NEWBORN
11 Maret 2020

4 Cara Menghilangkan Cegukan Bayi, Efektif!

Menyendawakan bayi bisa membantu menghilangkan cegukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Jedi Satu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Nama kerennya hiccup! Tapi, apapun namanya, bayi cegukan jelas membuat orangtua khawatir. Semua pasti ingin tahu apa penyebabnya? Dan, bagaimana pula cara mengatasinya.

Santai Moms, ada beberapa cara yang bisa mengurangi bayi cegukan. Tapi, kita harus tahu dulu, apa sebenarnya penyebab cegukan.

“Cegukan pada bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan pita suara yang cepat. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan,” kata Janice Heard, dokter anak komunitas di Calgary dan anggota Komite Penasihat Pendidikan Publik Masyarakat Kanada.

Cara Menghilangkan Cegukan Bayi

Kita saja yang dewasa sering merasa tidak nyaman saat cegukan. Pasti, bayi juga merasa hal yang sama! Jadi, bagaimana ya cara menghilangkan cegukan pada bayi? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 5 Mitos dan Fakta Cegukan

1. Sendawa

Jika Bayi Tidak Bersendawa, Lakukan 6 Hal Ini 03.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Membuat bayi bersendawa dapat membantu menghilangkan cegukan, karena bersendawa dapat menghilangkan kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan.

“Caranya, gosok atau tepuk lembut bagian belakang bayi Anda ketika ia mengalami cegukan, namun jangan menekan punggung bayi terlalu keras,” ucap Dr Heard.

Menurut American Academy of Pediatrics, Moms sebaiknya menyendawakan bayi setelah bayi menyusu. Jika Moms menyusui langsung, sendawakan bayi sebelum menyusu pada payudara lainnya.

Baca Juga: Balita Cegukan? Bantu Hentikan Dengan 6 Cara Alami Ini

2. Dot dan Empeng

cara menghilangkan cegukan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Cegukan pada bayi tidak selalu terjadi akibat menyusui. Ketikasi kecil mulai cegukan dengan sendirinya, coba biarkan mereka mengisap dot atau empeng.

Cara ini akan membantu relaksasi diafragma dan dapat membantu menghentikan cegukan.

3. Diamkan

cara menghilangkan cegukan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Umumnya sih Moms, cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya. Jika cegukan tidak mengganggu bayi, maka kita bisa membiarkan cegukan tersebut sampai berhenti sendiri.

4. Air Putih

Bahaya Bayi Minum Air Putih, Yuk Disimak!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Si Kecil merasa tidak nyaman karena cegukannya, maka bisa jugaberi mereka air minum. Tapi, buat yang usianya masih 6 bulan, baiknya langsung disusui saja.

Oh iya Moms, ada beberapa cara membantu mencegah cegukan pada bayi. Namun, agak sulit menjalankannya. Karena, memang tak ada penyebab pasti kenapa cegukan terjadi. Tapi, enggak ada salahnya kan dicoba?

“Pastikan bayi Anda tenang saat Anda memberinya makan. Jangan tunggu sampai dia sangat lapar dan menangis,” kata Dr Heard. Ini meminimalisir masuknya udara ke perut.

Lantas, setelah menyusui, hindari aktivitas berat dengan Si Kecil. Semisal mengayunnya ke atas dan ke bawah atau bermain yang menghabiskan energi tinggi.

“Jaga bayi Anda dalam posisi tegak selama 20 hingga 30 menit setelah makan. Biasanya ini cukup ampuh mencegah cegukan terjadi,” kata Dr Heard.

Baca Juga: Apa Penyebab Bayi Cegukan?

Artikel Terkait