2-3 TAHUN
19 Oktober 2020

5 Cara Mengetahui Bakat Anak, Yuk Coba!

Bantu Si Kecil menemukannya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Bagaimana cara mengetahui bakat anak? Kapan orang tua bisa mulai mencari tahu bakat anak? Simak ulasannya di bawah ini.

Dalam hal mengasah bakat anak-anak kita, keterampilan detektif kita sendiri adalah aset terbaik. Sebagai orang tua, Moms perlu mencari petunjuk tentang bakat terbesar atau terkecil anak.

Para orang tua yang telah mendapatkan insting mengenai bakat anak, akan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Pertama, mereka mencari kemampuan terkecil anak mereka, bukan hanya kemampuan anak yang besar.
  • Kedua, mereka bertanya kepada guru, pelatih, instruktur, konselor perkemahan, dan teman-teman apa yang mereka lihat Si Kecil bisa lakukan dengan baik.
  • Ketiga, bertanya langsung kepada anak tentang apa yang disukai dan tidak disukai.
  • Akhirnya, membiarkan anak-anaknya bereksperimen dengan bakat dan kemampuannya.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak di Era Digital

“Dalam menemani anak bereksplorasi dan berekspresi, orang tua harus memahami apa saja yang terjadi di tiap tahapan tumbuh kembang anak,” jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak dan remaja, dalam acara Virtual Kick Off Cussons Bintang Kecil 9, Jumat (9/10/2020).

Menurutnya orang tua juga harus mempelajari mengenai apakah materi bermain dan stimulasi yang harus dipersiapkan. Dan yang terpenting adalah diperlukannya konsistensi dari orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak-anak mereka.

Agar Moms bisa menemukan bakat dan kemampuan anak, berikut beberapa tips yang bisa Moms ikuti.

Cara Mengetahui Bakat Anak

Agar Moms bisa mendukung bakat dan kemampuan anak dengan maksimal, berikut cara mengetahui bakat anak yang bsia Moms coba.

1. Rangkul Anak

bakat anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengetahui bakat anak yang pertama adalah rangkul anak. Semua orang tua memiliki impian besar untuk anak-anaknya, tetapi penting untuk mengenali setiap anak itu unik dengan ambisi, keinginan, dan tujuan mereka sendiri.

Merangkul anak yang berarti berusaha sebaik mungkin untuk membungkam apa yang kita pikirkan atau tidak memaksa anak sesuai kehendak kita. Ini berarti tidak membandingkan Si Kecil dengan anak tetangga, atau teman lainnya.

2. Duduk dan Amati Si Kecil

mengembangkan bakat anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengetahui bakat anak yang selanjutnya adalah duduk dan amati Si Kecil. Mungkin Moms tergoda untuk menjadikan anak seperti yang kita inginkan. Tetapi penting untuk waspada terhadap minat dan bakat anak secara alami.

Lihat apa yang suka dilakukan oleh Si Kecil, apa aktivitas kesukaan anak, apa kecenderungan yang ia pilih saat bermain, atau bagaimana anak berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: Anak Hobi Mengisap Jempol, Ini Cara Atasinya

Setelah melakukan observasi ini, carilah bahan dan perlengkapan yang dapat membantu anak untuk mengeksplorasi minat mereka lebih jauh. Mungkin juga masuk akal untuk mendaftarkan anak ke sebuah kelas minat.

Bicaralah dengan anak tentang hal ini dan cari tahu apakah anak tertarik untuk melanjutkan kegiatan tersebut lebih lanjut.

3. Beri Kebebasan untuk Anak

bakat anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengetahui bakat anak yang selanjutnya adalah berikan kebebasan untuk anak. Orang tua dapat merasakan tekanan untuk mengisi jadwal anak-anak dengan berbagai kelas dan praktik untuk melihat mana yang sesuai untuk Si Kecil.

"Tetapi salah satu cara terbaik bagi anak-anak menemukan apa yang mereka sukai adalah memiliki kebebasan dan waktu untuk eksplorasi," ujar dr. Vera.

Melalui eksplorasi itulah anak-anak akan menemukan minat mereka. Meskipun aktivitas terstruktur memiliki tempatnya, memberi anak waktu istirahat yang cukup akan membuat mereka mengembangkan rasa ingin tahu dan memikirkan apa yang paling mereka minati.

Permainan tidak terstruktur bermanfaat bagi anak-anak dalam banyak hal, lebih dari sekadar menemukan apa yang mereka sukai.

4. Jangan Berharap Terlalu Cepat

eksplorasi bakat anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengetahui bakat anak yang selanjutnya adalah jangan berharap terlalu cepat. Tidak semua orang akan atau perlu menemukan minat mereka di masa kanak-kanak.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak tidak siap secara perkembangan untuk merefleksikan dan memikirkan masa depan mereka sampai tahun-tahun sekolah menengah.

Jadi, hingga anak-anak mencapai tonggak itu, cobalah untuk memaparkan mereka pada aktivitas yang berbeda yang kemudian akan menarik minat mereka dengan sendirinya.

Baca Juga: Mengasah Bakat Anak dan Potensinya Agar Jadi Anak Prima

5. Tahu Kapan Harus Mendukung Anak

eksplorasi bakat anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengetahui bakat anak yang selanjutnya adalah tahu kapan harus mendukung anak. Salah satu hal tersulit bagi orang tua dalam mendukung minat anak-anak mereka adalah mengetahui kapan seorang anak menyerah pada sesuatu hanya karena itu terlalu sulit atau jika mereka benar-benar tidak menikmatinya.

Ini dapat membantu untuk berbicara dengan guru dan pelatih anak untuk melihat apa yang mereka amati.

Jika kita sudah tahu, orang tua harus memiliki nasihat tentang cara terbaik untuk mendorong dan mendukung anak melalui rintangan yang dihadapinya.

Itu dia Moms beberapa cara mengetahui bakat anak yang bisa Moms lakukan. Jika sudah ketemu, segera arahkan agar ia bisa memaksimalkan bakatnya ya Moms!

Artikel Terkait