KESEHATAN
19 September 2019

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali

Khawatir kutu rambut kembali? Ikuti cara-cara ini untuk mencegah kembalinya kutu rambut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms atau Si Kecil sudah pernah mengidap penyakit kutu rambut? Tentu saja pastinya Moms tidak mau hal itu terulang kembali, ya.

Ketika seseorang mengidap kutu rambut, ada banyak sekali waktu dan biaya yang dihabiskan untuk menghilangkan kutu-kutu tersebut.

Belum lagi tenaga dan kesabaran yang dikeluarkan ketika menyingkirkan kutu rambut. Pasti memiliki kutu rambut kembali adalah hal terakhir yang Moms inginkan.

“Anak-anak dengan rambut panjang harus mengikat rambutnya tinggi-tinggi dan melindunginya dengan hair spray, gel, atau mousse. Hal ini memberikan lapisan pelindung di atas rambut yang membuat kutu rambut lebih sulit untuk menempel pada rambut,” ujar dr. Stephen Beck dari LiceDoctors, Amerika Serikat.

Namun, ia memastikan bahwa, tidak ada cara yang pasti untuk benar-benar mencegah penularan kutu rambut. Tetapi, beberapa hal ini bisa Moms lakukan untuk mencegah kutu rambut kembali.

1. Hindari Berbagi Barang yang Terkena Kepala

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali 1.jpg

Untuk mengurangi kemungkinan Moms atau Si Kecil terserang kutu rambut, mulailah dengan tidak berbagi barang yang berkaitan dengan kepala.

Meskipun Moms tergoda untuk sharing barang-barang pribadi, terutama untuk anak-anak, tapi kutu bisa merangkak dari satu benda ke kepala Moms. Berikut ini beberapa benda yang harus dihindari untuk berbagi:

  • Sisir dan sikat
  • Jepit rambut dan aksesoris
  • Topi dan helm
  • Syal dan mantel
  • Handuk
  • Headset dan earbud

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

2. Minimalisir Kontak Langsung

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali 2.jpg

Ketika anak-anak bermain, biasanya mereka tidak keberatan menempatkan kepala mereka berdekatan.

Namun, apabila teman Si Kecil punya kutu rambut, kemungkinan anak Moms pun bisa pulang ke rumah dengan membawa kutu rambut tersebut.

Untuk mencegah kutu rambut kembali, Moms bisa mengajari Si Kecil untuk menghindari kontak langsung dengan teman-teman lainnya.

Hal ini pun berlaku bagi orang dewasa, terutama mereka yang bekerja dengan anak-anak.

3. Gunakan Sampo Anti-Kutu

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali3 .jpg

Untuk mencegah kutu rambut datang kembali, Moms bisa gunakan sampo antikutu seperti sampo yang mengandung minyak tea trea, minyak lavender, atau minyak kelapa.

Bahan-bahan ini bisa membantu mencegah penyebaran kutu dan bisa ditemukan di apotek atau online.

Baca Juga: Atasi Vertigo dengan 7 Bahan Alami Ini

4. Pisahkan Barang-barang Pribadi

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali4 .jpg

Ruang bersama dan barang milik bersama bisa menjadi tempat berkembang biaknya kutu.

Misalnya saja seperti lemari, loker, laci, dan penggantung pakaian di tempat umum bisa menciptakan peluang mudah bagi kutu untuk berpindah dari barang-barang orang lain ke milik Moms.

Beri tahu Si Kecil untuk selalu menyimpan barang-barang pribadi di cukup di dalam tas pribadinya saja, terutama barang-barang seperti topi, mantel, selendang, dan pakaian lainnya. Hal ini berlaku pula dengan orang dewasa.

5. Hindari Sofa Umum

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali 5.jpg

Mungkin jadi hal yang menyenangkan duduk di sofa mewah kantor atau mall, tapi coba Moms tanyakan pada diri sendiri, siapakah yang duduk di sana sebelum Moms?

Faktanya, kutu atau telur kutu bisa hidup selama 48 jam di luar kepala, termasuk di furnitur seperti sofa dan karpet.

Apabila hendak duduk di tempat umum, cari kursi kayu atau plastik. Hindari pula boneka binatang yang biasanya jadi tempat persembunyian kutu juga.

6. Cuci Bersih Pakaian

6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali 6.jpg

Moms khawatir mungkin Moms atau Si Kecil berada di sekitar orang yang punya kutu? Kutu mati ketika terkena suhu lebih dari 53 derajat Celcius selama 5 menit atau lebih.

Moms bisa mencegah penyebaran kutu dengan mencuci bersih pakaian, topi, jaket, syal, sarung tangan, dan barang-barang lainnya ke dalam mesin cuci. Gunakan air panas dan keringkan.

Cara lain untuk menghilangkan kutu rambut dari pakaian adalah masukkan pakaian ke dalam kantong plastik dan simpan ke dalam freezer selama 3 minggu.

Baca Juga: Usir Penyebab Bau Mulut dengan 7 Cara Alami Ini!

Moms, itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kutu rambut kembali. Hal yang paling penting adalah tetap menjaga kebersihan diri seperti rajin mencuci rambut dan mengganti pakaian.

Jangan terlalu sering menggunakan barang bersamaan dengan orang lain. Semoga kutu rambut tidak akan pernah kembali ya, Moms!

(SR/ERW)

Artikel Terkait