NEWBORN
21 April 2019

Ternyata Begini Lho Moms Cara Menenangkan Si Kecil yang Rewel

Begini caranya berdasarkan rekomendasi dokter anak
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi bisa rewel setiap dua hingga tiga jam sekali dalam 24 jam dan menenangkannya bukanlah hal yang mudah.

Berikut beberapa cara yang dapat Moms coba untuk menenangkan bayi rewel.

Meskipun mungkin perlu beberapa kali percobaan dan latihan hingga Moms menemukan cara mana yang paling cocok untuk diterapkan pada Si Kecil.

1. Digendong sambil Diayun

ternyata begini lho moms cara menenangkan si kecil yang rewel 1

foto: parents.com

“Studi menunjukkan bawa respons yang menenangkan dipicu di otak bayi ketika digendong atau diayun, yang menyebabkan denyut jantung bayi melambat dan otot-ototnya menjadi lebih rileks,” kata Kristie Rivers, M.D., dokter anak di Fort Lauderdale, seperti dikutip dari Parents.com.

Dr. Rivers menjelaskan bahwa pada saat yang sama, membisikkan suara “shhh” secara berulang juga akan membuat bayi lebih fokus pada apa yang didengarkannya alih-alih menangis.

Baca Juga: Cara Menggendong Bayi yang Tepat sesuai Usianya

2. Nyalakan Musik

ternyata begini lho moms cara menenangkan si kecil yang rewel 2

foto: vancourier.com

Seperti halnya gerakan, musik juga memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem saraf, menurunkan frekuensi detak jantung dan pernapasan bayi. Terutama jika lagu-lagu yang didengarkan oleh bayi dinyanyikan sendiri oleh ibunya.

“Bayi mungkin akan sangat tenang setelah mendengar suara nyanyian ibu mereka, karena suara yang mereka dengar familier dan ritmenya menenangkan,” kata Dr. Rivers.

Lagu-lagu yang dapat Moms nyanyikan juga tidak perlu terbatas pada lagu pengantar tidur. Coba semua genre dan lagu yang berbeda untuk mengetahui manakah yang paling disukai oleh Si Kecil.

3. Bedong Bayi

ternyata begini lho moms cara menenangkan si kecil yang rewel 3

foto: mybabysleepguide.com

Mungkin sekarang ini sudah tidak banyak Moms yang membedong bayinya. Akan tetapi, membedong bayi menggunakan selimut atau bedongan ternyata membantunya merasa aman dan nyaman.

Jika Moms kesulitan, mintalah perawat untuk mengajari Moms bagaimana cara membedong bayi yang benar.

4. Biarkan Si Kecil Menyusu

ternyata begini lho moms cara menenangkan si kecil yang rewel 4

foto: kiwifamilies.co.nz

Bisa jadi Si Kecil rewel karena merasa lapar, jadi cobalah untuk menyusui Si Kecil. Tetapi jika belum waktunya menyusui atau Si Kecil baru selesai menyusu, coba tawarkan empeng bayi atau biarkan bayi mengisap ibu jarinya untuk menenangkan diri.

Kebanyakan bayi merasa lebih tenang ketika mereka mengisap.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Bayi Menyusu Dengan Benar

teknik the hold

Foto: Youtube.com

Dilansir dari Today.com, Dr. Robert Hamilton, yang berpraktik di Pacific Ocean Pediatrics di Santa Monica, California, merekomendasikan teknik yang disebut “The Hold” untuk menenangkan bayi rewel. Adapun langkah-langkah dari teknik tersebut yaitu:

  • Angkat bayi dan tempatkan kedua lengannya di dadanya.
  • Tempatkan tangan kiri Moms di atas tangan bayi sambil menopang dagunya.
  • Pegang bagian bawah tubuh bayi dengan lembut menggunakan tangan kanan. Gunakan telapak tangan Moms, bukan jari, untuk memastikan pegangan yang kokoh dan aman bagi bayi.
  • Posisikan bayi pada sudut 45 derajat dan goyangkan tubuhnya dengan lembut.
  • Gerakannya bisa naik-turun atau hanya menggoyangkan pantatnya saja. Kuncinya adalah membuat gerakan seperti sedang mengayun.
  • Namun, teknik ini hanya dapat digunakan pada bayi usia 2-3 bulan. Karena setelah lebih dari usia itu tubuh bayi akan terlalu berat untuk Moms tenangkan menggunakan teknik ini.

Nah, ternyata lima cara di atas dianggap sebagai yang paling efektif untuk menenangkan bayi rewel oleh para ahli dan dokter anak. Apakah Moms sudah pernah mencobanya?

(RGW/AND)

Artikel Terkait