TRIMESTER 2
9 Oktober 2019

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Gatal Selama Hamil?

Jangan digaruk karena bisa menimbulkan iritasi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Terkadang saat hamil, perut Moms tidak hanya terlihat lucu, namun juga sering terasa gatal bukan? Alhasil, Moms jadi menggaruk perut yang terasa gatal itu.

Jangan khawatir Moms, hal ini umum terjadi pada ibu hamil kok. Kulit yang gatal memang normal terjadi apabila sedang hamil. Tidak hanya Moms, para ibu hamil lainnya juga melewati fase kulit yang gatal.

Kehamilan memang tidak bisa terlepas dari rasa gatal. Apalagi jika perut Moms terus membesar dan kulit ikut tertarik karenanya.

Baca Juga: Rasa Gatal di Kulit Saat Hamil, Bisa Fatal dan Berbahaya?

“Rasa gatal muncul karena ujung saraf di bawah kulit menjadi iritasi karena tertarik, sehingga merasa kulit gatal selama hamil,” kata Dr. Jessica Wu, dokter kulit.

Ditambah lagi ketika kulit meregang, otomatis lapisan kulit yang tadinya agak tebal pun menipis, hal ini berpotensi menghilangkan kelembapan alami kulit dan memperburuk rasa gatal itu sendiri. Kulit gatal selama hamil adalah salah satu masalah ibu hamil yang tidak bisa dihindari.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Semoga penjelasan di bawah ini bisa menjadi jawaban ya Moms.

Kapan Kulit Mulai Terasa Gatal

kulit gatal selama hamil

Kulit gatal selama hamil terjadi dalam waktu yang berbeda pada setiap ibu hamil. Namun sebagian besar mulai merasakan perut gatal pada trimester akhir kehamilan.

Sebagian besar wanita mungkin merasa gatal di bulan kelima atau keenam kehamilan ketika perut mereka benar-benar mulai membesar dan kulitnya tertarik. Tapi balik lagi, hal ini terjadi berbeda-beda pada setiap orang.

Baca Juga: Cantiknya Kimberly Ryder Pamer Baby Bump, Simak 5 Fotonya!

Cara Terbaik Mengatasi Kulit Gatal Selama Hamil

kulit gatal selama hamil

Perawatan pertama kali yang Moms lakukan untuk mengatasi kulit gatal selama hamil bisa sangat menantang, yang perlu diingat, jangan di garuk.

“Jika digaruk, akan berisiko merusak lapisan kulit dan mengalami infeksi. Jika benar-benar membutuhkan pertolongan, Moms bisa menepuk-nepuk kulit dengan perlahan,” ucap Dr. Jessica Wu.

Dokter Jessica Wu juga menyarankan untuk tetap mengoleskan moisturizer dengan memijat menggunakan cocoa butter atau minyak almond.

Mandi oatmeal yang hangat juga dapat memberikan kelembapan yang sangat dibutuhkan untuk menenangkan kulit gatal selama hamil.

Baca Juga: Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes

Namun jika sudah mencoba berbagai cara, tetap tidak merasa lebih baik, Moms sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Moms bisa mulai melakukannya jika mulai muncul ruam-ruam di kulit, seperti lepuhan, pustula, dan jerawat. Selain itu saat rasa gatal juga disertai dengan demam atau rasa tidak enak badan. Semua gejala-gejala ini harus disampaikan dengan detail ke dokter.

Artikel Terkait