BALITA DAN ANAK
9 Agustus 2020

5 Cara Mendidik Anak Menjadi Pemberani

Anak pemberani cenderung lebih sukses di kemudian hari, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, tidak ada orang tua yang menginginkan hidup anaknya sulit, ya. Tak heran apabila setiap orang tua pasti ingin mempersiapkan anaknya sebaik mungkin agar bisa melalui berbagai rintangan saat dewasa nanti, misalnya saja dengan cara mendidik anak menjadi pemberani.

Hal ini merupakan salah satu cara yang perlu dilatih sejak dini, guna mempersiapkannya menghadapi dunia yang kompetitif.

Mendidik Anak Menjadi Pemberani

Dilansir dari PBS for Parents, keberanian perlu dilatih pada anak sejak dini untuk mengelola kemampuan emosionalnya.

Untuk jadi seorang pemberani, anak-anak perlu belajar mentolerir perasaan takut dan tidak membiarkan rasa takut menahan mereka. Jika rasa takut menguasainya, mereka akan kehilangan pengalaman dan kesempatan belajar.

Menurut studi dari Beck Institute, para orang tua tidak menyadari bahwa perilaku mereka dapat berkontribusi dalam membentuk karakter Si Kecil.

Terapis menyarankan orang tua bisa lebih memahami cara berinteraksi dan cara mendidik anak agar menjadi pemberani.

Berikut cara mendidik anak menjadi pemberani:

1. Berikan Dukungan

mendidik anak agar berani 1.jpg

Foto: Freepik.com

Mendidik anak menjadi pemberani tidak bisa terjadi secara instan. Sebagai tahap awal, Moms bisa memberi dukungan lewat cara-cara sederhana.

Misalnya ketika Si Kecil mulai tertarik pada taekwondo, namun ia masih takut memulainya, cobalah ajak anak untuk setidaknya pergi ke tempat latihan lebih dahulu.

Dengan cara ini, Moms memberi kesempatan bagi anak untuk bisa melihat seperti apa situasi latihan taekwondo, sehingga ia tidak begitu saja menyerah.

Baca Juga: 5 Cara Membesarkan Anak Perempuan Agar Jadi Pemberani

2. Tunjukkan Apa Itu Berani

mendidik anak agar berani 2.jpg

Foto: Freepik.com

Jika Moms ingin Si Kecil berani, maka sebagai orang tua, Moms pun harus berani juga.

Umumnya, anak-anak memiliki karakter yang secara tidak sadar dibentuk karena mencontoh orang tuanya. Agar anak jadi berani, Moms pun harus mendidik diri sendiri dulu untuk jadi berani.

Misalnya, berani menegur seseorang yang membuang sampah sembarangan, atau berani membantu seorang nenek menyebrang jalan.

Dengan melihat contoh, anak-anak biasanya akan lebih mudah terdidik dan efektif sebagai salah satu cara mendidik anak menjadi pemberani.

Baca Juga: Mama, Begini Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

3. Berikan Tantangan dan Pujian

mendidik anak agar berani 3.jpg

Foto: Freepik.com

Secara alamiah, orang tua ingin melindungi anak-anaknya setiap saat. Namun, orang tua juga harus menantang Si Kecil untuk mencoba mencoba hal-hal baru.

Ketika ia berhasil menyelesaikan tantangannya, pastikan memberikan pujian atau hadiah, ya. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

4. Dorong Anak untuk Bersosialisasi

mendidik anak agar berani 4.jpg

Foto: Freepik.com

Cara mendidik anak menjadi pemberani selanjutnya adalah dengan mengajak Si Kecil untuk menjangkau lingkungan sosialnya. Jika mereka masih takut memulainya, cobalah untuk lebih sering mengajaknya berkumpul dengan teman-teman atau kerabat terdekat.

Keberanian memulai interaksi ternyata juga sangat mendorong anak menjadi pemberani, lho.

Baca Juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

5. Bangun Kepercayaan Diri

mendidik anak agar berani 5.jpg

Foto: Freepik.com

Anak yang pemberani umumnya punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Untuk itu, bangun rasa percaya diri Si Kecil sejak dini supaya ia bisa jadi pribadi yang tangguh, Moms.

Bisa dilakukan dengan cara mudah, misalnya dengan membiarkan anak mengerjakan sesuatu sendirian. Apabila ia berhasil, berikan pujian dan katakan bahwa ia hebat.

Dengan mengerjakan sesuatu sendirian, anak jadi merasa dipercaya orang tua dan berambisi untuk membuat orang tuanya senang.

Setelah berhasil, anak pun jadi lebih percaya diri karena telah membuktikan bahwa ia bisa. Jadi, jangan sering melarang anak untuk melakukan sesuatu sendirian ya, Moms.

Baca Juga: Mengajarkan Sifat Antikorupsi ke Anak dengan Kejujuran

Itulah beberapa cara mendidik anak menjadi pemberani. Anak pemberani akan menguntungkan dirinya di saat dewasa nanti, Moms. Ia akan jadi lebih sukses di sekolah, pekerjaan, dan hal-hal lain.

Anak yang berani mengambil risiko juga akan memiliki pengalaman hidup lebih banyak dibanding mereka yang tidak.

Artikel Terkait