KESEHATAN
14 November 2019

5 Cara Mencegah Wasir, Mudah Kok!

Murah dan mudah, poin dua cukup minum air putih.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbicara mengenai wasir atau hemoroid rasanya agak kurang menyenangkan ya? Padahal, perlu Mom dan Dad ketahui bahwa wasir adalah bagian normal dalam tubuh. Artinya, semua orang memiliki wasir.

”Wasir adalah bagian normal dari anatomi tubuh. Kita semua memilikinya," kata Steven Kussin, MD, gastroenterologist di New York sekaligus penulis Doctor, Your Patient Will See You Now: Gaining the Upper Hand in Your Medical Care. “We all have them”.

Akan tetapi, wasir menjadi sesuatu yang menganggu ketika terasa gatal, menyebabkan rasa sakit, bahkan berdarah.

Cara Mencegah Wasir

Nah, agar wasir tidak menjadi sesuatu yang menganggu, berikut ini ada beberapa cara mencegah wasir yang bisa Moms lakukan.

Baca Juga: 4 Penyebab Wasir yang Tidak Boleh Disepelekan

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

1-makanantinggiserat.jpg

Berdasarkan The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, cara mencegah wasir yang pertama adalah konsumsi makanan berserat tinggi. Umumnya wasir ditemui pada orang yang buang air besar tidak teratur atau jarang buang air besar.

Cara alami agar buang air besar lebih teratur dengan mengonsumsi serat baik sebanyak 25-30 gram setiap hari. "Menambahkan serat ke dalam makanan adalah rekomendasi dari dokter keluarga dan ahli gastroenterologi," kata Dr. Kussin.

Dr. Jacqueline Wolf, gastroenterologis dan profesor kedokteran di Beth Israel Deaconess Medical Center yang berafiliasi dengan Harvard juga menyebutkan, yang paling penting adalah menambahkan serat ke dalam makanan.

”Ini paling baik dilakukan dengan konsumsi makanan berserat, tetapi beberapa pada orang perlu mengonsumsi suplemen serat,” jelasnya.

2. Minum Air Putih secara Cukup

Air-Putih-Hero (1).jpg

Cara mencegah wasir yang selanjutnya adalah banyak minum air putih. Seiring dengan makan makanan sehat yang penuh serat, hidrasi yang cukup dari air putih juga agar metabolisme usus lebih sehat.

Minum enam hingga delapan gelas air setiap hari tidak hanya membuat sistem pencernaan berjalan dengan lancar, tetapi juga bermanfaat bagi seluruh tubuh.

"Minum air yang cukup membantu mencegah sembelit," kata Richard Desi, MD, ahli gastroenterologi Mercy Medical Center di Baltimore.

Dr. Wolf menambahkan, bisa pula mencampur satu sendok makan mineral oil dengan saus apel atau yogurt, kemudian dikonsumsi saat sarapan atau makan siang.

Hal tersebut dapat membantu feses dikeluarkan dengan mudah. Akan tetapi, jangan lakukan hal tersebut dalam jangka waktu panjang.

3. Lakukan Olahraga

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Cara mencegah wasir yang selanjutnya adalah berolahraga. Menurut Dr. Desi, olahraga dan wasir memiliki hubungan cinta-benci. Tetap aktif dan kurangi kebiasaan duduk dalam waktu yang lama.

Jika memiliki riwayat masalah terhadap wasir sebaiknya hindari mengangkat beban yang berat atau aktivitas berat lainnya. Lebih baik pilih rutinitas olahraga yang lebih moderat seperti yoga, berenang, atau berjalan untuk mencegah wasir kambuh.

"Olahraga membantu menjaga usus besar lebih teratur. Namun, melakukan aktivitas yang meningkatkan tekanan perut atau mengejan (seperti angkat besi) dapat menyebabkan pembentukan wasir," jelasnya.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Cara Mengobati Wasir

4. Jangan Ditunda

cara mencegah wasir

Cara mencegah wasir yang selanjutnya adalah jangan tunda buang air besar. Jangan menunda buang air besar, sebab dapat menyebabkan konstipasi, yang memperburuk wasir.

"Mengabaikan ‘panggilan alam’ memiliki risiko dan wasir adalah salah satunya," kata Kussin.

5. Hindari Mengejan

cara mencegah wasir

Cara mencegah wasir yang selanjutnya adalah hindari mengejan. Mengejan dan memberi tekanan lebih pada vena di rektum yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari wasir yang menyakitkan atau berdarah.

Pada beberapa kasus, wasir terjadi akibat dari mengejan terlalu keras ketika mencoba buang air besar.

“Jika memiliki masalah dengan wasir, sebaiknya waspada terhadap mengejan dan sebisa mungkin dihindari,” saran Kussin.

Baca Juga: Darah Keluar Dari Anus, Pertanda Wasir?

Itulah beberapa cara mencegah wasir yang bisa Moms coba. Jika mengalami sembelit dan agar terhindar dari wasir yang menyakitkan bahkan berdarah, jangan ragu mencoba saran di atas ya Moms. Semoga bermanfaat.

(SWN)

Artikel Terkait