KESEHATAN
31 Oktober 2020

9 Cara Menghilangkan Lemak di Leher, Moms Perlu Tahu

Double chin, berikut ini cara menghilangkan lemak di leher!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Dina Vionetta

Lemak yang menumpuk di tubuh akan menyebabkan bentuk badan yang berbeda. Misalnya, perut yang membuncit, paha yang membesar, atau wajah yang terlihat membengkak. Hal ini bisa terjadi karena lemak yang menumpuk di sekitar area leher. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Perlu Moms pahami, kita tidak akan bisa untuk menghilangkan lemak pada area tubuh secara spesifik. Jika Moms melakukan jenis diet tertentu, Moms tidak mungkin hanya berfokus pada lemak pada area wajah atau leher saja.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Leher dan Rahang, Moms Perlu Tahu!

“Pengurangan lemak pada titik tertentu tubuh tidak akan berfungsi. Kebugaran secara keseluruhan, bukan kelelahan otot kecil, adalah faktor penentu yang lebih kuat dari efektivitas pembakaran lemak tubuh,” ungkap Chris McGrath, pendiri dari Movement First.

Menghilangkan Lemak di Leher

Jadi, gimana cara menghilangkan lemak di leher? Langkahnya sama dengan cara menghilangkan lemak di seluruh tubuh. Namun, ada beberapa latihan yang bisa Moms ikuti untuk bisa melatih otot agar lebih baik lagi. Caranya yaitu dengan:

1. Defisit Kalori

defisit kalori

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Yale Scientific Magazine, beberapa alasan fisiologis mengapa pengurangan lemak pada area tubuh yang spesifik tidak akan berhasil. Lemak yang terkandung dalam sel lemak ada dalam bentuk yang dikenal sebagai trigliserida. Namun, sel otot tidak dapat secara langsung menggunakan trigliserida sebagai bahan bakar.

Kondisi ini dianalogikan dengan mencoba menjalankan mobil dengan minyak mentah. Sebaliknya, lemak harus dipecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas, yang kemudian masuk ke aliran darah.

Jadi, cara menghilangkan lemak di leher yang bisa Moms lakukan adalah dengan menurunkan berat badan berlebih. Cara menurunkan berat badan yang sampai sejauh ini masih efektif yaitu defisit kalori.

Jika Moms mengurangi asupan kalori harian sekitar 500 kalori akan menghasilkan sekitar 0,5 kg penurunan berat badan per minggu. Seiring waktu, penurunan berat badan yang konsisten ini menghasilkan lebih sedikit lemak secara keseluruhan. Nah, leher dan wajah sering menjadi beberapa area yang paling terlihat jelas akan melihat penurunannya.

Penurunan berat badan secara keseluruhan adalah langkah pertama sebagai cara menghilangkan lemak di leher. Namun, pastikan Moms menjalani pola makan yang tetap baik. Jangan sampai diet ketat membuat Moms kelaparan karena hal ini bisa merusak metabolisme tubuh.

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

2. Jaga Hidrasi Tubuh

jaga hidrasi tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan lemak di leher berikutnya yaitu dengan menjaga hidrasi tubuh. Apa maksudnya? Dilansir dari laman EFM Health Clubs, air berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Air membantu sistem tubuh berfungsi dengan baik, dan membantu menawarkan perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit.

Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak kendur atau tampak kendur. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya dua liter air sehari, atau lebih ketika Moms banyak berkeringat atau berolahraga. Minum banyak air juga membantu mengontrol nafsu makan, yang akhirnya juga membantu Moms menurunkan berat badan. Nah, akhirnya ini bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher belakang atau leher dagu.

3. Rutin Melakukan Peregangan Leher

rutin melakukan peregangan di leher

Foto: freepik.com

Ingin tahu cara menghilangkan lemak di leher belakang? Nah, Moms bisa melakukan peregangan leher secara teratur. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer memengaruhi postur tubuh.

Masalah umum adalah bahu dan punggung membulat, kepala berkerut, dan leher menonjol ke depan. Dengan melakukan latihan peregangan leher, Moms dapat memanjangkan otot leher dan melawan postur tubuh yang membuat leher belakang menjadi gemuk.

Bagaimana cara melakukannya? Mulailah dengan duduk tegak di kursi. Saat menghembuskan napas, tarik kepala Moms dengan lembut, tarik kembali dengan gerakan seperti kura-kura. Turunkan dagu ke dada, regangkan otot di belakang leher.

Tarik napas dan angkat kepala Moms, tarik dagu ke atas untuk meregangkan otot leher depan. Lakukan tiga repetisi dengan menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara perlahan. Cara untuk meregangkan otot di sisi leher, Moms bisa memutar kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Lakukan peregangan ini setiap hari, maka bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher belakang.

Baca Juga: 9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

4. Latihan Mengencangkan Leher

latihan mengencangkan otot

Foto: freepik.com

Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh wanita adalah lemak di leher dagu yang menumpuk. Hal ini menyebabkan wajah terlihat lebih tembem, atau yang dikenal dengan double chin. Nah, cara untuk menghilangkan lemak di leher dagu bisa dengan latihan mengencangkan leher.

Latihan yang ditargetkan pada area leher dapat mengencangkan otot yang bertanggung jawab untuk menekuk, meregangkan, dan memutar kepala. Otot-otot ini termasuk sternokleidomastoid, dan splenius, semispinalis, spinalis, dan longissimus capitis. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Nah, coba Moms dorong dahi dengan tangan dan dorong kepala ke depan. Memutar kepala dari satu sisi ke sisi lainnya, dan memiringkan kepala ke depan dan belakang, dan dari sisi ke sisi, juga menjadi latihan yang efektif. Lakukan 5-10 repetisi dan tiga set untuk setiap latihan.

5. Latihan Kardio

latihan kardio

Foto: Orami Photo Stock

Masih menjadi olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan, latihan kardio juga mampu menjadi cara menghilangkan lemak di leher, lho, Moms! Menurut American Council on Exercise, Moms membutuhkan defisit kalori sekitar 500 kalori per hari untuk membakar satu pon lemak per minggu.

Nah, satu jam per hari latihan kardiovaskular, seperti bersepeda, jogging, lari, jalan cepat, berenang, HIIT, jumping rope, naik tangga atau lari treadmill, juga dapat membantu membakar kalori lebih efektif. Jika Moms meningkatkan intensitas sesi latihan dengan melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi, maka Moms dapat mempersingkat durasi latihan pembakaran lemak. Jadi, sebaiknya tetap sesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing, ya!

Baca Juga: 5 Ide Olahraga di Rumah ala Jennifer Bachdim, Patut Dicoba

6. Latihan Menambah Massa Otot

latihan menambah massa otot

Foto: Orami Photo Stock

Selain latihan kardio, sebaiknya Moms fokuskan juga latihan untuk menambah massa otot atau latihan kekuatan. Hal ini untuk mencegah hilangnya jaringan otot dan meningkatkan massa otot. Latihan ini mampu mendorong penurunan berat badan, karena otot menopang dirinya sendiri dengan menggunakan banyak kalori.

Dengan menambah massa otot, Moms juga meningkatkan metabolisme tubuh yang akan meningkat membakar kalori sepanjang hari. Secara tidak langsung, latihan ini juga menjadi cara untuk menghilangkan lemak di leher.

Coba lakukan latihan otot besar dua kali seminggu untuk hasil yang optimal. Lakukan latihan gabungan, seperti push-up, bench press, dan deadlift. Juga termasuk latihan kombinasi, seperti lunge dengan side laterals, step-up dengan front raises, dan squat dengan overhead press.

7. Selalu Pakai Sunscreen

selalu pakai sunscreen

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms masih jarang memakai sunscreen, kini waktunya untuk rutin memakainya setiap hari. Mengapa memakai sunscreen menjadi penting? Terkadang leher bisa terlihat tidak menarik karena kulit mulai mengendur. Nah, sunscreen dapat membantu mencegah dan mengencangkan kulit.

Maka, secara tidak langsung sunscreen dapat menjadi cara untuk menghilangkan lemak di leher. Moms bisa mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih dengan keterangan broad-spectrum, yang artinya bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Selain itu, penting untuk mengoleskannya kembali setiap 2 jam, terutama ketika Moms sedang melakukan aktivitas yang berat di luar ruangan. Moms juga sebaiknya menggunakan topi, payung untuk perlindungan ekstra.

8. Tambah Asupan Protein

Tambah Asupan Protein

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sedang menurunkan berat badan dan ingin menghilangkan lemak di leher, coba tambah asupan protein. Sebaiknya, pilih protein tanpa lemak karena bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nutrisi lain, seperti karbohidrat.

Pastikan untuk memasukkan satu porsi protein ke setiap makanan atau camilan. Ukuran porsi bisa seukuran setumpuk kartu. Contoh protein tanpa lemak termasuk produk susu rendah lemak, daging sapi tanpa lemak, telur, ayam, kacang-kacangan, tahu, dan makanan laut. Sebagai tambahan, Moms juga bisa minum susu whey protein untuk menambah asupan protein dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

9. Mengunyah Permen Karet

mengunyah permen karet

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, bahwa mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang sederhana dan efektif untuk menghilangkan lemak di wajah, termasuk di leher. Ketika Moms mengunyah permen karet berulang kali, maka Moms melatih otot wajah dan dagu dalam gerakan berulang sehingga mampu menghilangkan lemak berlebih.

Nah, hal ini juga membuat dagu terangkat dan memperkuat otot rahang. Namun, Moms tetap memerhatikan bahwa permen karet mengandung gula sehingga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Konsumsi gula berlebih justru akan membuat berat badan mudah naik.

Itulah beberapa cara menghilangkan lemak di leher yang bisa Moms coba. Bye-bye, double chin!

Artikel Terkait