PROGRAM HAMIL
16 Juni 2020

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan 7 Cara Ini Untuk Mencegah Stres

Caranya mudah dan murah kok, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak kunjung hamil setelah sekian lama mencoba mungkin membuat Moms merasa kecewa dan stres.

Padahal stres merupakan salah satu yang sangat penting untuk dihindari oleh wanita yang sedang mencoba hamil.

Karena para ahli menyebut bahwa stres dapat menunda ovulasi dan meningkatkan kontraksi uterus, yang dapat mencegah terjadinya implantasi.

Mencegah Stres Saat Program Hamil

Meskipun tidak mudah, berikut merupakan beberapa tips yang dapat Moms terapkan untuk mencegah stres saat promil:

Baca Juga: Program Hamil Dengan IVM, Apa Bedanya Dengan IVF?

1. Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Pasangan

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 1

Foto: unsplash.com

Mencoba untuk hamil sering kali dapat mempengaruhi kehidupan seks sebagian besar pasangan. Mengubah kehidupan seks yang tadinya merupakan sesuatu yang menggairahkan menjadi sebuah tugas untuk mencapai kehamilan, yang kemudian memunculkan rasa frustasi, malu, hingga penurunan libido.

Lalu, bagaimana bisa hamil kalau akhirnya stres dan libido yang semakin menurun justru membuat Moms dan Dads menjadi sangat jarang berhubungan seks?

Maka dari itu, VeryWell Family menyarankan agar Moms dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama Dads. Cobalah untuk melakukan hal-hal yang kalian sukai untuk kembali menghangatkan suasana. Kemudian, lakukan hubungan seks yang lebih santai dan lupakan sejenak promil yang sedang dijalani.

Baca Juga: 5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Program Hamil

2. Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 2

Foto: unsplash.com

“Jika Anda bukan tipe orang yang bisa duduk dan bermeditasi selama satu jam setiap hari, yoga mungkin bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk relaksasi,” kata Robert A. Greene, MD., seorang OB / GYN sekaligus spesialis Endokrinologi Reproduksi & Infertilitas, seperti dikutip dari Parents.

Lebih lanjut, Dr. Greene merekomendasikan hatha yoga, pose yang berfokus pada pernapasan dan gerakan tanpa berkonsentrasi langsung pada meditasi.

Selain itu, menurutnya, mengikuti kelas yoga atau menonton video relaksasi beberapa kali seminggu juga dapat berdampak besar pada penurunan kadar hormon stres yang dapat mengacaukan kesuburan.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Program Hamil Ke Dokter Kandungan?

3. Pergi Ke Tempat Favorit Untuk Menenangkan Diri

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 3

Foto: unsplash.com

Mengutip What to Expect, meluangkan beberapa menit untuk menenangkan diri di tempat yang bisa membuat Moms merasa nyaman dan tenang juga dapat mencegah stres saat promil.

Cobalah sejenak menutup mata dan rasakan damainya suasana di sekitar Moms. Entah itu di pantai, hutan, gunung, atau bahkan taman yang tidak jauh dari rumah. Sesekali coba hirup dalam-dalam udara segar yang ada di sana dan biarkan tubuh maupun pikiran Moms menjadi lebih rileks.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, meluangkan waktu setidaknya 20 menit untuk berada di tempat yang menenangkan dan bersentuhan dengan alam terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar hormon stres.

4. Luangkan Waktu Untuk Melakukan ‘Me Time’

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 4

Foto: unsplash.com

Moms mungkin sibuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, namun meluangkan waktu untuk diri sendiri faktanya sangat penting dilakukan guna mencegah stres saat promil. Meskipun itu hanya sebatas membaca buku ataupun mendengarkan musik.

Para peneliti di Stanford University bahkan mengatakan bahwa mendengarkan musik dapat mengubah fungsi otak, yang efeknya sama seperti mengonsumsi obat-obatan pereda stres.

Sementara jenis musik yang mereka klaim paling ampuh dalam mencegah dan meredakan stres termasuk suara instrumen dari alat musik gesek, drum, seruling, Celtic, dan alat musik petik milik suku Indian.

Di mana suara dari alat-alat musik tersebut terdengar sangat menenangkan, bahkan ketika dimainkan dengan suara yang cukup keras sekali pun.

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Kedua

5. Tuangkan Stres Ke Dalam Tulisan

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 5

Foto: unsplash.com

Menulis, kata Dr. Greene, merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam membantu mengurangi beban pikiran untuk mencegah stres.

“Menuliskan kekhawatiran Anda di atas kertas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perspektif baru dan merasa bahwa Anda bisa mengendalikan masalah Anda,” katanya.

“Menulis dalam jurnal (diari), secara teratur, bahkan meskipun hanya beberapa menit sehari, dapat membantu Anda merasa lebih positif dan tidak perlu khawatir tentang apa pun yang mengganggu Anda.”

6. Jika Perlu, Beristirahatlah Untuk Sejenak

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 6

Foto: unsplash.com

Ketika program hamil yang dijalani seolah-olah sudah mengambil alih hidup Moms dan Dads, tidak ada salahnya untuk mencoba beristirahat sejenak selama beberapa bulan.

Cobalah untuk menyampaikan pada Dads bahwa Moms ingin mengambil jeda waktu untuk beristirahat dari promil yang sedang dijalani. Kemudian fokuskan energi Moms pada hal-hal lain yang dapat mengalihkan pikiran Moms. Misalnya, travelling, melakukan pekerjaan sosial, atau menjalani hobi yang sempat ditinggalkan.

Menurut The Bump, mengambil jeda waktu untuk menjernihkan pikiran dari proses promil dapat benar-benar menguntungkan bagi beberapa pasangan.

Baca Juga: Apa Beda Folat dan Asam Folat? Mana Yang Harus Dikonsumsi Saat Program Hamil?

7. Berkonsultasilah dengan Ahli

Tidak Kunjung Hamil, Terapkan Ini Untuk Mencegah Stres 7

Foto: unsplash.com

Jika setelah menjalani semua tips di atas Moms merasa masih belum mampu mengendalikan stres atau justru menjadi lebih mudah terserang kecemasan, perasaan putus asa, hingga kesedihan yang intens, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau temui psikiater yang menangani stres akibat infertilitas.

Jadi, itulah berbagai tips dan cara yang dapat Moms coba terapkan untuk mencegah stres saat promil. Kira-kira, tips manakah yang sudah pernah Moms coba?

Artikel Terkait