KELUARGA
23 Februari 2020

7 Cara Mempererat Keintiman Hubungan Pernikahan, Bukan Hanya Seks!

Keintiman hubungan pernikahan juga bisa didapatkan dari kegiatan bersama yang menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hubungan seksual merupakan bumbu dalam sebuah hubungan pernikahan dan keintiman menjadi kunci kebahagiaannya. Seks memanglah bagian penting dari keintiman hubungan pernikahan, namun seberapa dekatnya Moms dan Dads pada tingkat emosional tidak bisa diabaikan juga.

Memiliki kedekatan secara emosional membantu pasangan untuk saling mendiskusikan apa yang dibutuhkan dalam hubungan dengan cara yang sehat dan produktif.

Berdasarkan jurnal The Associations of Intimacy and Sexuality in Daily Life, untuk mempertahankan hubungan pernikahan romantis yang berlangsung lama bisa diasah melalui intimasi pernikahan.

Cara Meningkatkan Keintiman Hubungan Pernikahan

Nah, keintiman hubungan pernikahan bukan hanya didapat dari hubungan seks saja, lho, Moms. Ada beberapa cara bagaimana Moms dan Dads dapat saling menunjukkan kasih sayang yang akan membuat pasangan merasa lebih dicintai.

Lantas, apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempererat keintiman hubungan pernikahan selain hubungan seks? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

1. Lakukan Sesuatu secara Fisik Bersama

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 5.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut sebuah studi yang dilakukan OHSU Center for Women’s Health, keintiman hubungan pernikahan bisa dieratkan dengan melakukan kegiatan fisik bersama. Misalnya saja olahraga, berkebun, memperbaiki mobil, atau sekadar merapikan taman.

Moms bisa membuat daftar jenis-jenis kegiatan fisik yang bisa dilakukan bersama, kemudian pilih satu kegiatan dan lakukan seminggu sekali. Seru sekali, bukan?

Baca Juga: 4 Kebiasaan Setiap Pagi yang Wajib Dilakukan Pasangan Agar Hubungan Tetap Harmonis

2. Mendukung Pasangan

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 1.jpg

Foto: Freepik.com

Keintiman sangatlah erat dengan keterkaitan emosional kita terhadap pasangan. Untuk itu, jangan selalu memperhitungkan apa yang sudah Moms atau Dads lakukan untuk pasangan.

Dukungan tidak hanya dibutuhkan saat pasangan sedang down, tetapi juga saat misalnya saat pasangan sedang berada di puncak kariernya. Sebab, Moms adalah orang terdekat Dads, begitupun sebaliknya.

Apabila tidak saling mendukung, tentu support system pun akan goyah.

3. Ciptakan Momen Humoris dalam Pernikahan

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 2.jpg

Foto: Freepik.com

Hubungan yang tidak diwarnai dengan humor, pasti akan terasa “garing” dan membosankan. Untuk membuat pernikahan terasa lebih hidup, coba untuk menghidupkan humor dengan pasangan.

Selain meningkatkan keintiman pernikahan, humor juga dapat membantu Moms atau Dads melihat pasangan dari sudut pandang yang berbeda. Jika pasangan tak pandai dalam melucu, cobalah untuk menonton film komedi atau menyaksikan atraksi yang menggembirakan.

Baca Juga: 5 Manfaat Berciuman dengan Pasangan

4. Pergi Berkencan

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 4.jpg

Foto: Stocksnap.io

Agar tetap mesra, quality time berdua tidak boleh ketinggalan, Moms. Studi dari OHSU Center for Women’s Health menyarankan, berpura-puralah Moms berpacaran dengan seseorang yang baru dan coba bertindak seperti pasangan yang baru saja berpacaran.

Ajak Dads mengobrol tentang hal-hal yang belum pernah dibicarakan sebelumnya, misalnya tentang masa kecilnya atau tentang apa yang diyakininya tentang cinta dan hubungan.

5. Masak Makanan Bersama

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 6.jpg

Foto: Freepik.com

Masih berdasarkan studi yang sama, memasak makanan bersama dipercaya bisa mempererat keintiman pernikahan, lho, Moms. Lakukan segalanya bersama, mulai dari perencanaan, belanja, persiapan memasak, sampai pembersihan. Atau Moms dan Dads bisa membagi tugasnya dengan adil.

Bila mau lebih romantis, coba saling menyuapi ketika mencicip masakan yang sedang dimasak, juga saat sedang makan. Jangan lupakan juga makanan penutup, Moms. Kegiatan memasak ini mungkin biasanya hanya dilakukan oleh Moms atau Dads saja.

Dengan melakukannya bersama, salah satu pihak akan merasa sangat terbantu dan bahagia karena pasangannya mau ikut melakukan rutinitas yang biasa dilakukan sendiri.

6. Mengapresiasikan Perhatian dari Pasangan

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 7.jpg

Foto: Stocksnap.io

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga keintiman hubungan pernikahan adalah mengapresiasi setiap perhatian yang diberikan oleh pasang. Memang cukup sederhana, namun ternyata sangat penting untuk dilakukan.

Semua orang tentunya akan suka dihargai orang lain, terutama dengan orang-orang spesial. Jadi jangan lupa untuk ucapkan terima kasih pada Dads setiap kali ia memberikan bantuan, ya, Moms.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Keintiman Hubungan Setelah Jadi Orangtua Baru

7. Jangan Lewatkan Anniversary Pernikahan

Selain Seks, Ini 7 Cara Mempererat Keintiman Pernikahan 3.jpg

Foto: Freepik.com

Pentingnya merayakan anniversary bersama pasangan itu bisa dijadikan momen yang tepat untuk saling mengintrospeksi agar bisa mencintai tanpa henti. Perayaan ini bisa memberi pengaruh emosional karena cinta dan keintiman pernikahan seperti di-refill kembali pada titik terbaiknya.

Berilah hadiah yang memang sudah diidamkan pasangan sejak lama ataupun barang-barang yang bisa mengingatkan momen romantis Moms dengan Dads.

Moms, itulah beberapa cara yang bisa mempererat keintiman hubungan pernikahan selain seks. Tentunya setelah melakukan aktivitas di atas, Moms dan Dads sangat dianjurkan untuk melanjutkan permainan ke ranjang.

Tetapi jika pun tidak, setidaknya Moms dan Dads sudah menghabiskan waktu bersama dan punya waktu berkualitas untuk mengobrol. Selamat mencoba ya, Moms dan Dads.

Artikel Terkait