BALITA DAN ANAK
6 Maret 2020

Cara Membuat Imunitas Anak Lebih Baik Tanpa Membuat Mereka Sakit

Ternyata tidak sulit, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anak menjadi aktif tentunya menjadi dambaan setiap orang tua ya Moms. Apalagi ketika Si Kecil yang aktif bermain, namun jarang jatuh sakit.

Anak yang sehat tentunya didukung dengan imun atau sistem kekebalan tubuh yang kuat.

"Sistem kekebalan tubuh kita adalah serangkaian sel, jaringan, dan organ yang ada sepanjang hidup kita, melindungi kita dari berbagai patogen penyerang dan membuat kita tetap sehat dan mampu melawan banyak infeksi berulang," ujar dr. Ashouri, spesialis penyakit menular anak di CHOC Childrens.

"Ketika bayi masih bayi, mereka mendapatkan sel-sel kekebalan dari Ibu melalui plasenta dan ASI jika mereka menyusui. Seiring waktu, sistem bayi menjadi matang dan dapat melawan infeksi. Gaya hidup sehat yang meliputi cukup istirahat, stres rendah dan diet seimbang plus olahraga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh di semua usia," tambah dr. Ashouri.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4 Hal yang Dapat Membuat Imunitas Anak Lebih Baik

Untuk lebih tahu bagaimana caranya untuk membuat imunitas anak lebih baik, simak penjelasan di bawah ini yang dilansir dari babygaga dan parents.

1. Air Susu Ibu (ASI)

imunitas anak

Foto: pixabay

Seperti yang dikatakan dr. Ashouri, bahwa ASI bisa merespons kebutuhan bayi dan memberinya sel-sel kekebalan dari tubuh Moms. Namun, tidak semua Ibu bisa atau ingin menyusui dan biasanya itu akan menjadi masalah.

Ketika Moms tidak menyusui, maka jangan berpikir bahwa bayi akan siap menghadapi penyakit. Di mana, pada dasarnya, ASI memang dapat membantu melindungi bayi dan dapat membuat imunitas anak lebih baik saat ia tumbuh dewasa.

2. Pantau Lingkungan Sekitar

imunitas anak

Foto: pixabay

Moms, sebaiknya juga perlu perhatian pada lingkungan dan area di sekitar yang Moms rasa tidak mengancam kesehatan bayi, seperti taman dengan rumput.

Bisa saja bayi yang bermain di atas rumput akan mencabuti rumput dan mengunyahnya. Lalu, ketika bayi duduk dan bermain di atas keset di teras pun juga bisa mengancam sistem imunitasnya.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

3. Sajikan Lebih Banyak Buah dan Sayur

imunitas anak

Foto: pixabay

Wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi: Semua mengandung fitonutrien penambah kekebalan seperti vitamin C dan karoten, kata William Sears, MD, penulis The Family Nutrition Book.

Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh yang melawan infeksi, suatu antibodi yang melapisi permukaan sel, dan menghalangi virus.

Studi menunjukkan bahwa diet kaya fitonutrien juga dapat melindungi terhadap penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung di usia dewasa.

Untuk bisa membuat imunitas anak lebih baik, usahakan agar Moms meberikan makan lima porsi buah dan sayuran sehari pada Si Kecil. Satu porsi adalah sekitar dua sendok makan untuk balita, 1 gelas untuk anak-anak yang lebih besar.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Memperkuat Sistem Imun Balita

4. Tingkatkan Waktu Tidur

imunitas anak

Foto: pixabay

Penelitian terhadap orang dewasa menunjukkan, bahwa kurang tidur dapat membuat Moms lebih rentan terhadap penyakit.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak, kata Kathi Kemper, MD, direktur Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Rumah Sakit Anak, di Boston. Anak-anak di tempat penitipan anak sangat berisiko kekurangan tidur karena semua kegiatan dapat menyulitkan mereka untuk tidur siang.

Berapa banyak tidur yang dibutuhkan bayi dan anak-anak? Bayi yang baru lahir mungkin memerlukan waktu tidur hingga 18 jam sehari, balita membutuhkan 12 hingga 13 jam, dan anak-anak pra sekolah membutuhkan sekitar 10 jam.

"Jika anak Anda tidak bisa atau tidak mau tidur siang, cobalah untuk membaringkannya lebih awal," ujar Dr. Kemper.

Nah, itu dia Moms cara membuat imunitas anak lebih baik. Dicoba ya, Moms!

Artikel Terkait