RUPA-RUPA
7 November 2020

7 Cara Membuat Squishy Mudah dan Slow dengan Spon

Squishy bisa dibuat di rumah lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Squishy adalah mainan lunak atau lembek yang disukai oleh berbagai kalangan usia. Cara mainnya juga cukup mudah, Moms hanya perlu meremas hingga kecil kemudian diamkan hingga kembali ke bentuk semula.

Bentuk squishy juga beragam, seperti binatang, buah-buahan dan makanan dengan berbagai ukuran. Mainan satu ini juga sering diberi wewangian sesuai dengan bentuknya. Namun, paling sering squishy berbentuk buah yang memiliki wangi sesuai jenisnya.

Squishy pertama kali diperkenalkan di Jepang kemudian menyebar ke Amerika sekitar musim semi 2017. Kini, squshy menjadi salah satu mainan yang banyak terdapat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, tidak sedikit influencer membuat content di media sosial saat memainkan squshy.

Baca Juga: Bukan Sekadar Mainan, Slime, Squishy, dan Fidget Spinner Punya Manfaat Tak Terduga untuk Anak

Cara Membuat Squishy

Moms yang suka memainkan squishy bersama si kecil, bisa lho membuar squishy sendiri di rumah. Cara membuat squishy juga terbilang cukup mudah. Karena dapat menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti spons, kertas dan lainnya.

Melansir berbagai sumber, berikut cara membuat squishy yang bisa Moms coba di rumah.

Cara Membuat Squishy Mudah dan Slow

Saat ingin membuat squishy di rumah Moms tidak perlu khawatir dengan bahan-bahannya. Karena banyak sekali bahan recycle yang dapat digunakan untuk membuat squishy. Hasilnya pun tidak kalah dari squishy yang dijual di toko. Berikut cara membuat squishy mudah dan slow di rumah.

1. Cara Membuat Squishy Mudah dan Slow dengan Kertas

XX Cara Membuat Squishy

Cara membuat squshy dari kertas terbilang cukup mudah. Bahkan, Moms juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas sebagai isian. Melansir channel Youtube Miscellaneous FUZ berikut cara membaut squishy mudah dan slow.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat squishy mudah dan slow:

- Papan alas untuk menulis

- Kertas A4

- Selotip besar

- Selotip Kecil

- Plastik bekas

- Gunting

- Lem stick

- Pulpen untuk menggambar

Langkah membuat squishy mudah dan slow:

  1. Siapkan kerta A4 kemudian lipat menjadi dua bagian. Buat pola segi empat. Moms dapat memberikan sentuhan agar lebih di pola tersebut.
  2. Gunting kertas yang sudah dibentuk pola tersebut.
  3. Rekatkan bagian atas dan bawang menggunakan selotip kecil. Setelah itu, tempelkan semua bagian dengan selotip besar. Sisakan satu bagian untuk mengisi kertas dengan plastik bekas.
  4. Potong plastik bekas menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian masukan ke dalam kertas yang sudah dibentuk tersebut.
  5. Jika dianggap sudah cukup, tutup bagian tersebut menggunakan selotip besar. Pastikan bagian tersebut tertutup dengan rapat.
  6. Setelah dipastikan semua tertutup rapat. Moms dapat memainkan squishy Bersama di kecil di rumah. Moms dapat mengganti pola tersebut sesuai dengan keinginan Moms atau si kecil.

*Untuk isian squshy yang terbuat dari kertas, Moms juga dapat memanfaatkan bahan lain, seperti kertas bekas yang sudah dihancurkan atau bahan isian bantal yang memang sudah tidak digunakan kembali.

2. Cara Membuat Squishy dengan Lakban

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Selain memanfaatkan kertas, Moms juga dapat membuat squishy menggunakan lakban dan barang-barang bekas lainnya. Yuk Moms simak cara membuat squishy dengan lakban dan barang bekas di rumah dari channel Youtube Chelsey DIY.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat squishy dengan lakban

Lakban

Plastik bekas ukuran besar

Kapas

Cara Membuat Squishy dengan Lakban

  1. Remas plastik bekas kemudian tutupi dengan lakban ke seluruh bagian. Pastikan Moms jangan menekan saat menutupi plastik, biarkan mereka mengembang. Sisihkan.
  2. Siapkan lakban dan tempelakn setiap bagian. Kemudian bentuk membentuk persegi panjang.
  3. Rekatkan semua lakban yang sudah dibentuk hingga terbentuk seperti kantong.
  4. Kemudian masukan kapas kedalam kantung yang terbuat dari lakban tersebut hingga membentuk seperti bantal. Tutup kembali menggunakan lakban.
  5. Satukan kedua squishy tersebut menjadi satu. Squishy siap untuk Moms mainkan Bersama si kecil.

Baca Juga: Si Kecil Hobi Bermain Slime? Waspada Kandungan Berbahayanya!

Cara Membuat Squishy dari Spon

Secara teknis squishy terbuat dari busa dan harganya terbilang cukup mahal. Ada tiga jenis spon yang dapat dimanfaatkan untuk membuat squishy di rumah. Bahan yang paling sering digunakan adalah memory foam (biasanya busa yang ukurannya lebih besar dan tebal), spon pencuci piring dan juga spon untuk make up. Melansir berbagai sumber, berikut cara membuat squishy dari spon yang bisa Moms coba di rumah.

1. Cara Membuat Squishy dengan Memory Foam

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Membuat squishy dengan memanfaatkan memory foam terbilang lebih mudah. Karena bentuknya yang besar dan tebal, membuat memory foam lebih mudah dibentuk saat membuat squishy. Melansir channel Youtube Everything Nim, berikut cara membuat squishy dari memory foam yang bisa Moms coba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat squishy

Memory foam, pilih yang besar dan tebal agar lebih mudah dibentuk

Pewarna makanan

Cat acrylic

Pisau, cutter atau gunting untuk membentuk memory foam

Kuas

Sarung tangan

Cara membuat squishy dengan memory foam

  1. Siapkan semua bahan. Kemudian bentuk memory foam dengan cutter sesuai yang Moms atau si kecil inginkan
  2. Setelah terbentuk, oleskan cat acrylic ke seluruh bagian spon yang sudah Moms bentuk
  3. Kemudian ratakan cat tersebut menggunakan kuas kecil. Moms juga bisa meratakan pewarna dengan tangan yang sudah ditutup dengan sarung tangan
  4. Lakukan cara ini secara berulang hingga memory foam tertutup dengan sempurna dengan cat acrylic dan permukaan tertutup dengan sempurna
  5. Diamkan hingga cat mengering. Jika Moms ingin hasil yang lebih baik, Moms dapat menyimpan di dalam kulkas selama semalam.

2. Cara Membuat Squishy dari Spon Pencuci Piring

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Saat Moms ingin membuat squishy di rumah juga bisa menggunakan spon untuk mencuci piring. Melansir channel Youtube, Chelsea DIY berikut cara membuat squishy dari Spon.

Berbeda dengan memory foam, spon pencuci piring memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan memory foam.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat squishy dari spon pencuci piring

Spon cuci piring

Gunting

Lem super

Pewarna makanan

Cat acrylic

Kuas

Kawat

Cara membuat squishy dari spon pencuci piring

  1. Siapkan semua bahan. Kemudian lepaskan bagian kasar spon. Jika susah dilepaskan menggunakan tangan, Moms dapat menggunakan gunting.
  2. Potong menjadi dua sama rata spon.
  3. Tempelkan dua bagian spon menjadi satu agar bentuk squishy menjadi tebal.
  4. Bentuk spon sesuai dengan yang Moms inginkan.
  5. Oleskan cat acrylic ke semua bagian spon yang sudah dibentuk sesuai keinginan. Pastikan seluruh bagian spon tertutup dengan rata. Moms harus mengecatnya secara berkala agar semua pori-pori spon tertutup sempurna
  6. Diamkan beberapa saat hingga cat kering. Jika Moms ingin mendapatkan hasil squishy slow, Moms dapat menyimpannya di dalam lemari es selama satu malam. .

3. Cara membuat Squishy dari Spon Makeup

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Selain memory foam dan spon pencuci piring, Moms juga dapat memanfaatkan spon make up untuk membuat squishy di rumah. Karena ukurannya yang kecil, squishy yang dibuat dari spon makeup sering dijadikan gantungan kunci atau pajangan di mobil. Melansir blog.consummercrafts.com berikut cara membuat squishy dari spon makeup yang bisa Moms coba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat squishy dari spon make up:

Spon makeup berbentuk bulat atau Moms dapat menggunakan bentuk lain

Lem tembak

Pewarna makanan

Cat acrylic

Paper clip besar dan kecil

Gantungan kunci

Cara membuat Squishy dari Spon Makeup

  1. Potong spons makeup bulat menjadi tiga bentuk segitiga agar terlihat seperti potongan kue. Moms juga bisa memotongnya menjadi dua bagian jika tidak ingin terlalu tebal
  2. Warnai sisi segitiga dengan cat acrylic sesuai selera. Moms tidak perlu khawatir spon tidak diwarnai dengan merata, karena semua bagian akan terlapisi dengan sendirinya saat cat menyerap ke pori-pori spon
  3. Setelah cat mengering, rekatkan setiap spon yang sudah dibentk seperti potongan kue menjadi satu. Tambahkan jepit menggunakan paper clip besar dan kecil
  4. Hias squishy yang sudah dibentuk sesuai selera. Kemudian pasangkan kawat agar dapat dijadikan sebagai gantungan kunci.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Spons Makeup dengan Mudah

Cara Membuat Squishy dengan Balon

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Ada berbagai macam jenis squishy yang dapat dibuat di rumah. Salah satu yang paling mudah dibuat adalah bentuk bola. Squishy bentuk bola juga sering disebut sebagai stress ball. Melansir patch.com berikut cara membaut squishy mudah dan slow menggunakan balon untuk stress ball.

Bahan yang diperlukan untuk membuat stress ball

4 Balon

Beras atau Tepung (untuk isian)

Corong

Gunting

Langkah membuat squishy mudah dan slow menggunakan

  1. Tarik balon agar melar atau Moms juga dapat memompanya hingga besar kemudian keluarkan kembali anginnya. Cara ini sangat efektif agar balon lebih mudah dimasukan isian.
  2. Letakkan corong di bagian leher balon. Masukan isian sesuai keinginan Moms. Moms juga dapat mencampur keduanya.
  3. Masukan isian secara perlahan. Tekan-tekan bagian leher balon agar isian masuk dengan sempurna. Moms bisa menggunakan pensil atau pulpen untuk memasukan isian ke dalam balon.
  4. Lepaskan corong. Kemudian tiup balon sesuai keinginan Moms.
  5. Ikat balon dengan kencang. Buat squishy sejenis sebanyak dua atau tiga kemudian ikat menjadi satu.
  6. Voilla! Stress ball buatan Moms sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga: Akibat Balon, Tubuh Gadis Ini Terbakar. Seperti Apa Cara Aman Menggunakan Balon?

Cara Membuat Squishy dari Tanah Liat

XX Cara Membuat Squishy

foto: pinterest.com

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, squishy juga dapat dibuat menggunakan tanah liat buatan atau slime. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Beriku cara membuat squishy dengan tanah liat dari beano.com.

Bahan yang dibutuhkan untuk membaut squishy dari tanah liat:

Tanah liat buatan (Moms bisa membeli secara online atau di toko mainan terdekat)

Oven untuk membakar

Cat Acrylic

Cara Membuat Squishy dari Tanah Liat

  1. Bentuk tanah liat buatan sesuai dengan yang Moms atau si kecil inginkan
  2. Setelah terbentuk, masukan tanah liat ke dalam oven sekitar 5 menit kemudian keluarkan dan biarkan dingin
  3. Setelah dingin, warnai squishy dengan cat acrylic. Diamkan hingga cat mengering.
  4. Setelah sudah dipastikan kering, Moms sudah bisa memainkan squishy bersama di kecil.

Sudah tahu kan Moms cara membuat squishy di rumah. Bisa menghemat pengeluaran untuk beli mainan si kecil ya Moms. Jangan lupa untuk mencobanya ya Moms.

Artikel Terkait