KESEHATAN
28 Januari 2020

Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus, Simak di Sini!

Apakah Moms sudah tahu bagaimana caranya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms perlu tahu seperti apa cara menggunakan masker yang tepat. Apalagi, semenjak infeksi virus Corona novel (2019-nCoV) belakangan ini, membuat masyarakat dari berbagai negara jadi lebih waspada dengan banyak menggunakan masker untuk mencegah infeksi.

Dalam situs pemantauan virus Corona novel yang dibuat Center for Systems Science and Engineering (CSSE) JHU, sudah ada 107 orang yang meninggal terinfeksi virus Corona novel.

Lalu, seperti apa cara memakai masker yang tepat untuk mencegah masuknya virus? Cari tahu penjelasannya berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Rumah Supaya Asma Tidak Kumat

Cara Menggunakan Masker Wajah yang Benar

cara menggunakan masker-1.jpg

Foto: ikidane-nippon.com

Menggunakan masker sekali pakai harus digunakan cukup sekali saja, dan langsung dibuang ke tempat sampah. Selain itu, Moms juga harus melepas dan mengganti masker saat masker sudah lembap.

Biasanya, pada kemasan sudah ada tata cara penggunaan masker yang tepat. Namun, jika tidak ada, ketahui cara menggunakan masker mengutip situs San Francisco Department of Public Health berikut ini.

-Bersihkan tangan dengan sabun dan air, atau pembersih tangan (hand sanitizer) sebelum menyentuh masker.

-Lepaskan masker dari kotak, dan pastikan tidak ada robekan atau lubang yang jelas di kedua sisi masker (dalam dan luar).

-Tentukan sisi masker. Untuk sisi topeng dengan bagian yang dapat ditekuk dan kaku adalah bagian atas. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk bentuk hidung saat menggunakan masker.

-Biasanya, terdapat dua warna sisi masker, yaitu sisi putih dan berwarna. Sisi berwarna topeng biasanya merupakan bagian depan, dan harus menghadap ke luar, sedangkan sisi putih menyentuh wajah.

-Masker wajah memiliki ragam versi tali, cari tahu cara menggunakan masker menurut tipe masker yang akan digunakan berikut ini:

  • Masker wajah dengan earloop: Pegang masker di bagian earloop dengan kedua tangan. Tempatkan earloop di sekitar masing-masing telinga.
  • Masker wajah dengan tali: Posisikan masker setingkat hidung, lingkari kepala dengan tali pada masker, lalu ikat.
  • Masker wajah dengan tali karet (masker hijab): Pegang bagian kaku masker dengan cubitan dua jari, dan biarkan tali karet menggantung bebas. Sembari meletakkan masker ke tingkat hidung, tarik tali ke atas melalui atas kepala, turunkan hingga tali karet menempel di bagian atas mahkota kepala.

-Selanjutnya, cubit ujung yang kaku hingga sesuatu dengan bentuk hidung yang dimiliki.

-Jika menggunakan masker wajah dengan tali, ambil kedua tali bagian bawah masker dengan masing-masing tangan, dan kencangkan dengan membentuk simpul ikatan di bagian tengkuk leher.

-Tarik bagian bawah topeng ke mulut dan dagu.

Baca Juga: Ini Gejala Virus Corona Novel, Penyakit yang Berasal dari China

Cara Melepaskan Masker Wajah yang Sudah Digunakan

cara menggunakan masker-2.jpeg

Foto: matcha-jp.com

Tidak hanya penting untuk mengetahui cara menggunakan masker yang benar, tetapi Moms juga perlu mengetahui bagaimana melepaskan masker sebelum dibuang.

-Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan (hand sanitizer) sebelum menyentuh masker.

-Jangan menyentuh bagian depan masker karena sudah terkontaminasi. Hanya sentuh lilitan/ikatan/tali karet ketika hendak melepaskan masker wajah. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk jenis masker yang digunakan.

  • Masker wajah dengan earloop: Pegang kedua earloop, angkat dan lepaskan masker dengan perlahan.
  • Masker wajah dengan tali: Lepaskan ikatan bagian bawah terlebih dahulu, lalu lepas ikatan busur atas, dan tarik masker saat ikatan dilonggarkan.
  • Masker wajah dengan tali karet (masker hijab): Tarik tali dari bawah ke atas kepala, lalu lepaskan masker perlahan.

-Buang masker ke tempat sampah. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan (hand sanitizer).

Baca Juga: Cegah Risiko Akibat Polusi Udara, Ini Cara Pemilihan Masker yang Tepat

Tips Menggunakan Masker

cara menggunakan masker-3.jpg

Foto: theculturetrip.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan dan tips tentang cara menggunakan masker wajah yang disarankan. Berikut ini caranya.

  • Letakkan masker dengan hati-hati untuk menutupi mulut dan hidung dan ikat dengan aman untuk meminimalkan celah antara wajah dan masker.
  • Saat digunakan, jangan menyentuh masker.
  • Setiap kali menyentuh masker bekas, misalnya saat melepas, bersihkan tangan dengan air dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.
  • Ganti masker dengan masker baru yang bersih dan kering segera setelah masker lembap.
  • Jangan menggunakan kembali masker sekali pakai, dan buang masker dengan segera ketiksa sudah selesai digunakan.

Lalu, bagaimana dengan efektivitas penggunaan masker dalam mencegah infeksi virus masuk ke dalam saluran pernapasan?

Dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, disebutkan bahwa penggunaan masker sebagai langkah perlindungan dari infeksi kemungkinan terkait dengan risiko awalnya.

Dengan kata lain, wabah yang memiliki tingkat serangan lebih tinggi memiliki lebih banyak peluang dan risiko untuk menginfeksi seseorang.

Itulah serba-serbi cara menggunakan masker yang tepat demi memproteksi kesehatan diri.

Artikel Terkait