3-5 TAHUN
24 Maret 2020

Balita Takut Gelap, Ini 3 Cara Mengatasinya

Orang tua perlu tahu alasan balita takut gelap agar dapat membantu si Kecil mengatasi ketakutan tersebut.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebagian anak balita takut gelap. Moms tak perlu memarahi atau menegur si Kecil bila ia termasuk dalam kelompok ini. Sebaiknya Moms mencari tahu alasan balita takut gelap.

Dikutip dari situs web Web MD, Jenn Berman, Ph.D., ahli terapi keluarga dari Beverly Hills, California mengatakan, ketakutan anak terhadap kondisi gelap biasanya mulai muncul saat si Kecil mulai bisa berkhayal, yaitu pada usia antara 2–3 tahun.

Pada rentang usia tersebut, anak sudah bisa berimajinasi, tetapi masih belum sepenuhnya mampu membedakan antara kenyataan dan imajinasi.

Cara Mengatasi Balita Takut Gelap

Maureen Girvan, instruktur pembelajaran usia dini dan pendidikan guru di Red Deer College, rasa takut terhadap kondisi gelap yang dirasakan balita merupakan salah satu pertanda kemajuan perkembangan anak.

Setelah mengetahui alasan balita takut gelap, Moms dapat melakukan beberapa tips berikut untuk membantunya mengatasi ketakutan itu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan untuk Mengatasi Insomnia, Catat!

1. Tidur dengan Cahaya Redup

Balita Takut Gelap, Ini 3 Cara Mengatasinya 01.jpeg

Foto: sheknows.com

Terkadang anak bilang ia takut gelap karena ada monster di kamarnya. Biasanya ini terjadi karena dalam kondisi gelap ia tidak bisa melihat apa pun sehingga berkhayal ada monster di kamarnya.

Moms dapat melatih si Kecil agar terbiasa dengan kondisi gelap dengan menyalakan lampu redup saat ia tidur. Yang penting bagi anak adalah ia masih dapat melihat meski cahaya di kamarnya tidak terlalu terang.

2. Pahami Ketakutan Anak

Balita Takut Gelap, Ini 3 Cara Mengatasinya 03.jpg

Foto: comicalsense.com

Bagi orang dewasa, ketakutan anak akan kegelapan bisa jadi terdengar berlebihan. Namun, perasaan takut si Kecil dan alasan balita takut gelap itu nyata baginya, Moms. Jadi, Moms dan Dads jangan meremehkannya, ya.

Dengarkan ketakutannya dengan sungguh-sungguh dan berikan tanggapan yang serius sehingga anak merasa diperhatikan. Beritahu si Kecil dengan tenang bahwa ia dalam kondisi aman dan tawarkan cara untuk menaklukkan ketakutan itu bersama-sama.

Baca Juga: Gelap atau Terang, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur Bayi?

3. Alihkan Ketakutannya

Balita Takut Gelap, Ini 3 Cara Mengatasinya 04.jpg

Foto: drgreene.com

Alasan balita takut gelap dapat membuatnya susah tidur pada malam hari. Untuk mengatasi ini, Girvan menganjurkan orang tua mengalihkan perhatian si Kecil dari ketakutannya itu dengan melakukan tindakan-tindakan yang menenangkan.

Misalnya, menjelang waktu tidur, orang tua dapat membacakan cerita, menyanyikan lagu, mengusap-usap kepala atau punggung anak, dan sebagainya.

Tiap kali si Kecil berhasil melalui waktu tidur dengan cahaya redup, berikan pujian, Moms. Cara ini dapat membantu meningkatkan keberaniannya.

Namun, bila si Kecil masih merasa takut akan gelap, Moms jangan frustrasi dan menjadi kesal, ya. Alasan balita takut gelap macam-macam, dan bisa jadi alasan si Kecil lebih berat dibandingkan anak lain seusianya.

Teruslah semangat dan latih anak untuk menaklukkan rasa takutnya pada kondisi gelap.

Baca Juga: Ini 4 Dampak Negatif Bila Balita Sering Tidur Larut Malam

Artikel Terkait