FASHION & BEAUTY
11 Oktober 2019

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Kulit jadi halus dan lembut lagi, bebas pecah-pecah!
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Tak hanya mengganggu penampilan karena kulit jadi tampak kusam dan pecah-pecah, kulit kering juga bisa membuat Moms tak nyaman.

Ya, tak jarang kulit kering menyebabkan gatal-gatal atau iritasi. Karena itu, Moms harus tahu cara mengatasi kulit kering yang ampuh.

Saat ini berbagai jenis perawatan untuk kulit kering bisa Moms pilih. Mulai dari pelembap, sabun mandi, hingga tabir surya.

Selain menggunakan produk-produk perawatan kulit kering yang dijual di pasaran, Moms juga bisa memilih berbagai cara alami untuk mengatasi kulit kering, lho.

Kenapa Moms perlu mencoba cara mengatasi kulit kering secara alami dan apa saja caranya yang dianjurkan? Simak jawabannya di bawah ini ya, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami

Apakah Perawatan dan Bahan-bahan Alami Lebih Baik?

Menurut seorang dokter spesialis kulit dari Cleveland Clinic di Ohio, Amerika Serikat, dr. Christine Lopez, tak ada salahnya Moms yang punya kulit kering mencoba menggunakan bahan-bahan alami.

Dijelaskan lebih jauh oleh dr. Christine, produk-produk di toko mungkin saja mengandung berbagai zat kimia tambahan.

Misalnya pewangi, alkohol, atau pengawet. Bahan-bahan tambahan ini berisiko menyebabkan iritasi, reaksi alergi, atau justru membuat kulit semakin kering.

Karena itulah dr. Christine menganjurkan untuk hati-hati memilih produk perawatan kulit yang dijual di toko.

Bagi beberapa orang yang punya kulit kering dan sensitif, bahan-bahan seperti minyak alami justru lebih baik untuk merawat kulit.

Sebabnya yaitu bahan alami biasanya lebih murni, tidak terlalu banyak ditambahkan zat kimia buatan.

Ini lebih aman bagi kulit dibandingkan produk-produk yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga tambahan zat kimianya terlalu banyak.

Akan tetapi, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Bila Moms mengalami kulit kering yang sangat mengganggu, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kulit kering yang paling tepat bagi kondisi Moms.

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi kulit kering yang bisa Moms coba. Mulai dari perubahan gaya hidup hingga dengan menggunakan bahan-bahan alami. Yuk, coba lima cara mengatasi kulit kering secara alami berikut ini.

1. Hindari Mandi Air Panas

lebih sehat mandi pakai air dingin atau air hangat hero

Mandi dengan air dingin atau hangat saja, jangan terlalu panas airnya. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), mandi air panas bisa membuat kulit semakin kering.

2. Pasang Pelembap Udara

pelembap udara humidifier.jpg

Salah satu cara mengatasi kulit kering yang dianjurkan AAD yaitu menggunakan humidifier atau alat pelembap udara di rumah, di mobil, atau di kantor. Humidifier bisa menjaga tingkat kelembapan udara agar tidak terlalu kering.

3. Oleskan Minyak Kelapa

3-minyakkelapa.jpg

Menurut sebuah studi dalam jurnal Dermatitis: Contact, Atopic, Occupational, Drug tahun 2014, minyak kelapa efektif jika digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering.

Ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang bertugas untuk mengunci kelembapan kulit secara alami. Moms bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum tidur atau setelah mandi.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Hitam Membandel di Hidung

4. Oleskan Minyak Zaitun

minyak zaitun.jpeg

Seorang spesialis kulit dari Dermatology Institute and Skin Care Center di Amerika Serikat, dr. Tsippora Shainhouse menjelaskan bahwa minyak zaitun sangat baik untuk melembapkan kulit kering.

Minyak zaitun berperan sebagai lapisan pelindung alami yang menjaga kadar minyak dan air pada kulit. Selain itu, lapisan ini juga bisa menjaga kulit dari zat kimia dari sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang bisa menyebabkan kulit kering.

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

5. Pakai Masker Madu

Cara menghilangkan komeda - baking soda dan madu.jpg

Masker dari madu mentah ampuh untuk membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Moms.

Sebuah penelitian tahun 2012 menguak bahwa madu dapat melembapkan sekaligus membantu pemulihan kulit yang rusak karena pecah-pecah, iritasi, atau gatal.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu cukup sederhana, kok. Oleskan madu mentah pada kulit yang kering dan diamkan sampai menyerap sempurna.

Moms juga bisa menggunakan masker madu sebelum tidur, lalu bilas bersih dengan air di pagi hari.

Artikel Terkait