KESEHATAN
27 Mei 2020

Cara Mencuci Masker Kain Agar Senantiasa Aman dan Higienis

Jangan lupa untuk sering dicuci ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin meluas, Centers for Disease and Prevention (CDC) menyarankan warga dunia agar memakai masker kain saat beraktivitas di luar ruangan.

Meskipun berada dalam keadaan yang sehat, penggunaan masker diperlukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona dari orang yang positif COVID-19 dan tidak mengetahuinya, ke orang lain.

"Masker kain bisa memblokir hembusan partikel udara dari individu yang mungkin terinfeksi COVID-19 namun tidak mengetahuinya," jelas Raed Dweik, ahli paru-paru dari Cleveland Clinic

Masker kain ini bisa dibuat dari barang-barang rumah tangga atau dibuat di rumah dari bahan-bahan umum dengan biaya rendah dapat digunakan sebagai alternatif.

Nah, jika sudah menggunakannya, tentu kita harus rajin mencuci masker kain agar bisa digunakan berulang kali. Bagaimana caranya? Ikuti di bawah ini, yuk.

Baca Juga: DIY Masker Kain dengan Sapu Tangan dan Dua Karet

Cara Mencuci Masker Kain

cara mencuci masker kain

Foto: health.clevelandclinic.org

Karena kita berhadapan langsung dengan virus, maka mencuci masker kain tidaklah boleh asal-asalan. masker kain yang kita gunakan harus benar-benar bersih karena kita tidak tahu bakteri apa yang bersentuhan dengan masker tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), panas 133 derajat Fahrenheit atau 56 derajat Celcius adalah cara terbaik yang dapat membunuh virus corona.

Ketika mencuci masker kain, Moms tidak perlu mencucinya dengan sabun anti bakteri atau sejenisnya. Kita bisa mencucinya dengan menggunakan deterjen biasa dan air panas dengan suhu yang disarankan. Bahkan mencucinya pun tidak perlu secara terpisah, bisa dicuci dengan pakaian lainnya.

Ketika mengeringkannya, keringkan masker kain yang sudah dicuci pada tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari paling tinggi ya Moms atau menggunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu tertinggi untuk membasmi semua patogen yang tersisa pada masker.

Teutama saat cuaca sedang hujan atau mendung, kita bisa menggunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu tertinggi untuk menetralkan virus.

Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Antisipasi Virus Corona, Mana yang Terbaik?

Mencuci Masker Kain Menurut Pusat Krisis Kesehatan

masker kain2.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes dalam akun Instagram @pkk_kemkes membagikan beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencuci masker kain.

  1. Siapkan air, bila memungkinkan menggunakan air panas dengan suhu 60 hingga 65 derajat celsius.
  2. Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat.
  3. Setelah itu kucek masker menggunakan tangan hingga semua kotoran yang ada di masker luruh.
  4. Lalu bilas masker yang sudah di kucek di bawah air yang mengalir hingga semua busa yang menempel pada masker hilang.
  5. Lalu jemur atau keringkan masker di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas.
  6. Setelah maskernya kering, bisa disetrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus yang masih menempel mati.
  7. Jika semua cara di atas sudah dilakukan, tandanya masker kain sudah siap untuk digunakan kembali.

Nah, sekarang Moms sudah tahu cara tepat mencuci masker kain. Pastikan Moms dan keluarga memiliki masker kain dalam jumlah banyak, agar bisa dicuci setiap kali digunakan ya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus, Simak di Sini!

Artikel Terkait