RESEP
18 Juni 2020

Cara Membuat Corn Dog Tanpa Cornmeal, Tak Kalah Enak Lho Moms!

Bisa juga dibuat menjadi corn dog mozzarella atau corn dog manis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentu tahu hot dog, yakni roti panjang yang mengapit sosis di tengahnya. Namun, bagaimana dengan corn dog? Cara membuat corn dog juga melibatkan sosis dan adonan mirip roti, tapi hasilnya berbeda, Moms.

Corn dog adalah sosis yang ditusuk stik lalu dilapisi adonan cornmeal yang tebal dan digoreng. Asalnya dari Amerika Serikat, tapi populer juga di Argentina, Australia, Kanada, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan.

Corn dog sering disajikan sebagai jajanan atau makanan cepat saji. Makanan ini lebih enak dinikmati hangat-hangat. Jadi, biasanya sosis baru dicelupkan ke adonan dan digoreng saat dipesan.

Corn dog juga jadi jajanan favorit orang-orang yang berkunjung ke Main Street, USA, Disneyland. Dijual di Little Red Wagon (kios berbentuk mobil tua berwarna merah), adonan corn dognya memiliki rasa agak manis dan disajikan bersama saus mustard, irisan apel, serta keripik kentang.

Baca Juga: Resep Sup Jagung Telur

Cara Membuat Corn Dog Tanpa Cornmeal

Cara Membuat Corn Dog Tanpa Cornmeal.jpg

Foto: Blake Guidry on Unsplash

Alasan corn dog mengandung kata “corn” atau jagung adalah karena corn dog berbentuk mirip sebuah jagung dan karena adonannya mengandung cornmeal.

Cornmeal (polenta) adalah jagung kering yang digiling sehingga menghasilkan butiran halus, sedang, sampai kasar. Cornmeal berbeda dengan tepung jagung (Maizena) yang sangat halus, karena tekstur cornmeal berpasir.

Namun, karena cornmeal agak sulit ditemukan di Indonesia, kita ganti saja dengan terigu, Moms. Resep berikut ini lebih mirip dengan hidangan bernama pancake on a stick, tapi tak kalah enak, kok dengan corn dog autentik!

Bahan Corn Dog

  • 10 buah sosis
  • 200 gram terigu
  • 1 butir telur
  • 120 ml susu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm baking powder
  • Minyak untuk menggoreng

Alat Corn Dog

  • Tusuk satai yang kuat atau stik bambu
  • Baskom
  • Garpu atau whisk
  • Gelas tinggi
  • Panci lebar dan agak dalam atau panci deep fry
  • Capit
  • Piring
  • Tisu dapur

Baca Juga: Resep Sup Kentang Jagung

Cara Membuat Corn Dog

  1. Tusuk sosis dengan tusuk satai. Sisihkan.
  2. Campur terigu, telur, garam, dan baking powder di baskom.
  3. Tambahkan susu sedikit-sedikit sambil diaduk rata dengan whisk. Hentikan menuangkan susu jika adonan sudah terlihat kental dan menetes perlahan. Pindahkan adonan ke gelas.
  4. Ambil sosis yang sudah ditusuk, lalu celupkan ke gelas berisi adonan. Pastikan adonan menutupi seluruh permukaan sosis.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak di panci dengan api sedang. Goreng corn dog sampai berwarna cokelat keemasan dan mengembang. Balikkan sesekali dengan capit jika perlu.
  6. Angkat corn dog dan tiriskan di piring yang sudah dialasi tisu dapur. Biarkan hingga hangat.
  7. Nikmati corn dog dengan cocolan saus tomat atau mustard.

Menurut blog Homemade Hooplah, corn dog mengandung 1893 kalori, 198 gram lemak, 39 mg kolesterol, 457 mg sodium. 249 mg potassium, 36 gram karbohidrat, 1 gram serat, 7 gram gula, 8 gram protein, 65% vitamin A, 77% kalsium, dan 2,3% zat besi.

Apakah corn dog bisa distok jika tidak habis semua dalam sekali makan? Bisa, Moms. Setelah digoreng, biarkan corn dog dingin sampai suhu ruang, baru masukkan ke wadah. Jika disimpan di kulkas, corn dog bisa tahan 4-6 hari. Namun kalau dibekukan di freezer, corn dog bisa disimpan sampai 1-2 bulan.

Saat ingin menyantapnya, panaskan di oven suhu 1800C selama 15-18 menit jika corn dog beku dan 10 menit jika corn dog sudah tidak beku (thawed).

Baca Juga: Resep Bubur Jagung Manis, Lembut dan Lezat!

Variasi Lain Corn Dog

Variasi Lain Corn Dog.jpg

Foto: Kriss Chen from Pixabay

Selain cara membuat corn dog klasik di atas, Moms juga bisa membuat variasi-variasi sebagai berikut:

  • Corn dog kecil (corn puppies, mini corn dog, atau corn dog nuggets): biasanya disajikan sebagai menu anak-anak tanpa stik. Finger food ini terdiri dari lebih dari satu buah (biasanya 10) dalam satu porsi.
  • Corn dog mozzarella: Moms bisa membuat “satai” berisi potongan sosis, keju mozzarella, dan sosis lagi sebelum mencelupkannya ke adonan tepung. Atau, bisa juga isinya hanya mozzarella tanpa sosis. Saat digigit, dijamin gurih, lumer, dan mulur!
  • Hotdog kentang: di Korea, jajanan ini disebut “kogo”. Adonan tepungnya ditempeli French fries. Wah, dua makanan cepat saji favorit (sosis dan kentang goreng) dalam sekali santap, nih! Teksturnya krenyes banget, Moms!
  • Tepung roti: selain pakai french fries, Moms juga bisa melapisi adonan tepung corn dog dengan tepung roti agar lebih renyah
  • Corn dog manis: Moms tidak hanya bisa membuat corn dog gurih, lo. Corn dog mozzarella tanpa sosis juga bisa dibuat manis dengan celupan cokelat leleh di luarnya. Awas berlepotan saat menyantapnya!

Seru, kan, cara membuat corn dog yang berbeda-beda tadi? Si Kecil pasti doyan!

Artikel Terkait