FASHION & BEAUTY
15 Mei 2019

5 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahannya Agar Tidak Mudah Rusak

Beda bahan, beda cara pula untuk membersihkannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Sepatu bisa jadi benda yang sangat berharga bagi banyak orang termasuk Moms, bahkan tak sedikit pula orang-orang yang menjadikan sepatu sebagai koleksi.

Selain jenisnya, bahan sepatu juga sangat beragam dari mulai kanvas, kulit hingga bludru dan masih banyak lagi.

Keanekaragaman jenis itu pula lah yang menuntut para pemiliknya untuk menjaga kebersihannya dengan cara yang berbeda-beda.

Nah, mari simak bagaimana cara membersihkan sepatu sesuai bahannya agar tak mudah rusak.

1. Kanvas

shutterstock 282582416

Membersihkan sepatu kanvas terbilang cukup mudah kok Moms, karena dapat dilakukan secara manual dengan melepaskan tali sepatu terlebih dahulu lalu menyelupkannya ke dalam air hangat.

Cairan yang digunakan untuk membersihkannya juga tidak sulit di dapat, Moms hanya tinggal menggunakan cairan pencuci piring lalu menggosoknya dengan sikat nilon.

Setelahnya cukup dibilas hingga bersih dengan air mengalir. Terakhir, cukup didiamkan hingga kering.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

2. Kulit

shutterstock 124820707

Selanjutnya adalah sepatu kulit yang mungkin banyak dimiliki para pria. Membersihkan sepatu kulit memang dibutuhkan kehati-hatian, jangan sampai salah dan malah merusak bahannya.

Membersihkan sepatu berbahan kulit cukup dengan menggunakan kain lembut agar kotoran yang menempel akan hilang.

Lain halnya bila noda terbilang agak membandel, Moms dapat mengelapnya dengan menggunakan shampoo maupun kondisioner.

Baca Juga : Hilangkan Bau Pada Sepatu Tanpa Dicuci Dengan 3 Cara Ini

3. Suede

shutterstock 65520988

Baik pria maupun wanita memang banyak yang menyukai bahan yang satu ini. Suede merupakan sepatu yang terbuat dari bahan kulit sapi, sehingga perawatannyapun tak bisa sembarangan.

Dalam membersihkannya sehari-hari saja dibutuhkan sikat khusus untuk bahan ini, sedangkan bila sudah terkena noda yang membandel, Moms membutuhkan cairan khusus yang akan digunakan untuk menyikatnya dengan sikat lembut.

Selain itu, tahukah Moms bahwa membersihkan sepatu berbahan suede ternyata dapat menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet lalu gosok permukaan sepatu, terutama bagian yang lecet.

4. Denim atau Jeans

shutterstock 163423319

Banyaknya bahan denim yang menyerupai kanvas ini dipergunakan untuk membuat sneakers. Oleh karenanya, cara membersihkannyapun hampir sama dengan merawat sepatu kanvas.

Moms hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat.

Nah! jika bagian dalam sepatu berbau tidak enak, Moms dapat menambahkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen untuk menghilangkan bau tersebut.

Baca Juga: Mengajari Anak Mandiri Mencuci Baju Sendiri Dengan 4 Langkah Ini

5. Kulit Nubuck

shutterstock 1090381946

Jenis kulit yang satu ini memang sekilas terlihat mirip dengan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda karena bahannya yang lebih halus.

Tak jarang harganya juga lebih mahal dibandingkan suede meskipun penampilannya nyaris sama.

Cara membersihkan sepatu dengan material ini sama dengan bahan suede.

Sikat dan penyemprotnya pun sama dengan suede, sehingga Moms tak perlu membeli dua sikat atau penyemprot berbeda jika memiliki sepatu atau aksesoris lain yang memiliki bahan dasar kulit nubuck dan suede.

Ingat ya Moms, jangan sampai melakukan kesalahan saat membersihkan sepatu. Karena banyaknya kesalahan kecil saja dapat menyebabkan sepatu Moms rusak dan akhirnya tak terpakai lagi.


(MDP)

Artikel Terkait