KESEHATAN
17 Juli 2020

Cara Membuat Jamu Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebaran dan meningkatnya jumlah korban di Indonesia yang terjangkit virus corona tidak bisa dipungkiri meningkatkan kekhawatiran dan kecemasan masyarakat.

Hal ini terbukti dengan permintaan masker dan hand sanitizer yang meningkat, serta empon-empon atau rempah-rempah pembuat jamu yang laku keras dan diburu masyarakat saat ini.

Empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional antara lain temulawak, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, dan adas.

Baca Juga: Ada 8 Kasus Baru Pasien Corona di Indonesia, Satu Pasien Diduga Local Transmission

Berdasarkan jurnal Herbal Medicine, penggunaan utama obat-obatan herbal adalah untuk meningkatkan kesehatan dan terapi untuk kondisi kronis, untuk melawan kondisi yang mengancam jiwa.

Mengutip dari laman Kompas, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan jika Universitas Airlangga Surabaya telah melakukan penelitian terkait cara menangkal virus corona yakni dengan mengkonsumsi empon-empon.

Dengan mengonsumsi empon-empon, dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Moms ingin mencoba membuat jamu empon-empon? Yuk simak caranya di bawah ini.

Baca Juga: China Sedang Uji Coba Antivirus Corona dari Vitamin C!

Cara Membuat Jamu Empon-empon

mpon-mpon

Foto: Cookpad/Ruli Yantiani

Dilansir dari laman Kompas, Wira Hardiyansyah, traveling chef menjelaskan cara membuat empon-empon menjadi jamu yang berkhasiat baik sangatlah mudah.

Moms hanya perlu menumbuk temulawak, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, dan adas hingga halus, kemudian seduhlah menggunakan air panas.

Sesudah menyeduhnya, ambil cairan empon-empon dengan menyaring ampasnya dan sajikan hangat-hangat. Jamu empon-empon ini bisa langsung diminum. Namun jika Moms ingin menambah cita rasanya sedikit, bisa ditambahkan gula sesuai selera.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Lebih dari Sekadar Rempah!

Gula yang digunakan pun tergantung dengan selera kita. Bisa menggunakan gula pasir, gula merah, ataupun gula batu. Cukup sederhana bukan, Moms? Kita bisa mengonsumsi empon-empon ini sesering mungkin, misalnya pagi, siang, dan malam hari.

Meski begitu, perlu diingat ya Moms bahwa mpon-mpon ini hanya digunakan sebagai penangkal saja, bukan obat atau vaksin khusus yang mampu mencegah dan menyembuhkan virus corona.

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan minum jamu, pastikan Moms tetap di rumah dan sebisa mungkin minimalisir kegiatan di luar.

Kalau takut bosan, tenang saja Moms! Orami punya banyak promo di rumah aja supaya Moms bisa belanja berbagai kebutuhan secara lebih mudah dan dengan harga yang miring.

Moms tidak perlu khawatir berbelanja di Orami di tengah pandemi corona.

Sebab, produk-produk yang Moms beli telah diberi disinfektan untuk mencegah dari paparan virus dan bakteri.

Setiap kurir internal juga selalu mengenakan masker, serta semua kantor dan gudang Orami senantiasa terjaga kehigienisannya. Yuk belanja di rumah aja bersama Orami!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait