BALITA DAN ANAK
23 Juni 2019

Cara Menciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan dengan Anak

Cegah kondisi picky eater pada anak dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan bersama anak itu ternyata memiliki manfaat yang besar lho Moms. Anak dapat terhindar dari kondisi picky eater atau pilih-pilih makanan. Faktanya, trauma pada pola makan yang tidak menyenangkan rentan membuat anak dalam kondisi picky eater.

Kondisi ini dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Jadi, sebaiknya Moms tidak boleh menganggap sepele kondisi picky eater ini.

Menurut dr Francisca A Tjakradidjaja dari RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, seorang spesialis gizi klinik, picky eater adalah kondisi ketika anak pilih-pilih makanan dengan berbagai aksi yang bisa dia lakukan.

Misalnya menolak sama sekali terhadap jenis makanan tertentu, melepeh atau mengemut dalam waktu yang lama makanan tersebut. Kondisi ini kerap terjadi pada anak dalam rentang waktu usia 1-5 tahun.

Picky eater bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi tidak optimal. Ketika anak menolak jenis makanan tertentu yang sebenarnya mampu memenuhi asupan nutrisi dalam tubuhnya, maka ia akan kekurangan asupan gizi yang baik.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka dampak terburuknya adalah anak mengalami kekurangan gizi. Kekurangan gizi bisa menjadi faktor risiko anak terkena stunting. Untuk itu, segera atasi kondisi picky eater dengan langkah yang tepat.

Salah satu penyebab picky eater pada anak adalah pola asuh pemberian makan yang salah. Suasana makan harusnya menjadi momen yang menyenangkan.

"Untuk itu, penting menciptakan suasana makan yang menyenangkan, dengan menghargai serta mensyukuri makanan yang ada,” ungkap dr Francisca yang akrab disapa dokter Chika ini pada Kulwap Orami Community, Kamis (25/2) lalu.

Baca Juga: Anak Picky Eater? Cari Tahu Dampak dan Cara Mengatasinya!

Orang Tua adalah Role Model untuk Anak

Cara Menciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan dengan Anak-2.jpg

Foto: verywellfamily

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan adalah menghindarkan anak dari gadget, TV, atau alat elektronik lainnya saat sedang jam makan. Selain itu, menetapkan jam makan yang rutin dan harus makan di meja makan juga bisa menjadi cara agar anak terlatih untuk disiplin sejak dini.

Namun, kunci utamanya adalah bagaimana perilaku orang tua dalam menjadi role model bagi anak. Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh ayah dan ibunya, hal tersebut dapat ditunjukkan ketika waktu makan bersama keluarga.

Orang tua adalah role model yang baik untuk table manners, menikmati waktu makan, dan mencoba menu makanan.

"Sajikan makanan yang memungkinkan untuk dipilih, misalnya ada sayur dan buncis jadi anak bisa memilih dan berkesempatan untuk mengambil keputusan,” ungkap dr Chika yang praktik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini.

Tentukan waktu yang konsisten untuk makan dan informasikan kepada anak. Ciptakan pula suasana makan yang menyenangkan dan tidak kaku saat makan bersama keluarga. Dengan begitu, anak tidak merasa bosan saat harus makan bersama.

Baca Juga: Yuk, Dekorasi Ruang Makan Berdasarkan Feng Shui Dengan 5 Cara Ini!

Menetapkan Aturan saat Makan

Cara Menciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan dengan Anak-3.gif

Foto: nrn

Poin yang satu ini penting dilakukan jika anak sudah dalam usia yang tepat untuk diberikan pengertian. Tentunya aturan yang diberikan bukan untuk memaksakan kehendak orang tua pada anak, ya, Moms.

“Cukup aturan sederhana seperti makan harus duduk, cuci tangan, berdoa, tidak pergi sebelum selesai makan, dan beri apresiasi jika anak menjalankan dengan baik,” ungkap dr Chika.

Selain itu, Moms juga bisa ikut menyertakan anak dalam menyiapkan makan sehingga anak juga dapat memahami secara perlahan.

“Ajak anak dalam mempersiapkan meja makan, mungkin ia akan memilih piring ia mau, sendok kesukaannya, atau hal lainnya. Sebaiknya waktu makan tidak lebih dari 30 menit. Tampilkan ekspresi senang dan ceria ketika waktu makan tiba. Energi positif akan menular dengan baik pada anak,” lanjut dr Chika.

Baca Juga: 5 Trik Menumbuhkan Selera Makan Anak

Bagaimana, Moms? Tidak sulit untuk menerapkan suasana makan yang menyenangkan, bukan?

(DG)

Artikel Terkait