KESEHATAN
30 Agustus 2020

8 Cara Mengatasi Kutu Rambut, Dijamin Langsung Hilang!

Moms bisa mencobanya di rumah saat senggang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak Moms mengeluhkan kulit kepala yang terus terasa gatal meskipun telah dibersihkan atau dikeramas, bisa jadi pertanda bahwa anak terkena kutu rambut.

Kutu rambut pada anak adalah hal yang umum, terutama saat Si Kecil baru saja kembali ke sekolah setelah liburan panjang. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebanyak 6 juta hingga 12 juta anak-anak terkena kutu rambut setiap tahun.

Beberapa orang tua mengandalkan obat bebas resep untuk mengobati kutu, tetapi banyak pilihan yang tidak sepenuhnya efektif. Sebagian karena kutu rambut telah mengembangkan resistensi terhadap obat tersebut.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Cara mengatasi kutu rambut lain yang umum adalah obat dengan resep. Sebagai efek sampingnya, banyak obat yang mengandung pestisida, dan juga dikaitkan dengan efek samping negatif seperti kulit kepala yang teriritasi.

Jadi bagaimana orang tua harusnya mengatasi kutu rambut pada anak? Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kutu rambut yang dapat dicoba di rumah.

1. Zat Berminyak

mengatasi kutu rambut

Cara mengatasi kutu rambut yang pertama adalah zat berminyak. Banyak orang tua mengklaim bahwa minyak zaitun, mentega, petroleum jelly, Crisco, dan mayones mampu mengatasi kutu rambut anak mereka.

Ada banyak metode untuk menggunakan barang-barang ini, tetapi umumnya melibatkan nit-combing, menyiram rambut dan kulit kepala dengan zat tersebut, lalu membiarkannya semalaman dengan dibungkus shower cap untuk membunuh kutu rambut, dan mengulangi proses setidaknya dua kali.

Tetapi perlu diingat bahwa barang-barang berminyak ini bisa sulit dihilangkan, jadi diperlukan pross keramas yang lama setelahnya.

2. Lotion yang Lembut

cara menghilangkan kutu

Cara mengatasi kutu rambut yang selanjutnya adalah lotion yang lembut. Dale Pearlman, dermatologis dari Menlo Park, California, menerbitkan sebuah penelitian di Pediatrics tentang lotion yang terbukti 96 persen efektif dalam menyembuhkan kutu rambut.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Dia kemudian menjelaskan bahwa lotion itu adalah pembersih wajah Cetaphil yang lembut. Sementara beberapa orang mengkritik penelitiannya untuk masalah ini. Namun Dr. Frankowski menemukan bahwa itu bekerja dalam banyak kasus "jika keluarga mengikuti semua petunjuk dengan benar."

3. Minyak Esensial

mengatasi kutu rambut

Cara mengatasi kutu rambut yang selanjutnya adalah minyak esensial. Minyak esensial masih digunakan sebagai cara rumah untuk mengatasi kutu rambut. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa beberapa minyak mengandung sifat anti-kutu, tetapi menunjukkan bahwa hal ini tidak disetujui oleh FDA.

Terlebih lagi, minyak kayu putih dan minyak lainnya bisa berisiko menyebabkan iritasi jika digunakan secara tidak benar.

Ingin mencoba minyak esensial sebagai perawatan kutu alami? Alan Greene, yang bekerja sebagai fakultas klinis di Stanford University School of Medicine, merekomendasikan penggunaan sampo biasa sebagai basis.

Dia kemudian mencampurkan minyak zaitun (tiga sendok makan), minyak pohon teh (satu sendok teh), dan minyak kayu putih atau rosemary (satu sendok teh). Lalu diaplikasikan pada rambut, biarkan selama 30-60 menit di bungkus dalam shower cap, dan dibilas hingga bersih.

Baca Juga: DIY Membuat Dry Shampoo yang Gampang Dibawa Traveling

4. Sisir Nit

mengatasi kutu rambut

Cara mengatasi kutu rambut yang selanjutnya adalah sisir nit. Mungkin cara rumahan yang paling populer untuk mengatasi kutu rambut adalah sisir nit. Moms harus mencelupkan rambut ke dalam conditioner dan (jika rambutnya tipis) baking soda.

Kemudian, di bagian-bagian kecil rambut, sisirkan sisir nit. Ulangi proses ini setiap hari selama setidaknya dua minggu, gabungkan dengan metode lain untuk hasil terbaik.

5. Hair Dryer Dehidrasi Kutu Rambut

mengatasi kutu rambut pada anak

Foto: istockphoto.com

Pilihan lainnya adalah mesin yang menggunakan satu aplikasi udara panas untuk membunuh kutu rambut dan telurnya melalui dehidrasi. Mesin tersebut memerlukan pelatihan khusus dan saat ini hanya tersedia di pusat perawatan kutu profesional.

Mesin tersebut menggunakan udara yang lebih dingin daripada kebanyakan pengering rambut dan dengan laju aliran yang jauh lebih tinggi untuk membunuh kutu dengan mengeringkannya. Pengering rambut biasa tidak boleh digunakan untuk hasil ini karena terlalu panas dan bisa membakar kulit kepala.

6. Bawang Putih

mengatasi kutu rambut pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Kutu rambut benci bawang putih, jadi Moms bisa mengatasi kutu rambut dengan bawang putih! Cukup tambahkan 8-10 siung bawang putih ke air jeruk nipis dengan menggilingnya menjadi pasta.

Campur menjadi satu dan oleskan campuran tersebut pada kulit kepala anak Moms. Biarkan selama 30 menit, setelah itu kita bisa membilas kulit kepalanya dengan air hangat.

7. Jus Bawang

jus bawang untuk mengatasi kutu

Foto: bebeautiful.in

Buat jus bawang merah di rumah dan biarkan di kulit kepala bayi kita selama sekitar 3 hingga 4 jam. Bersihkan kutu rambut dan telur kutu yang mati dengan sisir nit dan bilas rambut secara menyeluruh dengan sampo. Ulangi ini setiap 3-4 hari untuk hasil terbaik.

8. Apel Tumbuk

mengatasi kutu rambut pada anak

Foto: recipes.orodioliva.com

Metode ini mungkin agak sedikit berantakan tetapi sangat efektif. Moms dapat mengoleskan apel tumbuk pada kulit kepala anak kita dan membiarkannya selama beberapa jam untuk menghilangkan kutu dan telur kutu. Triknya adalah dengan menutupi seluruh rambut dengan itu dan mencucinya secara menyeluruh setelah satu jam.

Itu dia beberapa cara mengatasi kutu rambut yang bisa Moms lakukan di rumah. Dilansir dari jurnal Interventions for Treating Head Lice, kutu rambut yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kulit kepala tergores, serta infeksi kulit kepala. Dalam jangka panjang, anemia dapat terjadi.

Artikel Terkait