan orang tua. Terpenting adalah sabar dan konsisten, juga jangan memaksa anak untuk makan,” jawab dr. Sarah.

Pemberian snack buah yang segar juga bisa diberikan untuk membujuk anak agar mau makan. Meskipun frekuensi makanan berkurang saat ia sedang GTM, setidaknya ia tetap menerima asupan makanan yang lengkap dan bergizi setiap harinya.

MPASI yang baik bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi, untuk itu tetap temukan cara yang tepat agar anak bisa makan dengan baik, ya!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai MPASI bayi, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(DG)

Artikel Terkait