KESEHATAN
26 Desember 2019

Cara Mengatasi Kutu Rambut dengan Mudah, Dijamin Hilang!

Selain membuat gatal kulit kepala, kutu rambut juga dapat membuat rambut terlihat tidak sehat.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Selain menggunakan obat penghilang kutu rambut, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa menjadi pilihan. Moms bahkan bisa memanfaatkan bahan alami untuk membasmi kutu rambut di kepala.

Baca Juga: Kenapa Ada Kutu di Rambut Anak?

Penyebab dan Gejala Kutu Rambut

SciSource_SA6025_4x3.jpg

Foto: babycentre.com

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang mengisap darah di kulit kepala. Meski lebih sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa juga bisa tertular kutu rambut.

“Penularan terjadi saat rambut Anda bersentuhan dengan rambut penderita kutu rambut. Selain itu, penularan kutu rambut juga terjadi karena menggunakan benda yang sama, misalnya sisir, jepit rambut, atau topi,” ucap Mike Merchant, PhD, seorang Profesor entomologi di Texas A&M University di Dallas.

Dikutip dari International Journal of Infectious Disease, beberapa keluhan yang sering dirasakan saat ada kutu rambut di kepala, termasuk rasa gatal di kulit kepala, telinga, dan leher. Dan akan memuncak seteah kutu rambut berada di kepala selama 2- 6 minggu.

“Rasa gatal merupakan respons dari gigitan kutu dan reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut,” tambah Prof. Merchant.

Baca Juga: Organ Intim Bisa Terkena Kutu Kemaluan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Jika sudah terlanjut tertular kutu rambut, mungkin dari Si Kecil yang juga tertular dari temannya, Moms harus cepat-cepat mengatasinya jika tidak ingin kutu berkembang biak. Berikut ini adalah cara ampuh mengatasi kutu rambut yang bisa Moms coba, ya.

Sisir Serit

Unknown-1.jpeg

Foto: amazon.com

Murah meriah! Moms hanya memerlukan sisir yang rapat, seperti sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm. Tujuannya agar dapat mengangkat lebih banyak kutu dan telur kutu, bahkan hingga yang berada dekat kulit kepala.

Saat memakai sisir serit, sebaiknya rambut dalam kondisi basah. Karena kutu akan bergerak lebih lambat dan juga lebih mudah terlihat.

Minyak Zaitun

Cukup oleskan minyak zaitun ke rambut secara merata. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, sisir rambut agar telur kutu yang menempel di dekat kulit kepala dapat terangkat.

Baca Juga: Serangan Kutu Rambut Ini Harus Cepat Diwaspadai!

Petroleum Jelly

Mirip dengan penggunaan minyak zaitun, Moms cukup mengoleskan petroleum jelly ke rambut secara merata. Kemudian, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama semalaman.

Penelitian menunjukkan bahwa petroleum jelly dapat mengatasi kutu rambut, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitasnya.

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut di atas, Moms juga bisa membeli obat kutu rambut yang sudah dipatenkan. Obat kutu rambut umumnya mengandung permethrin, benzyl alcohol, ivermectin, atau malathion.

Nah, itulah cara-cara mengatasi kutu rambut yang bisa Moms coba. Jangan sampai terkena lagi, ya, Moms!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait