KESEHATAN
5 September 2020

Sering Tak Pede? Begini Cara Mengatasi Minder yang Bisa Dilakukan

Merasa minder akan menghambat potensi yang ada di dalam diri Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Merasa minder atau rendah diri terkadang tidak bisa dihindari. Perasaan ini bisa muncul ketika kita ragu akan kemampuan diri sendiri, Moms. Lalu, bagaimana cara mengatasi minder?

Rasa minder bisa terjadi saat melihat orang lain yang lebih baik dibandingkan kita, atau ketika tidak percaya diri terhadap suatu hal. Sebenarnya, rasa minder bisa menjadi motivasi untuk lebih baik lagi.

Menurut psikolog terkenal, Alfred Adler, perasaan rendah diri bisa menjadi motivasi yang sehat.

Ketika Moms menerima kritik atau melihat seseorang melakukan sesuatu yang lebih baik, hal ini mendorong untuk menghilangkan kelemahan yang kita punya. Sehingga, ada motivasi untuk menjadi lebih kuat dan mengembangkan diri.

Cara Mengatasi Rasa Minder

Namun, hal yang sering jadi pertanyaan, bagaimana cara mengatasi minder agar tidak terlalu lama 'terjebak' dalam situasi ini? Adakah cara efektif mengatasi rasa minder yang dimiliki? Ini ulasannya.

Baca Juga: Badan Tak Lagi Menarik Usai Melahirkan? Psikolog Ungkap Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri

1. Temukan Rasa Percaya Diri

Sering Minderan, Begini Cara Mengatasinya-1.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Psychology Today, cara terbaik untuk menemukan rasa percaya diri dan mengatasi minder adalah mengetahui kelebihan yang dipunya.

Pahami kekuatan yang Moms punya dan maksimalkan kemampuan tersebut. Hindari terus-terusan melihat apa yang dipunya orang lain, dan tidak ada dalam diri kita.

“Membandingkan diri dengan orang lain memang bagian dari menjadi manusia. Kita mendefinisikan diri sebagai berbeda atau mirip dengan orang lain. Bagian dari identitas diri dan citra diri. Namun, jangan sampai hal ini menghambat pengembangan diri,” ujar Dr. Joan Harvey dari Universitas Newcastle.

Jadi, berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain karena hanya membuat rendah diri. Setelah bekerja keras, berikan penghargaan pada diri sendiri.

Jika Moms telah melakukan suatu pekerjaan dengan baik atau mencoba hal yang baru, tidak ada salahnya untuk merasa bangga. Hal ini membentuk perspektif diri Moms untuk lebih percaya diri.

Baca Juga: 13 Hal yang akan Terjadi Ketika Tak Ada Media Sosial

2. Batasi Waktu Menggunakan Media Sosial

Sering Minderan, Begini Cara Mengatasinya

Foto: Orami Photo Stock

Ya, Moms, media sosial berperan membuat kita menjadi minder. Umumnya, seseorang akan menunjukkan hal yang terlihat sempurna di media sosial. Karena ini kurangi bermain media sosial sebagai cara mengatasi minder.

Hal tersebut secara tidak langsung bisa menyebabkan rasa minder dalam diri kita. Padahal, belum tentu yang ditampilkan di media sosial seperti pada kenyataannya.

Jurnal American Academy of Pediatrics telah mengidentifikasi kondisi yang disebut Facebook Depression.

Kondisi ini adalah gambaran perasaan tidak mampu dan kecemasan yang dirasakan seseorang. Rasa cemas ini berasal dari membandingkan diri mereka dengan konten dalam umpan media sosial.

Tujuan adanya media sosial memang baik untuk membangun koneksi dengan relasi. Namun, jangan sampai media sosial membuat kita merasa buruk tentang diri sendiri.

Bukan berarti harus berhenti bermain media sosial, namun sebaiknya batasi penggunaannya agar tidak mengganggu kesehatan mental.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Paling Percaya Diri, Ada Zodiak Moms?

3. Menangani Kelemahan

Sering Minderan, Begini Cara Mengatasinya

Foto: Orami Photo Stock

Rasanya Moms pasti memahami bahwa setiap orang memiliki kelemahannya masing-masing. Namun, sebaiknya perhatikan kelemahan kita punya. Apakah kelemahan tersebut ada karena kita kurang mencari informasi? Atau karena kita kurang latihan?

Dilansir dari Psychology Today, tidak semua kelemahan yang kita miliki karena ketidakmampuan diri. Ada kalanya, kelemahan tersebut karena kurang ingin memperbaiki diri sendiri.

Langkah pertama mengatasi minder yang harus dilakukan adalah menerima bahwa kita punya kelemahan.

Lalu, langkah selanjutnya adalah membuka diri untuk menerima kritik dan pendapat dari orang lain. Jangan ragu untuk meminta bantuan apabila diperlukan.

“Misalkan saja dalam sebuah wawancara, menangani kelemahan menjadi diri Anda lebih positif. Orang lain akan melihat bahwa Anda sadar diri dan berkeinginan untuk terus-menerus belajar,” ungkap Jenny Straumers, psikolog dari Inggris.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu dipahami tentang cara mengatasi minder. Yuk, dimulai dengan menemukan kelebihan diri sendiri, ya, Moms!

Artikel Terkait