PERNIKAHAN & SEKS
27 November 2019

5 Cara Mempersiapkan Mental sebelum Menikah

Menikah itu tidak hanya membutuhkan persiapan finansial lho!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi pasangan yang akan segera menikah, pastinya akan banyak hal yang dipersiapkan. Mulai dari rangkaian acara hingga persiapan secara fisik agar nantinya bisa tampil segar dan memukau tamu yang datang.

Namun, ternyata ada hal yang jauh lebih penting dan perlu dipersiapkan, yaitu kesiapan mental. Mungkin sering kamu melupakan hal yang krusial ini, padahal pernikahan bukan hanya berjalan satu malam saja melainkan seumur hidup.

Rasanya percuma acara pernikahan sukses dan meriah, namun tidak dibekali dengan persiapan mental yang kuat. Rumah tangga akan rentan dengan berbagai macam konflik karena menyatukan dua karakter yang berbeda tentunya tidak mudah.

American Association for Marriage and Family Therapy mengatakan, cara terbaik untuk mempersiapkan mental sebelum pernikahan adalah mengikuti konseling pranikah yang dapat membantu kamu dan pasangan untuk belajar tentang komunikasi di dalam rumah tangga, manajemen konflik, dan belajar mengatasi keadaan ketika tidak sesuai harapan.

Baca Juga: Pentingnya Premarital Check Up, Persiapan Kehamilan 2 Bulan Sebelum Menikah

Cara Mempersiapkan Mental sebelum Menikah

Selain itu, ada baiknya pasangan yang sebelum menikah mencari mentor pasangan yang lebih tua dan berpengalaman untuk berbagi mengenai suksesnya pernikahan.

Nah, ada juga beberapa cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang bisa dilakukan bersama pasangan. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Membicarakan Rencana Keuangan Masa Depan

cara mempersiapkan mental sebelum menikah

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang pertama adalah membicarakan rencana keuangan masa depan. Masalah finansial menjadi pemicu utama konflik di rumah tangga.

Untuk itu, cara mencegah hal tersebut terjadi adalah saling terbuka saat membicarakan tentang keuangan masa depan. Lebih baik lagi jika merencanakan keuangan sampai masa tua.

“Berkomitmen dalam menjaga keuangan rumah tangga, dimulai dari komunikasi yang jujur dan terbuka. Berapa banyak uang harus dihabiskan dan sebaiknya ditabung, nah itu harus menemukan kesepakatan,” ungkap Dr. Spencer Scott, psikolog klinis di California.

2. Mulai Ubah Pola Pikir

cara mempersiapkan mental sebelum menikah

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang selanjutnya adalah mulai ubah pola pikir. Pernikahan adalah komitmen untuk tetap bersama selamanya. Tentunya hal ini membutuhkan kerja sama seperti di dalam sebuah tim.

Coba ubah pola pikir yang tadinya berfokus pada ‘aku’ menjadi ‘kita’. Coba pahami juga pola pikir pasangan agar nantinya bisa saling menyelaraskan satu sama lain. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama dan mengeksplorasi minat bersama.

Baca Juga: Persiapan Keuangan Sebelum Menikah

3. Cara Menghadapi Konflik

cara mempersiapkan mental sebelum menikah

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang selanjutnya adalah membahas cara menghadapi konflik. Nantinya saat menjalani rumah tangga pasti akan terjadi banyak konflik yang tidak dapat dihindari. Nah, bagaimana cara kamu dan pasangan menghadapi konflik yang terjadi?

Apakah kalian saling berkomunikasi dengan baik tanpa menyerang atau menyalahkan satu sama lain? Apakah kamu bersikap defensif dan enggan untuk mencari solusi dari setiap konflik yang ada? Jika kamu akan menikah, sebaiknya ketahui cara menghadapi konflik dengan tepat.

“Ketika kamu memahami cara menghadapi perbedaan karakter kamu dan pasangan, maka setiap konflik yang terjadi akan menemukan solusi yang tepat. Belajar untuk menemukan manajemen konflik yang tepat dimulai dari diri sendiri,” ujar John Amodeo, terapis pernikahan dan keluarga di Amerika.

4. Pentingnya Mengelola Harapan

cara mempersiapkan mental sebelum menikah

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang selanjutnya adalah memahami pentingnya mengelola harapan. Setiap dari kita pasti punya harapan tentang tipe pasangan yang ideal. Namun, hindari pikiran jauh-jauh bahwa kita dapat mengubah pasangan seperti apa yang kita mau ketika sudah menikah.

Nyatanya, harapan terlalu tinggi pada pasangan hanya akan berakhir pada kekecewaan.

Selama berpacaran seharusnya kamu sudah saling mengenal satu sama lain, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya. Jika kamu sudah saling mengerti dan tidak bersikap egois, maka rumah tangga nantinya akan berjalan dengan langgeng.

Tentunya hal ini akan lebih lagi jika didiskusikan juga bersama pasangan.

5. Melakukan Kegiatan yang Disukai

cara mempersiapkan mental sebelum menikah

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang selanjutnya adalah melakukan kegiatan yang disukai. Persiapan pernikahan dekat dengan tingkat stres yang tinggi, jadi sebaiknya kamu bisa mengelola stres tersebut.

Caranya adalah melakukan kegiatan yang kamu sukai atau istilahnya adalah melakukan me-time. Hal ini berguna untuk menyegarkan pikiran dan membuat kamu lebih bersemangat.

Baca Juga: 4 Keahlian yang Harus Dikuasai Sebelum Menikah

Itulah beberapa cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang bisa dilakukan bersam apasangan. Banyak pasangan yang menginginkan acara pernikahan yang meriah dan berjalan dengan lancar.

Namun, tentunya rumah tangga yang berhasil dan tetap langgeng sampai usia tua juga menjadi impian setiap pasangan, ya!

(DG)

Artikel Terkait