PARENTING
18 Juni 2020

7 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Menurut Islam, Yuk Ikuti!

Anak laki-laki akan menjadi calon pemimpin di masa depan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah menjadi kewajiban setiap orangtua untuk mendidik anak-anaknya sebaik mungkin. Tapi, mendidik anak perempuan dan laki-laki dalam Islam ternyata berbeda.

Moms dan Dads dapat meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam mendidik anak laki-laki dalam Islam.

Seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau mencontohkan untuk mendidik anak dengan rasa sayang dan penuh kesabaran. Tidak membentak, tetapi tegas dalam urusan agama.

Mendidik Anak Laki-laki dalam Islam

Berikut ini beberapa cara Rasuullah shallallahu 'alaihi wasallam mendidik anak laki-laki dalam Islam seperti dirangkum dari DalamIslam.com.

Baca Juga: Anak Suka Menyisakan Makanan? Begini Menurut Pandangan Islam

1. Mengajarkan Ilmu Tauhid dan Akidah

Mendidik anak laki-laki.jpg

Foto: Shutterstock

Ilmu tauhid atau ilmu tentang ketuhanan dan akidah (keimanan) sangat penting untuk diajarkan pada anak sejak dini. Rasulullah SAW juga mengajarkan anak-anaknya untuk mengucap kalimat syahadat, Lailaha illaallah yang artinya tiada Tuhan selain Allah.

Dijelaskan dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya’bul Iman)

2. Mengajarkan Ilmu Agama

Mendidik anak laki-laki-1.jpg

Foto: Shutterstock

Ilmu agama bisa menjadi pondasi kehidupan seorang anak di masa depan. Karena itu, pondasi ini harus ditanamkan sedini mungkin. Apalagi, nantinya anak laki-laki akan menjadi pemimpin untuk kelarganya dan ummat.

Ayah dan Bunda bisa mengajarkan ilmu agama dengan cara sederhana, seperti:

  • Membiasakan anak membaca doa sebelum melakukan sesuatu dan setelah melakukan sesuatu,
  • Mengajarkan doa-doa harian
  • Mengenalkan sosok Nabi dan Rasul, dan meneladani sikapnya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengajari membaca Al-Quran dan mengimaninya.
  • Mengenalkan anak pada rukun iman dan rukun islam.

Moms dan Dads juga bisa membacakan buku cerita Islami tentang Nabi dan Rasul, atau buku mengenai akhlak terpuji. Dari kebiasaan sederhana ini, anak laki-laki akan mengenali agamanya dan menjadikan pondasi dalam kehidupannya kelak.

3. Mengerjakan Tata Cara Salat

mengajarkan anak shalat.jpg

Foto: Shutterstock

Salat termasuk kewajiban yang harus dilakukan seorang muslim. Karena itu, seorang anak wajib belajar salat dan membiasakannya sejak kecil.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Ahmad).

Pada usia tujuh tahun, anak laki-laki maupun perempuan sudah wajib melaksanakan shalat. Sehingga wajib bagi orangtua untuk mendidik anak agar taat terhadap perintah Allah SWT.

4. Mengajarkan Ibadah Puasa

mengajarkan anak berpuasa.jpg

Foto: Shutterstock

Mengajarkan anak untuk melakukan rukun Islam ketiga sangat dianjurkan. Ayah dan Bunda bisa mengajarkan si kecil berpuasa setengah hari, bila belum mampu. Dan jika ia sudah mampu, biasakan untuk berpuasa hingga waktu berbuka.

Diriwayatkan dari Ar-Rubayyi’ bintu Mu’awwidz, salah satu perempuan shalehah sahabat rasul. Ia berkata: “Kami menyuruh puasa anak-anak kami. Kami buatkan untuk mereka mainan dari perca. Jika mereka menangis karena lapar, kami berikan mainan itu kepadanya hingga tiba waktu berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Gampang Marah pada Anak ? Ikuti Tips Meredam Amarah menurut Pandangan Islam

5. Mengajarkan Anak untuk menjadi Pemimpin

anak pemimpin.jpg

Foto: Shutterstock

Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin dan menjadi seorang imam yang baik pula untuk keluarganya. Karena itu, mengajarkan si kecil menjadi seorang pemimpin perlu Ayah dan Bunda lakukan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT sebagai berikut:

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita).” QS. An-Nisaa': 34.

Ayah dan Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk bersikap adil, tegas maupun mandiri sesuai tempatnya. Misalnya dengan menceritakan kisah teladan Nabi dan Rasul sehingga mereka bisa meneladaninya.

Jangan lupa untuk selalu mencontohkan sikap-sikap kepemimpinan agar ia meniru apa yang Moms dan Dads lakukan.

6. Mendidik Anak menjadi Laki-laki yang Bertanggung Jawab dan Mandiri

anak mandiri.jpg

Rasa tanggung jawab wajib ditanamkan sejak dini membuat anak memahami kewajiban dan kodratnya sebagai laki-laki. Anak laki-laki yang bertanggung jawab nantinya akan bermanfaat untuk keluarganya dan orang lain.

Sedangkan kemandirian merupakan salah satu kunci menjadi orang yang sukses dan behasil di masa depan.

Anak laki-laki yang sudah terbiasa mandiri akan mudah mengatur berbagai urusannya sendiri. Misalnya saat mengatur keuangan rumah tangga maupun pekerjaannya nanti.

7. Mengajarkan Akhlak Mulia dan Berbakti pada Orang Tua

mendidik anak laki-laki dalam islam-1.jpg

Kebaikan seseorang akan dinilai dari dua hal, yaitu agama dan akhlaknya. Karena itu, ajarkan nilai-nilai kebaikan pada anak-anak, tentang akhlak baik dalam Islam, bagaimana berperilaku baik dengan orang lain dan sebagainya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

Selain itu, berbakti pada orangtua juga merupakan hal yang harus dibiasakan sejak kecil.

Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha: “Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih mirip dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam cara bicara maupun duduk daripada Fathimah.” ‘Aisyah berkata lagi, “Biasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Fathimah datang, beliau mengucapkan selamat datang padanya, lalu berdiri menyambutnya dan menciumnya, kemudian beliau menggamit tangannya hingga beliau dudukkan Fathimah di tempat duduk beliau. Begitu pula apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang padanya, maka Fathimah mengucapkan selamat datang pada beliau, kemudian berdiri menyambutnya, menggandeng tangannya, lalu menciumnya.” (Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani)

Baca Juga: Indah dan Penuh Makna, Ini 7 Nama Anak Perempuan Islam Menurut Alquran

Nah, itulah cara mendidik anak laki-laki menurut Islam yang bisa Moms dan Dads lakukan. Semoga informasi bermanfaat!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar parenting, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait