3-12 BULAN
6 Oktober 2020

5 Cara Mencegah Eksim pada Bayi

Harus berhenti mengonsumsi makanan penyebab alergi makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Pernahkah Moms memperhatikan ruam pada lengan, kaki, tangan, atau wajah Si Kecil? Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis atopik, adalah kondisi kulit inflamasi yang tidak menular yang ditandai dengan gatal, kemerahan, dan ruam bersisik.

Gejala-gejala ini bisa menyakitkan, gatal, dan dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan lepuh. Gatal yang berhubungan dengan eksim bisa parah dan sering mengganggu tidur. Ketika anak-anak menggaruk kulit mereka, luka ini bisa terkena infeksi.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Bayi yang menderita eksim biasanya akan bergesekan dengan alas tidur atau hal-hal lain untuk menghilangkan rasa gatalnya.

Belum diketahui persis apa yang menyebabkan eksim pada bayi, tetapi mereka yakin hal itu kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Namun satu hal, eksim tidak menular.

Bayi lebih mungkin mengembangkan eksim jika anggota keluarga memiliki riwayat eksim, demam, atau asma.

Meskipun kondisi ini tidak menyebabkan satu sama lain, bayi lebih mungkin mengembangkan demam atau asma jika mereka sudah mengalami eksim pada bayi.

Para ilmuwan percaya eksim hasil dari disfungsi sistem kekebalan yang mempengaruhi penghalang kulit dan kemampuannya untuk menahan kelembapan.

Eksim adalah istilah umum untuk menggambarkan sejumlah kondisi kulit yang meradang. Mengutip National Eczema Association, selain dermatitis atopik, jenis eksim lain yang umumnya menyerang anak-anak antara lain dermatitis kontak, eksim dyshidrotic (eksim kaki dan tangan), dan dermatitis seboroik, atau eksim kulit kepala (dikenal sebagai cradle cap pada bayi).

Mencegah Eksim pada Bayi

Dilansir dari jurnal Can Anything Prevent My Child from Getting Eczema?, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah eksim pada anak. Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

1. Menyusui Langsung Bisa Mencegah Eksim pada Bayi

mencegah eksim pada bayi

Foto: kidshealth.com

Dilansir dari National Eczema Association, ASI merupakan nutrisi terpenting dalam tahun awal kehidupan bayi.

Satu penelitian menunjukkan bahwa menyusui bayi dapat membantu mencegah eksim pada bayi baru lahir yang berisiko tinggi terkena eksim.

Seorang anak memiliki risiko tinggi terkena eksim ketika orang tua, saudara laki-laki, atau saudara perempuan menderita satu atau lebih penyakit berikut:

  • Dermatitis atopik (AD)
  • Asma
  • Demam

Dalam studi ini, menyusui bayi baru lahir dapat mencegah eksim pada bayi sebesar 33%.

Baca Juga: Moms, Simak 6 Cara Mudah Mengatasi Eksim pada Ibu Hamil

2. Mengurangi Makanan yang Menyebabkan Alergi

mencegah eksim pada bayi

Foto: healthline.com

Alergi makanan umum terjadi pada anak-anak hingga usia 2 tahun. Daftar makanan yang dapat menyebabkan alergi makanan adalah susu sapi, telur, gandum, kedelai, kacang tanah, hazelnut, ikan, dan cokelat.

Anak-anak yang memiliki alergi makanan mungkin memiliki peningkatan risiko terkena eksim.

Untuk mencegah eksim pada bayi, Moms bisa berhenti makan makanan yang paling mungkin menyebabkan alergi makanan, dari saat mereka hamil sampai berhenti menyusui.

3. Melembapkan Kulit Anak

mencegah eksim pada bayi

Foto: babycentre.com

Melembapkan kulit anak bisa mencegah eksim pada bayi. Untuk menguji ide ini, para peneliti melakukan sebuah penelitian.

Dalam satu penelitian, beberapa orang tua ditunjukkan 3 pelembap ramah eksim dan diminta untuk memilih yang mereka ingin gunakan pada bayi mereka. Orang tua ini diinstruksikan untuk mengaplikasikan pelembap itu ke kulit anak setiap hari.

Mereka harus mengaplikasikannya di seluruh tubuh kecuali kulit kepala bayi.

Baca Juga: 5 Pelembap di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit Kusam

Setelah 6 bulan, para peneliti memeriksa semua anak dalam penelitian ini. Kelompok anak-anak yang dilembapkan mengembangkan eksim 50% lebih sedikit daripada kelompok anak-anak lainnya.

4. Berpakaian yang Nyaman

eksim pada Bayi

Foto:Orami Photo Stock

Untuk menghindari iritasi pada pakaian yang bergesekan pada kulit, sebaiknya anak Moms mengenakan pakaian longgar yang terbuat dari bahan katun.

Selalu cuci pakaian baru sebelum memakaikannya pada bayi kita. Gunakan detergen yang lembut dan bebas pewangi.

Untuk membuat Si Kecil tetap nyaman, jangan berpakaian berlebihan atau menggunakan terlalu banyak selimut. Jika dia kepanasan dan berkeringat, itu bisa memicu eksim kambuh.

5. Menghindari Pemicu Eksim

eksim pada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Mencegah eksim pada bayi yang paling ampuh adalah dengan menghindari pemicu atau alergen atau iritan potensial. Beberapa anak mengembangkan dermatitis kontak alergi, sebagian besar anak mengalami iritasi saja sebagai faktor yang berkontribusi pada eksim mereka.

Misalnya, pada dermatitis atopik dan dermatitis popok, bahan iritan pada produk mandi dan pelembap, seperti wewangian, alkohol, pengawet, dan lanolin (biasanya ditemukan pada sabun, sabun mandi, deterjen, tisu bayi, krim popok, dan losion bayi) dapat memperburuk eksim pada kulit Si Kecil.

Sebagian anak dapat mengalami dermatitis kontak alergi (ACD). Ini terjadi ketika anak menjadi alergi melalui paparan berulang bahan kimia pada kulit mereka. Neomisin dan nikel adalah penyebab umum ACD pada anak-anak.

Kedua jenis dermatitis kontak lebih sering terjadi pada anak-anak dengan atopi yang mendasari, menekankan perlunya menghindari kemungkinan pemicu ini. Penggunaan produk perawatan kulit anak yang hipoalergenik dan bebas pewangi, terutama pada anak usia dini, direkomendasikan untuk anak-anak dengan DA dan kulit sensitif.

Baca Juga: 3 Manfaat Skincare Organik untuk Bayi

Hubungi dokter jika eksim pada bayi tidak kunjung membaik dalam waktu seminggu setelah mengonsumsi krim hidrokortison bebas resep. Mungkin sudah waktunya untuk minum obat resep.

Juga tanyakan kepada dokter Moms jika kerak kuning atau coklat muda atau lepuh berisi nanah muncul di atas eksim. Ini bisa jadi merupakan tanda infeksi bakteri yang membutuhkan antibiotik.

Moms harus segera menghubungi dokter jika Si Kecil berada di sekitar siapa saja yang menderita herpes mulut atau herpes genital. Eksim dapat membuat buah hati Moms lebih mungkin terkena kuman tersebut.

Itu dia Moms beberapa cara untuk mencegah eksim pada bayi. Semoga bisa diterapkan ya.

Artikel Terkait