3-12 BULAN
22 November 2020

Cara Mengatasi dan Mencegah Biang Keringat pada Bayi, Moms Pasti Bisa!

Jaga agar suhu tetap sejuk dan tidak lembap
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Biang keringat pada bayi adalah kondisi yang umum terjadi. Mengutip Today's Parent, biang keringat bisa terlihat sangat merah dan berjerawat jika kelenjar keringat benar-benar tersumbat, atau ringan dan hanya memiliki benjolan kecil.

"Biang keringat bisa terlihat seperti tetesan kecil keringat yang tertahan di bawah kulit. Benjolan ini biasanya muncul di daerah yang paling banyak berkeringat, seperti dahi, leher, bahu, dan dada," kata Julia Orkin, dokter anak di Hospital for Sick Children Toronto.

Karena itu, Moms perlu mengetahui seperti apa cara mencegah biang keringat pada bayi agar kondisi kulitnya bisa lebih membaik.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Memandikan Bayi, Catat!

Penyebab dan Gejala Biang Keringat pada Bayi

mencegah biang keringat pada bayi-1

Foto: Orami Stock Photos

Biang keringat sangat umum terjadi pada bayi. Hal ini bisa disebabkan oleh hal apapun yang mencegah kulit bernapas, seperti kulit terpapar panas, lembap berlebihan, mengenakan lapisan pakaian yang terlalu tebal, atau menggunakan krim terlalu banyak.

Hal ini akhirnya menyebabkan keringat berlebih menyumbat kelenjar keringat, menjebak keringat di bawah kulit dan menyebabkan benjolan merah atau lecet. Biang keringat paling sering terjadi pada musim panas, saat cuaca panas dan lembap. Pakaian yang ketat atau terlalu hangat bisa memperburuk keadaan.

Michele Ramien, profesor asosiasi klinis di Alberta Children’s Hospital Calgary, menjelaskan bahwa dibanding anak-anak usia lebih tua dan orang dewasa, bayi lebih rentan mengalami biang keringat karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya matang.

Biang keringat pada bayi tampak seperti kumpulan benjolan kecil berwarna merah yang sering lembap, mirip dengan jerawat atau lecet. Biasanya muncul di area wajah dan di lipatan kulit leher, lengan, kaki, dada bagian atas, dan area popok.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi di Musim Panas, Perhatikan Moms!

Gejala biang keringat umum lainnya termasuk gatal-gatal dan kesemutan, rasa sakit yang “menusuk”, meskipun bayi Moms tidak dapat memberi tahu bahwa kulitnya amat mengganggunya, Moms mungkin hanya akan melihat bayi sangat rewel dan gelisah. Dia mungkin juga lebih sulit ditenangkan daripada biasanya.

Berikut ini penjelasan tentang cara mencegah biang keringat pada bayi.

Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Seorang bayi yang memiliki biang keringat, perlu bersantai sedikit dalam kesehariannya. Beberapa ide perawatan biang keringat untuk membantu mendinginkan bentolan tersebut adalah:

  • Gunakan sabun bayi yang lembut dan air hangat selama mandi untuk membantu menenangkan kulit Si Kecil. Keringkan dengan perlahan-lahan.
  • Jaga kulit yang terkena biang keringat tetap kering. Jika udara sangat panas, gunakan kipas angin untuk membantu menghilangkan keringat.
  • Hindari penggunaan bedak, minyak, dan losion, yang hanya akan memperburuk ruam dengan semakin menyumbat pori-pori.
  • Beri bayi Moms istirahat dari pakaian di matras atau biarkan dia berjalan-jalan telanjang atau merangkak di sekitar rumah.

Mencegah Biang Keringat pada Bayi

mencegah biang keringat pada bayi-2

Foto: Orami Stock Photos

Menurut Medical Journal Armed Forces India, satu-satunya pengobatan dan pencegahan yang efektif terhadap biang keringat adalah dengan mencegah panas atau kelembapan itu sendiri.

Bentuk perawatan dan cara mencegah biang keringat pada bayi yang lain termasuk menghindari penggunaan pakaian yang tebal, gesekan dari pakaian dan penggunaan sabun berlebihan.

Mempersiapkan obat antibakteri topikal juga dapat berperan dalam mencegah infeksi sekunder yang biasa terjadi pada biang keringat, atau miliaria.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Biang Keringat pada Anak dan Dewasa

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan losion dan emolien yang lembut sebagai cara mencegah biang keringat pada bayi yang ampuh dan juga bermanfaat.

Mengutip Medicine Net, ada juga strategi lain untuk mencegah biang keringat pada bayi yang bisa Moms lakukan:

  • Kenakan pakaian longgar yang terbuat dari kapas.
  • Gunakan pendingin udara.
  • Jaga kulit bersih dengan mandi sering untuk mencegah kelenjar keringat menjadi tersumbat.
  • Mengurangi tumpang tindih pada kulit (misalnya kelebihan berat badan) yang bisa sebabkan kulit bergesekan.

Jadi, itu dia Moms beberapa cara mencegah biang keringat pada bayi dan menjaga agar kulit Si Kecil tetap terawat dengan baik.

Artikel Terkait