3-12 BULAN
26 Oktober 2019

4 Cara Memilih Baby Lotion yang Tepat untuk Si Kecil

Penting bagi Moms untuk memastikan bahwa produk bebas alergi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Ada begitu banyak lotion bayi yang dijual di masyarakat, jadi bagaimana kita harus memilih baby lotion yang tepat untuk Si Kecil?

Mungkin Moms akan tergoda dengan baby lotion yang memiliki bau harum untuk kulit bayi. Namun hati-hati Moms, karena produk perawatan kulit bayi dengan bau yang harum bisa jadi berbahaya untuk kulit bayi karena menggunakan pewangi buatan.

Baca Juga: Mana Lebih Aman untuk Anak: Obat Nyamuk Semprot, Bakar, atau Lotion?

Kulit bayi sangat halus dan sensitif, karena itu kulit bayi, membutuhkan produk perawatan yang terbaik. Ada banyak pilihan baby lotion dengan berbagai merek yang bisa kita pilih.

Namun agar dapat memilih produk yang tepat, sebaiknya Moms pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lapisan kulit bayi.

Baby lotion berguna untuk membantu menjaga kelembapan kulit alami dan melembabkan kulit anak.

Lalu bagaimana cara memilih baby lotion yang tepat? Berikut cara yang harus dilakukan.

Bebas Alergi

memilih baby lotion, baby lotion

Bayi yang baru lahir mungkin tidak langsung mengalami alergi kulit hingga mereka lebih besar, tetapi penting bagi kita memeriksakan bayi untuk berjaga-jaga jika anak memiliki beberapa alergi parah.

Dilansir dari situs Little on Mag, agar aman, biasa Moms akan sering disarankan untuk menggunakan produk 'hypoallergenic' untuk bayi sehingga reaksi alergi tidak timbul.

Memilih baby lotion yang hypoallergenic akan meminimalisir masalah alergi. Karena kulit bayi sangat sensitif, jadi sangat masuk akal untuk mengurangi sebanyak mungkin kemungkinan terjadinya ruam dan komplikasi kulit saat masih bayi.

Baca Juga: Pastikan Keamanan Si Kecil, Perhatikan 5 Simbol Ini Pada Produk Bayi!

Menggunakan Bahan-bahan Alami

memilih baby lotion, baby lotion

Walaupun tidak semua terbuat dari bahan-bahan alami, ada baiknya Moms memilih baby lotion yang terbuat dari bahan alami.

Karena kulit bayi sangat sensitif, bahan kimia apa pun yang kuat, dapat menimbulkan reaksi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak baby lotion yang menggunakan bahan-bahan alami untuk menenangkan dan melembapkan kulit bayi. Meskipun terbuat dari bahan alami, Moms tetap harus memeriksa bahan-bahannya agar lebih aman.

"Hanya karena itu bahan alami, bukan berarti itu baik untuk kulit," kata Dr. Elaine Siegfried, dokter kulit anak di St. Louis. Jadi berhati-hati tetap diperlukan ya Moms.

Bebas dari Bahan Kimia yang Berbahaya

memilih baby lotion, baby lotion

Penting bagi Moms untuk memilih baby lotion yang akan dipakai oleh bayi, terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Jika produk baby lotion tersebut mengandung banyak bahan kimia berbahaya, maka kemungkinan besar akan merusak kulit bayi Moms dari luar maupun dari dalam.

Banyak produk baby lotion yang terkenal bebas dari paraben, minyak mineral, phthalate, dan pewangi buatan untuk memastikan produk tersebut bebas dari melukai kulit anak.

“Jangan lupa untuk membaca label kemasan setiap produk,” ujar Dr. Elaine Siegfried.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

Harganya Terjangkau

memilih baby lotion, baby lotion

Harga juga menjadi pertimbangan para orang tua untuk membeli produk baby lotion. Produk satu ini adalah produk yang hampir dibutuhkan oleh anak setiap saat.

Moms dan Dads bisa memilih produk yang murah, namun pastikan terbuat dari bahan alami, teruji hypoallergenic, dan bebas dari pewangi buatan. Banyak produk-produk kepercayaan para ibu yang sesuai dengan karakteristik ini.

Itu dia Moms beberapa pertimbangan yang harus diambil saat memilih baby lotion anak.

Artikel Terkait