KESEHATAN
15 Februari 2020

Cara Mencegah ISPA pada Anak Akibat Polusi Udara

Sebisa mungkin, kurangi aktivitas fisik di luar ruangan untuk meminimalisir risiko ISPA
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Paparan polusi udara semakin memburuk dan meluas di Indonesia. Terutama dengan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, beberapa daerah di Kalimantan, juga di DKI Jakarta.

Ketika kualitas udara memburuk, hal ini tentu akan memengaruhi kesehatan penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Salah satunya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dalam laporan oleh World Health Organization (WHO), paparan polusi udara dapat menyebabkan beberapa dampak negatif berikut pada anak:

  • Hasil kelahiran yang buruk
  • Kematian bayi
  • Perkembangan saraf
  • Obesitas
  • Terganggunya fungsi paru-paru
  • Asma
  • Kanker anak-anak

Karena itu, Moms perlu mengetahui seperti apa cara mencegah ISPA pada anak yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Tepat Cegah ISPA pada Anak Saat Musim Hujan

Polusi Udara Berdampak ISPA pada Anak

polusi udara

Studi tahun 2017 pada jurnal Public Health oleh Departemen Kesehatan Kerja dan Lingkungan, Universitas Kedokteran Anhui, Hefei, China, menyelidiki hubungan antara polusi udara dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Mereka melakukan studi pada anak-anak usia 0-14 tahun di Hefei, Cina pada 2014-2015.

Studi ini menunjukkan bahwa paparan jangka pendek terhadap polusi udara berkaitan dengan peningkatan risiko URTI pada pasien rawat jalan rumah sakit untuk anak berusia 0-14 tahun di Hefei.

"NO2 (nitrogen dioksida) adalah polutan udara utama yang memengaruhi jumlah harian pasien rawat jalan anak dengan URTI," tulis laporan tersebut.

Ketahui langkah pencegahan ISPA pada anak yang bisa dilakukan di tengah paparan polusi udara yang berbahaya berikut ini.

Baca Juga: Cegah Risiko Akibat Polusi Udara, Ini Cara Pemilihan Masker yang Tepat

Cara Mencegah ISPA pada Anak Akibat Polusi Udara

asma1.webp

Melansir British Lung Foundation, saat kadar polusi udara tinggi, hindari aktivitas di jalan-jalan utama jika memungkinkan. Ini berlaku terutama untuk anak-anak.

Apalagi, jika Moms atau Si Kecil memiliki kondisi kesehatan paru-paru yang tidak baik. Akan ada peningkatan risiko yang membutuhkan perawatan.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

Langkah-langkah mencegah ISPA pada anak yang bisa dilakukan saat polusi udara sedang dalam kadar yang tinggi, seperti:

  • Mengurangi kegiatan di luar ruangan. Jika Si Kecil memiliki kondisi paru-paru, sebisa mungkin cukup lakukan aktivitas di dalam rumah yang berventilasi baik.
  • Jauhi daerah paparan polusi udara yang padat seperti jalan utama, dan persimpangan jalan yang sibuk.
  • Usahakan untuk berangkat sekolah sedikit lebih awal sebelum jam sibuk dimulai, di mana tingkat polusi udara akan tinggi.
  • Jika Si Kecil memiliki asma, gunakan inhaler secara teratur.
  • Bila kondisi kesehatan anak memburuk, atau jika ia tersengal-sengal atau batuk karena berjalan di luar, hubungi dokter.
  • Jika anak mengalami ketidaknyamanan seperti sakit mata, batuk atau sakit tenggorokan, pertimbangkan untuk mengurangi aktivitas fisik di luar ruangan.
Artikel Terkait