KESEHATAN
8 Maret 2019

Cegah Penularan Flu dan Batuk dengan 7 Cara Ini

Cegah hirup udara yang terkontaminasi virus dengan menggunakan masker
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Batuk dan flu menyebar dengan lebih mudah di musim hujan. Tidak heran, banyak orang yang dengan mudah terkena flu dan batuk. Moms juga berisiko lho untuk tertular flu dan batuk.

Kantor menjadi salah satu tempat penularan flu dan batuk. Jika seseorang sudah terkena flu dan batuk, rekan kerja satu ruangannya akan dengan mudah tertular. Akibatnya, produktivitas akan sangat berkurang.

Virus flu dan batuk memang sangat menular, terlebih pada tahap awal seseorang dengan pilek atau flu tidak memiliki gejala seperti hidung tersumbat atau batuk. Dengan demikian mereka tidak menyadari bahwa mereka sakit dan dapat menginfeksi orang lain tanpa sadar.

Flu biasanya menular selama 24 jam sebelum gejala muncul dan terus menular hingga tujuh hari. Flu biasa umumnya paling menular selama 2-3 hari di awal infeksi tetapi dapat ditularkan kepada orang lain hingga seminggu kemudian.

Agar tidak menularkan virus atau tertular virus dari rekan seruangan di kantor, ada baiknya Moms melakukan langkah pencegahan. Dikutip dari Webmd.com, ada beberapa cara efektif untuk mencegah penularan virus flu dan batuk. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Imunisasi Flu

tdy health flu shot 180911 1920x1080

Foto: Today.com

Imunisasi dengan vaksin flu terbukti sebagai cara paling ampuh untuk mencegah tertular virus flu. Vaksi flu umumnya bisa melindungi tubuh dari papara virus flu selama setahun.

Setelah itu, pemberian vaksin flu perlu dilakukan kembali.

2. Memakai Masker

business people fearing h1n1 swine flu virus wearing protective face mask and standing in a row

Foto: Yourhealth.net.au

Flu dan batuk ini tentunya menyebar melalui udara. Cegah hirup mencegah udara yang terkontaminasi virus dengan menggunakan masker.

Tak hanya harus menggunakannya di luar ruangan untuk mencegah debu, masker juga sebaiknya di gunakan dalam ruangan untuk mencegah penularan.

Bagi mereka yang sudah flu dan batuk juga sebaiknya menggunakan masker agar mengurangi risiko penularan pada orang lain.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Balita Terkena Flu, Mana Saja yang Sudah Moms Lakukan?

3. Miliki Pola Hidup Sehat

exercise outside woman stock today 150427 tease 72497df9c4ab67a1d1a016b22206a5af

Foto: Today.com

Dengan pola hidup sehat, Moms tentu akan lebih terhindar dari risiko penularan virus.

Hidup yang sehat dapat diwujudkan dengan memiliki pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, hindari stres, tidur yang cukup, kurangi rokok serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Mencuci Tangan

636658653327629122 gettyimages 467706864 (1)

Foto: Usatoday.com

Pencegahan flu dan batuk dapat dilakukan dengan mencuci tangan. Alan Pocinki, MD, dari Rumah Sakit George Washington University mengatakan bahwa cucilah tangan sesering mungkin.

"Tambah frekuensinya setelah mengunjungi orang yang terkena sakit flu dan batuk," kata dia.

Cuci tanganlah secara teratur sepanjang hari menggunakan teknik mencuci tangan yang benar yaitu menyabuni selama 15 detik atau dengan desinfektan berbasis alkohol.

Mencuci tangan pada waktu-waktu tertentu yang terkait dengan infeksi juga mengurangi penularan flu misalnya setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.

5. Menghindari Orang yang Terkena Flu dan Batuk

student

Foto: Russian4everyone.wordpress.com

Contohnya dengan tidak bersalaman dengan rekan kerja yang terkena flu dan batuk. Direktur Medis dari Asosiasi Medis di Beauregard di Amerika Terri Remy mengingatkan bahwa berjabat tangan bisa membantu penyebaran virus.

"Untuk mencegah penyebaran virus, ucapkan salam saja tanpa berjabat tangan," tutur dia.

6. Menutup Mulut dan Hidung saat Bersin atau Batuk

aussie flu 136424074707202601 180104121014

Foto: Home.bt.com

Menutupi mulut dan hidung saat bersin atau batuk akan mengurangi kemungkinan virus flu tersebar di udara atau mencemari permukaan dan benda lain.

Namun begitu, ketika menutupnya upayakan untuk menggunakan tisu untuk agar virus tidak berpindah kek tangan dan tanpa sengaja masuk lagi ke tubuh.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

7. Bersihkan Peralatan sebelum Digunakan

dishes

Foto: Foxnews.com

Permukaan dan peralatan bersama di tempat umum seperti tempat kerja harus dibersihkan secara teratur untuk memastikan virus flu sudah dihilangkan.

Idealnya diseka dengan tisu desinfektan sekali pakai. Permukaan dan benda yang harus dibersihkan secara teratur.

Nah, itulah berbagai cara yang terbilang sederhana sekali untuk dilakukan tapi terbukti ampuh untuk mencegah penyebaran virus flu dan batuk. Selamat mencoba!

(MDP)

 

Artikel Terkait