KESEHATAN
29 September 2019

7 Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Meski tidak berbahaya, tapi penyakit satu ini sangat mengganggu
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa Moms sering mendengar penyakit yang bernama anyang-anyangan? Istilah anyang-anyangan yang kita ketahui, dikenal dengan bahasa medis sebagai infeksi saluran kemih.

Dikutip dari WebMD, infeksi saluran kemih adalah peradangan pada bagian saluran kemih yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Infeksi ini kebanyakan terjadi karena orang sering menahan kencing, kelelahan, atau kurangnya menjaga kebersihan kelamin.

"Infeksi saluran kemih merupakan salah satu infeksi yang paling sering terjadi pada wanita," ungkap Dr. Valeria Fabre, MD, asisten profesor kedokteran di Universitas Johns Hopkins, dikutip dari bustle.com.

"Berdasarkan anatomi panggul, wanita berisiko lebih tinggi untuk infeksi saluran kemih daripada pria," lanjutnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan pria juga dapat mengalaminya.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih ada banyak, mulai dari yang alami hingga pengobatan oleh dokter. Moms bisa mencoba salah satu cara berikut:

1. Minum Rebusan Tanaman Daun Kucing

mengatasi infeksi saluran kemih

Rebusan kumis kucing merupakan resep nenek moyang yang sudah ada sejak dulu dalam mengatasi infeksi saluran kemih.

Tanaman ini dapat menjadi obat alami peluruh bakteri dalam air seni serta dapat menghancurkan batu saluran kencing.

Baca Juga: Sering Anyang-anyangan? Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

2. Minum Soda Banyak-banyak

mengatasi infeksi saluran kemih

Kandungan soda yang terdapat dalam minuman soda kaleng dipercaya dapat meluruhkan bakteri dan dikeluarkan bersama dengan urine.

Sebenarnya belum ada penelitian secara jelas, tapi banyak orang yang berhasil sembuh dengan mengonsumsi minuman bersoda. Namun, perlu diperhatikan untuk orang yang memiliki penyakit maag, lebih baik menghindari cara ini.

3. Minum Jeruk Nipis yang Dicampur dengan Madu

mengatasi infeksi saluran kemih

Cara mengatasi infeksi saluran kemih tidak perlu sulit. Moms cukup minum air hangat yang dicampur jeruk nipis yang dicampur dengan madu.

Asam dipercaya dapat membunuh bakteri. Dengan meminum banyak asam seperti jeruk nipis, maka akan mempercepat pembunuhan bakteri tersebut, sehingga bisa mengatasi infeksi saluran kemiih.

4. Minum Air Putih yang Banyak

mengatasi infeksi saluran kemih

Dengan minum air putih yang banyak, kita akan terdorong untuk selalu buang air kecil.

Meski dengan cara ini Moms mungkin akan mengalami sakit yang luar biasa (karena rasa sakit saat buang air kecil), tapi dengan dikeluarkannya air seni terus menerus, lama kelamaan sakit akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Infeksi Saluran Kemih Pada Balita: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

5. Minum Air Barley

mengatasi infeksi saluran kemih

Mungkin Moms lebih mengenal barley dengan istilah jali-jali atau jelai. Air barley baik untuk mengatasi infeksi saluran kemih karena sifatnya yang antiinflamasi. Selain itu barley juga bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Cara yang lebih baik lagi adalah membuat sendiri dengan cara barley utuh dimasukkan ke dalam air dan direbus, tanpa ditambahkan gula. Tambahkan sedikit lemon untuk menambah rasa dan minum sepanjang hari.

6. Makan Bawang Putih Mentah-mentah

Obat kolesterol alami tradiional - bawang putih.jpg

Seperti dikutip pada express.co.uk, bawang putih dapat bertindak sebagai anti mikroba dan juga membantu sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu menghilangkan bakteri E-coli dan karenanya membantu mengatasi infeksi saluran kemih.

Cara terbaik memakannya adalah dengan menyantapnya mentah-mentah tanpa memasaknya, supaya kandungan di dalam bawang putih dapat utuh dirasakan.

Baca Juga: Bolehkah Membiarkan Si Kecil Buang Air di Depan Umum?

7. Minum Antibiotik

mengatasi infeksi saluran kemih

Jika infeksi saluran kemih yang Moms rasakan sudah lebih dari satu hari, segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri yang ada pada saluran kemih.

Jika penyakit ini dibiarkan semakin parah, bakteri yang ada pada saluran kemih dapat menyebar ke ginjal dan area lain sekitar saluran kemih. Maka sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat jika kondisi sudah semakin memburuk.

(DH)

Artikel Terkait