NEWBORN
23 Februari 2019

Cara Mengganti Popok Bayi Cepat dan Anti Ribet

Jangan pusing dan buang waktu mengganti popok lama-lama, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Orang tua baru memang menghabiskan waktunya untuk mengganti popok bayi. Apalagi setiap harinya bayi bisa menghabiskan 10 popok atau lebih.

Cara mengganti popok bayi mungkin tampak rumit pada awalnya. Tetapi dengan sedikit latihan, Moms tentunya akan menyadari bahwa salah satu aktivitas untuk menjaga kebersihan si kecil ini sangat mudah.

Nah, bagi Moms yang baru pertama kali atau sedang bersiap menjadi orang tua baru, yuk simak urutan mengganti popok bayi yang benar seperti di bawah ini.

Persiapan Mengganti Popok Bayi

Awali dengan menyiapkan semua yang Moms butuhkan sebelum mulai mengganti popok si kecil. Ini sangat penting dilakukan demi keamanan si kecil, karena semua kebutuhan yang sudah siap membuat Moms tidak perlu meninggalkan si kecil tanpa pengawasan.

Baca Juga: Tips Memilih Popok Bayi Sesuai Usianya

Beberapa yang perlu disiapkan sebelum mengganti popok si kecil antara lain:

  • Popok bersih
  • Tisu atau lap basah (hati-hati menggunakan tisu basah untuk bayi)
  • Celemek bayi
  • Tempat ganti yang aman (meja ganti atau ranjang)
  • Alas ganti
  • Bedak bayi (optional)
  • Pelembab khusus bayi (optional)
  • Salep ruam popok (optional)

Pastikan semua persediaan berada dalam jangkauan agar Moms tidak perlu meninggalkan Moms sedetik pun. Pasalnya, bayi baru lahir terkadang bisa secara tiba-tiba berguling dan itu tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Bersihkan Sebelum Memakaikan Popok Baru

mengganti popok 2

Foto: thestir.cafemom.com

Larissa Hirsch, MD, dokter dari The Nemours Foundation, mengatakan bahwa kebersihan kulit bayi adalah yang utama sebelum memakai popok. Tujuannya adalah agar kulit buah hati yang halus terhindar dari ruam dan bakteri.

Jadi, bersihkan kulit bayi secara seksama ya Moms.

Gunakan kain lap basah, kapas basah, atau tisu bayi, bersihkan area tubuh si kecil yang tertutup popok secara lembut dari depan ke belakang. Jangan mengelap dari belakang ke depan, terutama untuk bayi perempuan karena bisa menyebarkan bakteri dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Jangan lupa bersihkan pula daerah lipatan pantat dan paha.

Untuk anak laki-laki biarkan popok bersih menutupi bagian penisnya selama berganti, karena paparan udara bisa menyebabkan si kecil BAK secara tiba-tiba.

Setelah selesai, tepuk-tepuk area yang dibersihkan menggunakan lap kering yang bersih. Oleskan salep ruam popok, jika diperlukan.

Mengganti Popok Kain

mengganti popok 3

Foto: naturalparentsnetwork.com

American Pregnancy Association punya cara cepat yang dianjurkan dalam mengganti popok bayi yang berbentuk kain atau popok tradisional yaitu:

  • Tata popok kain yang akan digunakan pada meja ganti atau permukaan kasur.
  • Tempatkan si kecil di atas popok dengan perlahan-lahan.
  • Angkat kaki dan paha si kecil, geser popok ke bawah. Pastikan bagian bertali berada di belakang punggung si kecil, dengan sisi terpanjangnya mengarah ke kaki.
  • Ambil bagian sisi terpanjang di antara kaki si kecil untuk menutupi area kemaluan dan perutnya.
  • Ikatkan tali dari bagian popok yang ada di belakang punggung si kecil ke atas popok yang ada di perut si kecil. Tidak perlu diikat kencang, cukup agar popok tidak terlepas saja.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Mengganti Popok Sekali Pakai

mengganti popok 4

Foto: raisingchildrennetworks.com

Urutan mengganti popok bayi sekali pakai jauh lebih mudah, yakni dengan cara:

  • Buka popok dan geser ke bawah pantat si kecil sambil dengan lembut mengangkat bagian bawah tubuhnya. Bagian belakang dengan strip perekat harus sejajar dengan pusar si kecil.
  • Ambil bagian depan popok diantara kaki si kecil dan harus menutupi hingga bagian perutnya.
  • Rekatkan pita perekat popok sekali pakai dan kencangkan hingga pas. Hati-hati jangan sampai perekat mengenai kulit si kecil.

Jangan lupa untuk mencuci tangan Moms hingga bersih menggunakan sabun, setiap kali selesai mengganti popok bayi untuk mencegah penyebaran kuman. Lebih siapkah Moms mengganti popok dengan lebih cepat?

(RGW)

Artikel Terkait