BAYI
20 Mei 2020

4 Cara Mengatasi Rakitis pada Bayi, Catat ya!

Rakitis bisa diobati dengan suplemen Vitamin D dan paparan sinar matahari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rakitis merupakan gangguan kerangka di mana penderita biasanya memiliki tulang yang lemah atau lunak dan pertumbuhan terhambat. Dalam kasus yang parah, rakitis bisa menyebabkan kelainan bentuk tulang. Penyakit ini disebabkan oleh defisiensi vitamin D.

Rakitis lebih sering menyerang bayi dan anak-anak. Khususnya yang memiliki asupan susu rendah dan pada bayi yang menyusui untuk waktu yang lama tanpa memulai makanan padat pada usia normal yakni sekitar empat hingga enam bulan.

Baca Juga: 7 Gejala Rakitis pada Bayi, Jangan Dianggap Sepele!

Cara Mengatasi Rakitis

gejala rakitis pada bayi

Karena sebagian besar kasus rakitis disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium, biasanya kasus ini diobati dengan meningkatkan asupan vitamin D dan kalsium anak.

Dikutip dari National Health Service, ada beberapa cara untuk mengatasi rakitis. Bagaimana cara mengatasi rakitis? Yuk simak ulasannya di bawah ini Moms.

1. Makanan Mengandung Kalsium dan Vitamin

Cara mengatasi rakitis pada bayi yang pertama adalah makan lebih banyak makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D

2. Suplemen Kalsium dan Vitamin D

Cara mengatasi rakitis pada bayi yang selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D harian

3. Suntikan Vitamin D

Selain itu, cara mengatasi rakitis pada bayi juga bisa dilakukan dengan rutin diberikan suntikan vitamin D setiap tahun. Tapi penanganan ini hanya diperlukan jika si kecil tidak dapat mengambil suplemen melalui mulut atau memiliki penyakit usus atau hati

4. Paparan Sinar Matahari

Cara mengatasi rakitis pada bayi yang terakhir adalah dengan menambah paparan sinar matahari. Karena sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Sehingga kita mungkin disarankan untuk menambah jumlah waktu yang dihabiskan anak atau bayi di luar ruangan.

Dokter biasanya akan memberi tahu kita berapa banyak vitamin D dan kalsium yang perlu dikonsumsi Si Kecil. Hal ini akan tergantung pada usia dan penyebab rakitis. Jika Si Kecil memiliki masalah dalam menyerap vitamin, mereka mungkin memerlukan dosis yang lebih tinggi.

Baca Juga: Infeksi Tulang Osteomielitis Pada Bayi, Waspadai Gejalanya Moms!

Cara Mengatasi Rakitis karena Komplikasi Penyakit Lain

Gejala Skoliosis.jpg

Ketika rakitis terjadi sebagai komplikasi dari kondisi medis lain, mengobati kondisi yang mendasarinya bisa menyembuhkan penyakit ini. Jika Si Kecil memiliki kelainan bentuk tulang yang disebabkan oleh rakitis, seperti kaki yang tertekuk atau lengkungan tulang belakang, dokter mungkin menyarankan perawatan untuk memperbaikinya, di antaranya termasuk operasi.

Cara Mengatasi Rakitis Genetik

gejala rakitis pada bayi

Kombinasi suplemen fosfat dan bentuk khusus vitamin D diperlukan untuk penanganan penyakit rakitis hipofosfatemik. Yakni, di mana cacat genetik menyebabkan kelainan pada cara ginjal dan tulang menangani fosfat.

Anak-anak dengan tipe lain dari rakitis genetik juga membutuhkan sangat banyak jenis khusus perawatan vitamin D.

Baca Juga: Mengenal Craniosynostosis, Kelainan Tulang Tengkorak Pada Bayi

Itulah cara-cara mengatasi rakitis. Karena rakitis adalah kondisi kesehatan yang serius, Moms harus selalu berkonsultasi dengan dokter ya.

Artikel Terkait