BALITA DAN ANAK
10 Agustus 2020

15 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi, Ampuh Banget!

Gunakan bahan alami agar noda hitam cepat pudar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang meninggalkan noda hitam memang bukan suatu keharusan, tapi kalau terus dibiarkan kulit Si Kecil bisa jadi tampak kurang sehat dan tidak terawat.

Karena itu, Moms juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi.

Moms juga harus tahu dulu nih, kalau noda hitam bekas gigitan nyamuk sebenarnya adalah hiperpigmentasi pascainflamasi atau post-inflammation hyperpigmentation yang terjadi akibat reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap racun dalam air liur nyamuk.

Saat tubuh melepaskan senyawa kimia, terkadang melanosit atau sel penghasil melanin ikut terstimulasi sehingga menimbulkan noda hitam di area bekas gigitan.

Selain itu, histamin yang dilepaskan tubuh juga akan melebarkan pembuluh darah sehingga area sekitar bekas gigitan terlihat memerah.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Gigitan Nyamuk Bagi Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Supaya noda hitam bekas gigitan nyamuk bisa cepat hilang dan kulit Si Kecil kembali terlihat bersih, coba ikuti beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang alami di bawah ini yuk, Moms.

1. Gel Lidah Buaya

3 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Balita 1.jpg

Foto: freepik.com

Sebuah studi yang dilansir dalam jurnal Planta Medica mengungkap kalau jel lidah buaya juga bisa membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Lidah buaya ternyata mengandung senyawa bernama aloin, yang memiliki khasiat alami untuk meredakan hiperpigmentasi pasca-inflamasi seperti noda hitam bekas gigitan nyamuk.

Setiap hari sebelum tidur, oleskan gel lidah buaya di area kulit bekas gigitan nyamuk. Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih saat mandi pagi. Lakukan secara konsisten sampai noda memudar dan hilang.

Supaya lebih efektif, gel lidah buaya yang digunakan sebaiknya berasal dari tanaman asli dan bukan produk pabrikan yang sudah mengandung campuran bahan lain ya, Moms.

2. Kantung Teh Hijau

3 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Balita 2.jpg

Foto: freepik.com

Jangan buang kantung teh hijau celup yang sudah dipakai, karena teh hijau rupanya memiliki khasiat depigmentasi alami saat digunakan langsung pada kulit, dan bisa menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi.

Untuk menggunakannya, seduh kantung teh hijau dengan air panas, lalu diamkan selama 3 sampai 5 menit. Setelah itu angkat kantung teh hijau dan sisihkan sampai dingin.

Kalau sudah dingin, gosokkan kantung teh hijau di area bekas gigitan nyamuk. Moms bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Pasta Kunyit dan Susu

3 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Balita 3.jpg

Foto: freepik.com

Kandungan curcumin dalam kunyit bisa mengurangi noda hitam di kulit dalam waktu empat minggu. Selain itu, susu juga mengandung asam laktat yang memiliki khasiat mencerahkan kulit secara alami.

Moms bisa membuat pasta kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dan susu dengan perbandingan 1:2 di dalam panci kecil. Kemudian jerang dengan api sedang hingga semua bahan tercampur dan bertekstur seperti pasta.

Setelah dingin, Moms bisa oleskan pasta kunyit dan susu ke area kulit bekas gigitan nyamuk sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang alami.

Supaya pasta kunyit tidak menodai kain dan pakaian, oleskan dengan hati-hati lalu tutupi dengan tisu tebal ya, Moms.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Membandel

4. Oatmeal

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan oatmeal. Satu obat untuk menghilangkan gigitan nyamuk pada Si Kecil adalah sarapan favorit keluarga, oatmeal.

Dikutip dari Archive of Dermatology Research, oatmeal dapat meredakan gatal dan bengkak karena mengandung senyawa khusus yang memiliki kualitas anti-iritasi.

Buat pasta oatmeal dengan mencampur oatmeal dan air dalam jumlah yang sama hingga mendapat konsistensi mirip pasta gigi. Sendokkan beberapa pasta ke waslap dan tahan, sisipkan ke bawah, pada kulit yang teriritasi selama sekitar 10 menit. Lalu bersihkan area tersebut.

Jika Si Kecil punya banyak gigitan nyamuk, cobalah mandikan dengan oatmeal sebagai gantinya. Taburkan 1 cangkir oatmeal atau oat giling ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Rendam dalam rendaman oatmeal selama 20 menit, sesekali oleskan oatmeal yang tidak rata ke area kulit yang teriritasi.

5. Es yang Dihancurkan

01 TERAPI KOMPRES - sumber clevelandclinic.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan es yang dihancurkan.

Suhu dingin dan es dapat mengurangi peradangan. Rasa dingin juga membuat kulit mati rasa, yang dapat memberi Si Kecil bantuan segera tetapi jangka pendek.

Mayo Clinic merekomendasikan untuk menggunakan kompres dingin atau kantong berisi es yang dihancurkan untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Jangan meninggalkan es langsung pada bekas gigitan selama lebih dari lima menit karena dapat merusak kulit. Moms juga bisa meletakkan penghalang, seperti waslap, di antara kulit dan es sehingga bisa dapat meninggalkan es lebih lama.

6. Madu

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan madu. Zat manis satuini adalah pilihan umum di kalangan penggemar obat rumah karena memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Madu telah digunakan selama ratusan tahun sebagai pengobatan untuk penyakit seperti sakit tenggorokan hingga benjolan dan memar. Setetes kecil pada gigitan gatal dapat mengurangi peradangan.

7. Baking Soda

Baking soda .jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan baking soda.

Ditemukan di hampir setiap dapur, baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membuat roti hingga membersihkan saluran air. Selain dikenal sebagai natrium bikarbonat, baking soda juga dapat meredakan gigitan nyamuk lho Moms.

Sangat mudah untuk membuat pasta baking soda dan Moms dapat menggunakannya dengan cara yang mirip dengan pasta oatmeal.

Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pada gigitan serangga, dan diamkan selama 10 menit sebelum dicuci. Jika iritasi kulit terjadi, hentikan perawatan ini.

Baca Juga: 6 Tips Mengurangi Bayi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

8. Basil

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan basil. Tanaman basil yang harum adalah bahan utama dari banyak resep Italia favorit keluarga.

Tetapi ternyata, basil juga berfungsi ganda sebagai obat gigitan nyamuk. Sebuah studi menyarankan bahwa senyawa kimia yang disebut eugenol, yang ditemukan dalam kemangi, dapat meringankan kulit gatal.

Untuk membuat basil gosok, rebus 2 gelas air dan tambahkan setengah ons daun kemangi kering. Biarkan campuran menjadi rendaman sampai dingin. Kemudian celupkan waslap ke dalam cairan, dan gosokkan dengan lembut pada gigitan nyamuk Si Kecil.

Sebagai alternatif, Moms juga dapat memotong daun kemangi segar hingga sangat halus, dan gosokkan ke kulit.

9. Cuka

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan cuka

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan cuka.

Dikutip dari Medscape General Medicine, selama berabad-abad, cuka sari apel telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati banyak kondisi medis, dari infeksi hingga masalah glukosa darah.

Jika Si Kecil mengalami gigitan nyamuk yang gatal, oleskan setetes cuka padanya. Cuka dapat membantu mengurangi sensasi menyengat dan membakar. Ini juga dapat bertindak sebagai disinfektan alami jika Si Kecil terlalu sering menggaruk.

Jika iritasi kulit terjadi, hentikan perawatan ini.

10. Bawang Merah

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan bawang merah. Bawang tidak hanya bisa membuat mata berkaca-kaca lho, bawang juga bisa melegakan gigitan nyamuk.

Sari bawang, yang keluar dari umbi yang baru dipotong, dapat mengurangi sengatan dan iritasi gigitan. Bawang juga memiliki sifat antijamur alami yang dapat mengurangi risiko infeksi.

Iris bawang dan oleskan langsung ke gigitan selama beberapa menit. Bilas dan cuci area tersebut dengan baik setelah Moms mengangkat bawang.

11. Thyme

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Daun mungil dari tanaman thyme biasanya digunakan untuk masakan kentang, ikan, dan banyak lagi. Tetapi, tanaman ini juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang alami.

Thyme juga dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Thyme memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan infeksi kulit di sekitar gigitan nyamuk.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari thyme, cincang halus daunnya. Moms bisa mengoleskan daun langsung ke gigitan Si Kecil, dan diamkan selama 10 menit.

Moms juga bisa membuat cairan pekat dengan mendidihkan air dan menambahkan beberapa batang thyme. Biarkan rendaman sampai air mendingin. Kemudian celupkan waslap ke dalam air infus thyme dan oleskan ke gigitan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 4 Waktu Paling Rentan Bagi Balita Terkena Gigitan Nyamuk

12. Lemon Balm

lemons-can-be-healthful-and-refreshing.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi bisa dengan lemon balm. Lemon balm adalah tanaman berdaun yang mirip dengan mint.

Dikutip dari Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects, ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan alami yang menenangkan untuk segala hal mulai dari kecemasan hingga sakit perut.

Untuk gigitan nyamuk, Moms dapat mengoleskan daun cincang halus langsung ke gigitan, atau juga dapat membeli minyak esensial lemon balm.

Lemon balm mengandung tanin, zat alami. Selain itu, lemon balm mengandung polifenol. Bersama-sama, senyawa alami ini meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi risiko infeksi.

13. Witch Hazel

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi-witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi selanjutnya adalah dengan witch hazel. Witch hazel adalah astrigen alami yang dapat dibeli di apotek dan toko bahan makanan.

Seperti lemon balm, witch hazel mengandung tanin, yang bertindak sebagai zat ketika diterapkan pada kulit.

Digunakan sendiri, witch hazel bermanfaat untuk sejumlah iritasi kulit, mulai dari luka kecil dan goresan hingga wasir. Mengoleskan witch hazel ke kulit bisa mengurangi peradangan, menenangkan rasa terbakar dan iritasi yang disebabkan gigitan, dan dapat mempercepat penyembuhan.

Oleskan sedikit witch hazel ke bola kapas. Oleskan dengan lembut atau usap di atas gigitan. Biarkan sampai kering. Ulangi ini sesuai kebutuhan.

14. Teh Chamomile

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya nikmat dan menenangkan, teh chamomile bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi.

Chamomile, yang merupakan anggota keluarga daisy, adalah obat alami umum untuk banyak penyakit. Saat dioleskan ke kulit, teh bisa mengurangi peradangan, meredakan iritasi kulit, dan mempercepat penyembuhan.

Rendam kantong teh yang diisi dengan bunga kering yang dihancurkan dalam air dalam lemari es selama 30 menit. Kemudian peras kelebihan air dari kantong teh, dan oleskan langsung ke gigitan nyamuk.

Biarkan selama 10 menit. Bersihkan area tersebut dengan lap basah. Moms dapat mendinginkan kantong teh di lemari es untuk aplikasi tambahan nanti.

15. Bawang Putih

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi-bawang putih

Foto: Orami Photo Stock

Terkhir, ada bawang putih yang bisa menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi secara alami. Bawang putih adalah obat alami yang terkenal untuk kondisi dari penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.

Sementara perawatan yang lebih konvensional mungkin lebih disukai untuk kondisi serius, sedikit bawang putih yang dioleskan pada gigitan serangga yang menjengkelkan adalah pengobatan rumah yang mudah untuk gigitan nyamuk.

Tetapi sebelum Moms mengiris bawang putih dan mengoleskannya pada gigitan nyamuk, ketahuilah bahwa mengoleskan bawang putih langsung ke luka atau gigitan kulit dapat menyebabkan rasa terbakar dan menyengat.

Cincang bawang putih segar dan aduk dengan losion tanpa aroma atau minyak kelapa suhu ruangan. Salep dan krim ini akan membantu mengurangi potensi bawang putih tetapi masih memungkinkan untuk mendapatkan manfaat dari efek anti-inflamasi dan antibakteri alami bawang putih.

Biarkan campuran selama 10 menit, lalu bersihkan dari kulit. Bersihkan area tersebut dengan handuk dingin. Oleskan lebih banyak nanti jika gatalnya masih ada.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Gigitan Nyamuk Bagi Bayi

Berbagai cara alami di atas memang bisa membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk, tapi hasilnya tetap tidak seketika. Yang terpenting, lakukan secara konsisten sampai noda hitam pudar dan hilang.

Apa Moms pernah mencoba cara lain untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit Si Kecil?

Artikel Terkait