BALITA DAN ANAK
10 Juni 2020

Cara Mengetahui Jika Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa

Moms ragu apakah kemampuan bahasa Si Kecil sudah sesuai standar usianya atau belum? Cek di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms harus mengetahui bahwa setiap anak dilahirkan dengan kemampuan bahasa yang berbeda. Tidak semua anak dilahirkan dan besar dengan perkembangan yang sama.

Ada kalanya Si Kecil memiliki sedikit keterlambatan dan mengalami masalah perkembangan bahasa. Dikutip dari The Hanen Centre, anak yang mengalami masalah bahasa cenderung berbicara lebih sedikit dari umumnya.Namun, Moms tidak perlu khawatir apabila anak mengalami masalah perkembangan bahasa.

Ketahui Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa

Anak mengalami masalah perkembangan bahasa adalah suatu hal yang biasa terjadi dan masih mudah untuk dideteksi sejak dini. Maka, Moms bisa menerapkan beberapa cara agar dapat mengetahui masalah tersebut dari awal sebelum terlambat. Yuk, simak panduannya di bawah ini!

1. Kenali Kebiasaan Si Kecil

Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa 1.jpg

Foto: Freepik.com

Tahap awal yang bisa Moms lakukan untuk mendeteksi masalah bahasa sejak dini adalah dengan memperhatikan kebiasaan Si Kecil. Anak yang mengalami masalah perkembangan bahasa biasanya memiliki kelebihan pada kemampuan secara visual dan spasial. Si Kecil cenderung terdiam dan senang menghafal sesuatu yang menurutnya menarik.

Selain itu, Moms juga bisa melihat apakah Si Kecil senang untuk fokus melakukan sebuah aktivitas hingga selesai. Anak yang mengalami masalah perkembangan bahasa cenderung lebih menyukai kegiatan yang menggunakan pikirannya sendiri seperti bermain puzzle.

Ia tidak akan terlalu menyukai permainan yang melibatkan banyak pemain dan akan memilih permainan yang bisa dilakukannya sendirian.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Cemilan Sehat Untuk Perkembangan Otak Anak

2. Perhatikan Saat Anak Berbicara

Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa 2.jpg

Foto: Freepik.com

Tanda anak mengalami masalah perkembangan bahasa berikutnya adalah dengan melihat bagaimana Si Kecil saat berbicara. Anak dengan masalah perkembangan bahasa cenderung sulit mengemukakan keinginannya.

Selain itu, Si Kecil juga lebih banyak menggunakan bahasa isyarat seperti menunjuk apabila ia menginginkan sesuatu.

Jika anak menunjukkan gejala seperti ini, Moms bisa mulai mengajarkannya untuk mengulang kata benda yang ditunjuk. Ulangi secara terus menerus saat anak menginginkan sesuatu agar kata-kata yang diucapkan bisa terekam dengan baik.

Moms juga dapat membantu Si Kecil dengan menggunakan gestur saat sedang berbicara. Misalnya, apabila Si Kecil menginginkan sebuah topi, tunjukkan gestur melingkar sambil ulangi kata topi. Pengulangan disertai gestur akan membuatnya lebih mudah menghafal kata-kata.

3. Tidak Mampu Mengucapkan Kalimat yang Panjang

Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa 3.jpg

Foto: Freepik.com

Moms bisa mengenali tanda berikutnya dengan mendengarkan Si Kecil mengucapkan sebuah kalimat. Anak yang memiliki masalah perkembangan bahasa akan mengucapkan kalimat dengan sangat sulit dan terbata-bata.

Baca Juga: Ketahui Plus Minus Gadget Bagi Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

4. Terlihat Gagap dan Mengulangi Perkataanya

Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa 4.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu tanda anak mengalami masalah perkembangan bahasa yang paling mudah dilihat adalah mengalami kegagapan saat berbicara. Kondisi ini terjadi ketika Si Kecil terus mengulangi sebuah kata yang ingin diucapkannya.

Anak yang mengalami gagap biasanya punya latar belakang traumatis. Moms bisa mengatasi situasi ini dengan mengajak Si Kecil berbicara dalam kondisi tenang.

Ajak ia bernapas lebih dahulu, lalu pikirkan kata-kata yang hendak dikeluarkan. Jangan memarahi anak yang mengalami gagap, sebab hanya akan membuatnya jadi semakin parah.

5. Cenderung Tidak Senang Berada di Keramaian

Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa 5.jpg

Foto: Freepik.com

Umumnya anak-anak sangat aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi apabila melihat orang yang baru dikenal. Namun, anak dengan masalah perkembangan bahasa cenderung takut untuk berada di tempat ramai dan tidak dikenalinya.

Anak lebih memilih menghindar dari keramaian dan menyendiri. Situasi ini bisa Moms atasi dengan menanyakan apa yang membuatnya menjadi takut. Ajak anak untuk mengobrol sekaligus mengenalkan lingkungan atau keluarga lain yang tidak dikenalnya.

Biasakan Si Kecil untuk memberikan salam dan memperkenalkan namanya pada keluarga. Cara ini akan membentuk keberanian Si Kecil untuk memulai pembicaraan.

Baca Juga: Ini Cara Mengenali Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Sesuai Usianya

Itulah beberapa cara untuk mengetahui jika Si Kecil mengalami masalah perkembangan bahasa. Moms bisa mempelajari tanda yang ada pada Si Kecil dan mencegahnya sebelum masalah perkembangan bahasanya jadi lebih parah.

Artikel Terkait