3-12 BULAN
22 Oktober 2019

Gampang Kok! 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat

Coba tips ini agar membuat bayi tetap nyaman sepanjang hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kondisi bayi biang keringat memang sangat mengkhawatirkan. Tubuhnya yang kecil dan mungil harus merasakan ketidaknyamanan karena ruam dan butiran biang keringat yang gatal dan bisa jadi memberikan sensasi panas.

Moms mungkin tidak mengetahui dari mana penyebab biang keringat tersebut. Walaupun ada banyak kondisi kulit yang sering dialami bayi, bayi biang keringat adalah salah satu yang paling umum dirasakan. Bahkan, ini mungkin jenis ruam pertama yang dirasakan oleh Si Kecil.

Musim kemarau adalah musim paling umum bagi bayi untuk merasakan biang keringat, karena kita semua berkeringat lebih banyak.

Iklim lembap juga dapat menyebabkan biang keringat. Untungnya, biang keringat bukan kondisi serius. Dengan perawatan yang tepat, biasanya biang keringat itu hilang setelah beberapa hari.

Bayi memiliki kulit yang lembut. Ini berarti bahwa kulit mereka lebih sensitif dan rentan terhadap kondisi seperti kekeringan, eksim, dan ruam.

Baca Juga: Agar Bisa Dicegah, Cari Tahu Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Kondisi bayi biang keringat dapat diidentifikasi pada gejala-gejala seperti adanya bercak merah, kulit gatal, bulir kecil berisi cairan, peradangan kulit atau bengkak, iritasi dan ketidaknyamanan pada bayi.

Awasi bagian dada, leher, area popok, atau ketiak bayi Si Kecil. Bayi lebih cenderung memiliki biang keringat di tempat-tempat ini karena paling banyak menghasilkan keringat.

Jika bayi Moms belum mengalami biang keringat, berarti Moms beruntung! Bayi biang keringat merupakan penyakit umum yang dialami sebagian besar bayi pada satu titik atau lainnya.

Tapi ini tidak berarti biang keringat tidak bisa dihindari! Ada beberapa tips sederhana untuk mencegah bayi biang keringat. Apa saja itu? Yuk kita cari tahu!

1. Jaga Kondisi Bayi Tetap Sejuk

Gampang Kok 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat -1.jpg

Jika bayi berada dalam lilngkungan yang sejuk, biasanya Si Kecil tidak akan terlalu berkeringat. Namun, itu tidak begitu saja akan terhindar dari biang keringat.

Jika pipi Si Kecil memerah, itu mungkin pertanda bahwa bayi agak terlalu panas. Setiap kali Moms melihat pipi bayi kemerahan, pindahkan ia ke tempat yang lebih dingin atau jauhkan dia dari sumber panas.

Menjaga bayi tetap dingin juga berarti memeriksa suhu tubuhnya sesering mungkin. Bayi cenderung panas dengan cepat, jauh lebih cepat daripada orang dewasa.

Jadi mengawasi bayi Anda ketika Anda berada di lingkungan yang panas, seperti di luar, akan membantu mencegah timbulnya biang keringat.

Penasihat orang tua Lawrence F. Eichenfield, M.D., profesor pediatri dan dermatologi di University of California, San Diego, dan kepala dermatologi pediatrik dan remaja di Rady Children's Hospital-San Diego mengatakan, untuk mengetahui kondisi bayi membutuhkan trial and error.

“Tetapi gunakan diri Anda sendiri sebagai barometer: Jika Anda terlalu panas di sebuah lingkungan, ada kemungkinan bayi Anda juga begitu,” katanya.

2. Jangan Menghabiskan Banyak Waktu di Bawah Sinar Matahari

Gampang Kok 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat -2.jpg

Meskipun tidak ada yang salah dengan menikmati sinar matahari dengan berbagai aktivitas di luar rumah, namun Moms jangan membiarkan Si Kecil terlalu lama di sana.

Terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menyebabkan kulit terbakar dan menimbulkan beberapa bahaya bagi kulit sensitif bayi. Panas matahari juga dapat menyebabkan bayi biang keringat.

"Lingkungan yang sejuk dan kering akan membuat biang keringat tetap ada," kata Lawrence.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Biang Keringat pada Balita

3. Jaga Kulit Bayi Tetap Kering

Gampang Kok 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat -3.jpg

Kulit yang lembap memang baik, tapi terlalu lembap malah akan mengiritasi kulit bayi lho Moms.

Untuk mencegah biang keringat, pastikan Moms mengoleskan pelembap yang diformulasikan untuk jenis kulit Si Kecil sehingga tidak ada sisa kelembapan yang tersisa. Selalu pastikan kulit bayi kering sebelum berpakaian atau memakai putin popok.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan lipatan kulit bayi. Bagian tubuh seperti leher, lengan, kaki, dan area popok harus benar-benar kering.

Jika tidak, biasanya lipatan tersebut akan menghambat keluarnya keringat yang mengakibatkan ruam.

4. Perhatikan Pakaian Bayi

Gampang Kok 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat -4.jpg

Bayi tidak dapat mengontrol suhu badan mereka. Solusi termudahnya adalah beri pakaian berlapis pada bayi.

Setiap kali Si Kecil tampak kepanasan, cukup lepaskan satu lapisan. Begitupun sebaliknya.

Hindari mengenakan pakaian ketat pada bayi. Itu akan membuat kulit Si Kecil sulit bernafas dan malah akan membuat bayi biang keringat. Sesuaikan pakaiannya dengan cuaca dan lokasi tempat dia akan beraktivitas.

Baca Juga: Mengapa Anak Mudah Terkena Biang Keringat?

5. Berikan Bayi Banyak Cairan

Gampang Kok 5 Cara Ini Akan Membuat Bayi Bebas dari Biang Keringat -5.jpg

Saat cuaca panas, akan lebih baik jika buah hati terus terhidrasi dengan baik. Tubuh anak akan sangat bekerja ekstra saat melawan hawa panas untuk membuat kulit tetap lembap. Memberinya cairan ekstra akan sangat membantunya.

Atau, bermain air saat cuaca panas juga akan menjadi sensasi tersendiri untuk Si Kecil. Namun tetap pastikan agar dia tidak masuk angin ya Moms.

Dari 5 tips mencegah bayi biang keringat tersebut, mana saja yang sudah Moms coba?

(FAR)

Artikel Terkait