BALITA DAN ANAK
4 Agustus 2020

7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak, Catat!

Rasa kembung pasti membuat Si Kecil jadi tidak nyaman, coba lakukan langkah-langkah berikut di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Amelia Puteri

Perut kembung dapat terjadi pada siapa saja, begitu pula dengan bayi dan anak-anak. Ketika kembung, kita biasanya merasa seolah-olah sudah makan besar dan rasanya tidak ada ruang lagi di perut.

Perut terasa penuh dan kencang, terkadang malah terasa tidak nyaman atau menyakitkan. Sehingga, Moms mungkin ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak.

"Anak-anak juga dapat mengalami kembung, mereka hanya tidak bisa membahasakannya. Mereka biasanya hanya mengeluhkan jika perut mereka terasa sakit," ungkap Tamara Duker Freuman, RD, seorang ahli kesehatan pencernaan dan penulis buku baru The Bloated Belly Whisperer.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Merawat Bayi yang Mengalami Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Balita

Jika Moms mengalami malam tanpa tidur karena anak mengeluh sakit perut terus, jangan khawatir! Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kembung pada anak yang bisa Moms lakukan.

1. Jaga Supaya Si Kecil Tetap Terhidrasi

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: raisingchildren.net.au

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang pertama adalah menjaganya tetap terhidrasi. Tawarkan segala bentuk cairan tanpa gula, lebih baik dalam keadaan hangat agar Si Kecil tetap terhidrasi.

Minuman hangat akan menenangkan saraf perutnya yang sakit dan membantu meredakan sakit perutnya. Cairan juga sangat dibutuhkan apalagi jika Si Kecil muntah.

Mungkin Si Kecil akan tidak nafsu makan saat perutnya terasa kembung, Moms dapat mengakalinya dengan memberi makan sedikit-sedikit namun sering.

Hindari memberinya produk susu atau produk goreng/berminyak sampai dia merasa lebih baik. Moms bisa memberinya roti bakar atau oatmeal saat Si Kecil merasa lapar.

2. Kompres Hangat

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: todaysparent.com

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang selanjutnya adalah kompres hangat. Salah satu solusi teraman dan efektif untuk mengatasi kembung pada balita adalah kompres hangat.

Kompres hangat tidak memiliki efek samping dan memberikan bantuan cepat pada perut yang terasa sakit atau nyeri.

Jika Moms menggunakan bantal pemanas, pilih tingkat panas terendah dan simpan di perut Si Kecil. Jika tidak memiliki bantal pemanas, gunakan botol berisi air hangat, kemudian bungkus dengan kain dan kompres hangat siap digunakan.

Kompres hangat sangat efektif untuk merilekskan otot-otot perut dan meredakan kembung. Yang paling penting diingat, pastikan bantal pemanas atau botol air yang Moms gunakan bersuhu hangat dan tidak panas ya! Moms tentu tidak mau menyakiti Si Kecil bukan?

Baca Juga: Perut Kembung Pertanda Tubuh Intoleransi Karbohidrat? Begini Penjelasannya

3. Berikan Yogurt atau Probiotik Lainnya

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: babycenter.com

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang selanjutnya adalah memberikan yogurt atau probiotik lainnya. Makanan probiotik juga dikenal dapat membantu meredakan perut kembung, salah satunya adalah yogurt.

Yogurt memiliki bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki fungsi hilangnya mikroba di usus.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, probiotik, yang termasuk bakteri dalam yogurt yang membantu proses fermentasi, dapat mengurangi gas dan kembung.

4. Buatkan Teh Herbal

cara mengatasi perut kembung pada anak-teh herbal

Foto: Orami Photo Stock

Memberikan teh herbal bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada anak yang tak kalah ampuh. Teh herbal juga salah satu cara untuk mengatasi kembung pada balita.

Moms dapat menambahkan jahe pada teh yang Moms buat. Teh jahe dapat diberikan pada anak yang berusia dua tahun atau lebih.

Jika Si Kecil berusia di bawah dua tahun, Moms bisa mengoleskan parutan jahe di sekitar area pusarnya. Moms juga bisa memberinya secangkir teh dengan beberapa daun mint dan beberapa tetes jus lemon di dalamnya, karena keduanya dipercaya dapat membantu mengatasi kembung.

Mint dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari usus sementara lemon dapat membantu mengatasi sembelit. Namun, lebih baik lagi sebelum memberikan teh herbal kepada Si Kecil, berkonsultasilah dulu dengan dokter.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Herbal yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Catat!

5. Berikan Madu Murni

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: verywellfamily.com

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang selanjutnya adalah memberikan madu. Madu adalah sumber karbohidrat, gula, dan antioksidan yang baik.

Ini dapat Moms berikan kepada si Kecil dengan mencampurkannya pada teh herbal atau cukup dengan air hangat saja. Jika Si Kecil suka, dimakan langsung atau dicampurkan pada oat juga dapat menjadi pilihan lain.

Madu yang terbaik adalah madu murni. Namun, pemberian madu di bawah 2 tahun, akan lebih baik dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu ya Moms.

6. Pijat Dengan Lembut

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: themontessorifamily.com

Memijat perut bayi dengan lembut juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada anak. Saraf dan otot perut yang sakit dapat dihilangkan dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya. Hal itu bisa didapatkan dari pijatan lembut.

Coba pijat Si Kecil dengan menggunakan telapak tangan serta jari-jari Moms, pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar searah jarum jam di sekitar area pusar Si Kecil.

Pijat juga dari bagian dada ke bagian bawah perut untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam perut. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu di tekan supaya tidak menyakiti Si Kecil.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjinakkan Perut Kembung

7. Lakukan Pijat Refleksi

Cara Meredakan Perut Kembung Pada Balita

Foto: manchesterneurophysio.co.uk

Cara mengatasi perut kembung pada balita yang selanjutnya adalah pijat refleksi. Selain pijat di area perut, Moms juga dapat melakukan pijat refleksi pada bagian kaki Si Kecil.

Ada banyak saraf di tangan dan kaki yang bila ditekan ringan dapat memiliki efek terapi pada area tubuh tertentu.

Pegang kaki kiri Si Kecil dengan telapak tangan kanan Moms. Kemudian dengan tangan kiri di bawah bola kakinya, berikan tekanan yang stabil menggunakan ibu jari.

Beri tekanan pada lengkungan sentral kaki kirinya selama satu menit dan ulangi ini 4-5 kali. Lakukan pijat ini sebelum waktu makan untuk efek langsung.

Mengutip Everyday Health, Si Kecil di bawah 8 tahun mungkin tidak dapat membedakan antara sakit perut dan jenis rasa sakit yang memerlukan perhatian medis dengan cepat.

Moms bisa menanyakan kepada Si Kecil di mana lokasi sakit perut yang ia rasakan. Bila menunjuk ke kanan bawah, maka ia mungkin perlu pergi ke UGD untuk radang usus buntu.

Selain itu, beberapa indikator bahwa sakit perut anak mungkin serius termasuk penurunan berat badan, demam, muntah, diare parah, tinja atau muntah yang berdarah, atau rasa sakit di perut kanan atas atau bawah kanan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada balita. Mudah kan Moms cara-cara di atas? Moms dapat mencoba cara-cara tersebut untuk mengatasi kembung pada balita.

Semoga setelah itu, Si Kecil bisa kembali beraktivitas dan nafsu makannya bisa kembali ya Moms.

Artikel Terkait