KELUARGA
19 Mei 2020

5 Cara Menghadapi Pandemi COVID-19 Menurut Islam, Sudah Diterapkan?

Sudahkan kita menerapkan perilaku yang bijaksana untuk menghadapi pandemi COVID-19 menurut ajaran Islam?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Semakin lama, pandemi ini justru semakin memengaruhi kehidupan manusia. Banyak orang yang khawatir bagaimana dapat bertahan hidup selama pandemi ini.

Setiap orang berusaha yang terbaik untuk mencegah penularan, termasuk seorang muslim. Namun seperti apa sebaiknya seorang muslim bersikap untuk menghadapi pandemi COVID-19?

Baca Juga: 6 Dampak Negatif Perceraian pada Anak Menurut Islam, Catat!

Cara Menghadapi Pandemi COVID-19 Menurut Islam

menghadapi pandemi covid

Semua muslim tahu bahwa hanya Allah SWT yang dapat memutuskan hidup dan mati hambaNya. Mereka tidak salah tentang ini, kan? Namun setidaknya kita mencoba yang terbaik untuk bertahan hidup, dan Allah SWT mencintai mereka yang berjuang dalam sesuatu.

Dari Al-Qur'an surah An-Nahl ayat 78, membuktikan bahwa Allah SWT memiliki satu-satunya kekuatan atas kematian dan kehidupan.

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

"Dan Allah menarikmu keluar dari rahim ibumu tanpa mengetahui apa-apa, dan Dia membuatkan untukmu pendengaran, penglihatan, dan kecerdasan yang mungkin kau syukuri."

Dari ayat tersebut, umat Islam harus tahu bahwa sebagai manusia mereka diberikan pendengaran, penglihatan, dan kecerdasan. Artinya, untuk menghadapi pandemi ini, setiap muslim harus menggunakan ilmunya dengan bijak.

Sebagaimana umat Islam menjalani kehidupan sehari-hari, berikut beberapa perilaku bijaksana seorang muslim untuk menghadapi pandemi COVID-19 seperti dilansir dari AZIslam.

1. Selalu Percaya kepada Allah

Setiap muslim selalu percaya bahwa Allah SWT tidak memberikan kesulitan di atas kemampuan umat-Nya. Jadi, dalam kondisi seperti ini kepercayaan kepada Allah SWT akan selalu membimbing umat-Nya.

Seperti yang dikatakan dalam Al-Quran surh At-Taubah ayat 52, "Katakan: Tidak ada yang akan menimpa kita kecuali apa yang Allah putuskan untuk kita."

Pandemi yang sedang dialami ini tidaklah lepas dari kehendak Allah, karena itu, percaya bahwa Allah akan mendatangkan hal baik setelah ujian ini harus diimani oleh setiap muslim.

2. Sabar dan Ikhlas Menerima Keadaan

Sebagai manusia biasa, terkadang memang sulit untuk menerima dan ikhlas saat Allah menguji dengan keadaan yang sulit seperti saat ini. Namun, berperilaku sabar dan ikhlas adalah dua hal yang bijaksana untuk dilakukan seorang muslim.

Di sinilah akan tampak kadar keimanan seorang muslim. Seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 177:

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.”

Baca Juga: 7 Langkah Melatih Anak Berpuasa Menurut Islam, Coba Yuk!

3. Bersyukur

Meski banyak orang berada dalam keadaan sulit saat pandemi, tetap bersyukur atas keadaan yang dimiliki. Melalui syukur, kita dapat merasakan kenikmatan yang Allah beri meski dalam keadaan sulit.

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152)

4. Menjalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Terlepas dari keadaan pandemi, Allah juga menyukai seorang umat-Nya yang menjaga kebersihan dan kesehatan. Sesederhana berwudhu sebelum shalat, mandi, dan membersihkan pakaian.

Perilaku hidup bersih dan sehat ini akan menghindarkan kita dari penyakit. Sebagaimana dikatakan dalam surah Al-Maidah ayat 6.

Diriwayatkan dari Sa'ad bin Al-Musayyib dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda:

"Sesungguhnya Allah swt. itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mahaindah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. Dan jangan meniru orang-orang Yahudi." (HR. Tirmizi).

5. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa didapatkan dari pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang begizi.

Dalam ayat Alquran Al Baqarah, 172-173, setiap Muslim diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Mereka harus melakukan kebiasaan ini untuk menjaga tubuh tetap sehat.

"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepadaNya." (QS. Al-aqarah: 172)

Baca Juga: 8 Tips Membangun Keluarga Harmonis menurut Islam, Yuk Coba!

Itulah 5 perilaku bijaksana untuk menghadapi pandemi COVID-19 menurut Islam. Selain lima hal di atas, jangan lupa untuk mematuhi aturan yang ditatapkan pemerintah dan tenaga kesehatan. Semata-mata untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Artikel Terkait