BALITA DAN ANAK
22 Juli 2019

Gampang Kok, Begini Cara Mengajarkan Table Manner kepada Anak

Penting untuk anak memiliki tata krama yang baik di meja makan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meski masih kecil, penting bagi orang tua untuk mengajarkan table manner kepada anak. Table manner atau sopan santun akan sangat berguna untuk diajarkan agar anak kelak memiliki tata krama yang baik.

Baik itu saat anak makan di rumah, makan di luar, ataupun makan bersama dengan teman-temannya kelak, berprilaku sopan santun saat berada di meja makan sangat diperlukan.

Saat kita mengajarkan anak tata krama yang baik, orang tua juga secara tidak langsung memberikan anak bekal berupa alat penting untuk melakukan interaksi sosial dalam melayani.

Dengan mengajarkan table manner kepada anak, Si Kecil akan mungkin menjadi teman yang menyenangkan saat berasa di meja makan bukan hanya bersama keluarga, namun juga dengan orang lainnya.

Lalu bagaimana cara mengajarkan table manner kepada anak? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: Anak Harus Tahu 5 Table Manner Dasar Ini

1. Rapi dan Bersih sebelum Makan

mengajarkan table manner, table manner

Foto: mumsgrapevine.com.au

Penting bagi anak untuk selalu datang dengan keadaan bersih dan rapi saat akan makan. Baik itu makan pagi, makan malam, maupun makan siang.

“Ajari anak untuk selalu mandi sebelum makan malam,” ujar Patricia Rossi, penulit buku Everyday Etiquette.

Hal ini tidak hanya sekedar menandakan rasa hormat pada orang yang menyiapkan makan atau siapa pun yang turut hadir dalam meja makan tersebut. Namun juga penting dilakukan agar menjadi kebiasaan bagi anak untuk selalu mengingat bahwa kebersihan itu sangat penting.

2. Selalu Ingatkan

Bagi Si Kecil yang masih berada dalam usia balita, mengajarkan table manner kepada anak mungkin akan membutuhkan sedikit perjuangan lebih karena usia anak yang masih kecil.

“Untuk balita, penting bagi kita untuk selalu mengingatkan anak menjaga perilakunya,” ujar Lisa Bunnage, parenting coach.

Hal ini sama juga artinya dengan memberitahu anak apa yang orang tua harapkan dari mereka dan apa konsekuensi yang akan diberikan saat Si Kecil tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh orang tua.

Baca Juga: 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak

3. Keterampilan Berbicara

mengajarkan table manner, table manner

Foto: eatright.org

“Keterampilan berbicara yang buruk di meja adalah hal biasa bagi anak yang mulai masuk usia sekolah,” kata Julie Freedman Smith, ahli parenting.

Dalam mengajarkan table manner kepada anak, orang tua dapat menjelaskan pembicaraan apa yang cocok, serta seni jawaban apa yang mungkin bisa diberikan.

"Berlatih seni percakapan dan mendengarkan secara aktif di rumah akan melatih anak untuk mengembangkan keterampilan berbicaranya," kata Louise Fox, ahli etiket.

Beri tahu anak jangan mengajukan pertanyaan yang pada akhirnya akan berujung pada jawaban ya atau tidak, karena akan segera mengakhiri percakapan.

4. Latihan, Latihan, dan Latihan

Untuk anak usia yang baru saja akan menginjak usia sekolah, suka memilih makanan, menghabiskan makanan dengan lambat, dan suka mencari perhatian adalah hal yang biasa, Freedman Smith mengatakan kunci untuk menanamkan etiket meja yang baik adalah latihan.

Saat mereka lupa, Moms atau Dads bisa ingatkan mereka untuk mengajarkan table manner kepada anak yang baik. Saat mereka melakukan table manner dengan benar sesuai dengan yang telah diajarkan, jangan lupa puji mereka dan ucapkan terima kasih.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 5 Tata Cara Makan Korean Barbecue!

5. Berikan Contoh

mengajarkan table manner, table manner

Foto: wowparenting.com

Jika Moms khawatir anak akan melupakan table manner yang sudah diajarkan karena terpengaruh oleh temannya yang lain, Moms bisa mengingatkan dengan memberi contoh yang baik. Contoh bisa menjadi pengaruh yang baik untuk anak.

“Teman mungkin memiliki pengaruh, namun orang tua juga memiliki pengaruh yang tidak kalah kuatnya,” kata Bunnage.

Itulah beberapa cara yang bisa Moms coba lakukan untuk mengajarkan table manner kepada anak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait