TRIMESTER 1
12 Agustus 2019

Asam Lambung Naik Saat Hamil, Ini 7 Cara Mengatasinya!

Masa kehamilan bisa jadi sangat berat, termasuk ketika gangguan asam lambung mendera
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Bukan hanya morning sickness yang jadi masalah saat kehamilan. Moms juga harus siap nih, dengan gangguan asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) yang kerap menemani di masa-masa hamil.

Memang tak jarang Moms mengalami kondisi asam lambung naik saat hamil. GERD disebabkan oleh pengaruh hormon yang membuat sistem pencernaan Moms menjadi lebih lambat. Kondisi rahim yang semakin membesar dan menekan lambung juga dapat menjadi penyebabnya.

Pernahkah Moms merasakan panas di dada ketika mengandung? Kondisi ini populer dikenal dengan sebutan heartburn. Hal itu bisa dirasakan saat asam lambung naik hingga ke kerongkongan atau esofagus.

Tapi tenang saja, apa yang Moms rasakan itu wajar, kok. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil. Mari simak ulasannya!

Baca Juga: Hindari 9 Makanan yang Memicu Asam Lambung Ini

1. Perhatikan Porsi dan Cara Makan

Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Hamil -Perhatikan Porsi Makan.jpg

Saat hamil mungkin Moms akan merasa selalu lapar. Tapi tetap ingat untuk memerhatikan porsi makan, ya.

Makanlah dengan porsi sedikit demi sedikit tapi lebih sering, dibanding makan dengan porsi yang banyak.

Jika biasanya makan 3 kali sehari, Moms dapat mengubah kebiasaan menjadi 5—6 kali sehari dengan porsi dikurangi.

Makan porsi banyak dapat membuat Moms mual dan menyebabkan refluks. Saat makan cobalah untuk lebih santai dan menikmatinya.

2. Jangan Makan Sebelum Tidur

Selain memerhatikan porsi makan, Moms juga harus ingat untuk tidak makan sebelum tidur untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil.

“Makan kemudian menuju tempat tidur adalah penyebab heartburn,” terang Dr. Joe Ritcher, MD, Direktur Divisi Gastroenterologi dan Nutrisi dan Pusat kerongkongan di University of South Florida, Tama, Amerika Serikat.

Ritcher juga merekomendasikan agar Moms tidak makan dalam durasi tiga jam sebelum tidur. Selain itu, hindari juga cairan beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

3. Duduk dan Bersantai Setelah Makan

Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Hamil - Duduk Santai Setelah Makan.jpg

Setelah makan, cobalah untuk berjalan-jalan santai, melakukan sedikit pekerjaan rumah, duduk atau membaca buku.

Hindari berbaring dan jangan melaukan sesuatu yang membuat Moms membungkuk. Berbaring dan membungkuk dapat membuat asam lambung kembali ke esophagus.

4. Kenali Pemicunya

Moms yang mengalami asam lambung naik saat hamil mungkin disarankan untuk menghindari sejumlah makanan, seperti lemak, kafein, cokelat, hingga jeruk.

Tetapi apa yang menyebabkan refluks pada satu wanita belum tentu menjadi pemicu pada wanita lainnya.

Daripada memberitahu pasien hamilnya mengenai makanan apa yang sebaiknya dihindari, Dr. Ritcher menyarankan mereka untuk menjauhi makanan yang secara khusus dapat memperburuk kondisi mereka.

“Semua orang berbeda. Beberapa wanita hamil bahkan dapat makan makanan pedas tanpa menimbulkan efek buruk,” jelas Dr. Ritcher.

5. Minuman Hangat

teh jahe 2.jpg

Moms juga dapat meminum minuman hangat seperti teh jahe untuk membuat perut lebih nyaman. Jahe dipercaya dapat mengatasi mual yang sering terjadi bersamaan dengan heartburn. Bagi ibu hamil, jahe pun aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

6. Memakai Pakaian Longgar

Mengenakan pakaian ketat akan memberikan tekanan pada perut Moms yang sudah mulai membesar akibat kehamilan.

Hal tersebut juga bisa memperburuk asam lambung. Sebaiknya, pilihlah pakaian yang longgar jika ingin mengatasi asam lambung naik saat hamil.

7. Perhatikan Posisi Tidur

Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Hamil - Posisi Tidur.jpg

Saat tidur ketika hamil, posisi tidur pun mesti diperhatikan. Ada baiknya Moms membuat posisi kepala dan badan bagian atas menjadi lebih tinggi dibandingkan bagian perut. Hal ini akan membuat asam lambung tidak naik ke atas.

Cara mengatasi asam lambung naik saat hamil mudah, kan, Moms? Semoga kehamilan Moms menyenangkan, ya...

(DI/ERW)

Artikel Terkait