PASCA MELAHIRKAN
13 Maret 2020

Ini Cara Menghilangkan Melasma setelah Melahirkan, Bisa Dicoba!

Melasma bisa dihilangkan dengan obat-obatan khusus atau perawatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbicara tentang melasma, masalah kulit ini memang umumnya terjadi pada wanita. American Academy of Dermatology mengungkapkan, melasma lebih sering muncul pada kulit wanita.

Sedangkan pada pria, hanya sekitar 10 persen orang yang mengalaminya. Berbagai faktor penyebab bisa membuat wanita mengalami melasma, salah satunya wanita hamil dan setelah melahirkan.

Melasma dapat muncul di berbagai bagian wajah, seperti pipi, dahi, dagu, dan bibir atas. Tidak dapat dipungkiri, saat hamil Moms akan mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah melasma.

Untuk itu, ketahui cara efektif untuk menghilangkan melasma. Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Freckles, Melasma, dan Flek Hitam

Penyebab Melasma setelah Melahirkan

Usai Melahirkan, Ini Cara Hilangkan Melasma-1.jpg

Foto: allparenting.com

American Pregnancy Association menyebut melasma juga sebagai topeng kehamilan. Melasma menyebabkan bintik-bintik gelap yang muncul di wajah karena peningkatan pigmentasi kulit.

Nah, bagi wanita yang hamil dan melahirkan, penyebab melasma tidak terlepas dari lebih banyak hormon yang dihasilkan. Hampir 50 persen ibu hamil pernah menunjukkan gejala melasma atau topeng kehamilan.

“Hormon merangsang produksi melanosit atau sel-sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen. Nah, terlalu banyak melanosit dapat membuat terjadinya melasma,” ungkap Melanie Grant, ahli kulit dari Australia.

Selain muncul saat hamil dan usai melahirkan, faktor penyebab melasma lainnya ketika menjalani terapi penggantian hormon atau mengonsumsi pil KB.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menyebabkan melasma. Tidak hanya itu, penggunaan produk perawatan wajah yang salah juga dapat memperparah gejala melasma yang ada.

“Melasma dapat dimulai selama kehamilan, namun kemungkinan besar dapat sembuh sendiri dalam waktu tiga hingga enam bulan setelah melahirkan. Jika mengalami melasma pada kehamilan pertama, maka kemungkinan melasma juga akan muncul pada kehamilan berikutnya,” lanjut Melanie.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat Pil KB

Cara Menghilangkan Melasma dengan Obat

Usai Melahirkan, Ini Cara Hilangkan Melasma-2.jpg

Foto: hellomagazine.com

Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, mungkin Moms merasa tidak nyaman dengan kondisi wajah yang memiliki melasma. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala melasma.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, penggunaan obat-obatan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala melasma. Hydroquinone, bisa menjadi pengobatan pertama yang umum untuk melasma.

Obat ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, biasanya berbentuk krim, losion, gel atau cairan.

Jika pengobatan yang disesuaikan dengan resep dokter, biasanya Moms dapat diberikan tretinoin dan kortikosteroid. Obat-obatan ini biasanya berbentuk krim.

Atau menggunakan obat topikal lainnya seperti asam azelaic atau asam kojic untuk membantu meringankan melasma. Itulah beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala melasma.

Baca Juga: Penyebab Flek Hitam Saat Hamil, Kondisi Kulit yang Umum Terjadi pada Ibu Hamil

Cara Menghilangkan Melasma dengan Prosedur Kecantikan

Usai Melahirkan, Ini Cara Hilangkan Melasma-3.jpg

Foto: verywellhealth.com

Nah, bagaimana apabila sudah memakai jenis obat-obatan tertentu namun melasma tidak kunjung menghilang? Nyatanya, beberapa prosedur kecantikan bisa dilakukan, seperti mikrodermabrasi, dermabrasi, perawatan laser, atau prosedur berbasis cahaya.

Namun, cara menghilangkan melasma dengan melakukan berbagai perawatan tersebut harus Moms konsultasikan dengan dokter terlebih dulu, ya!

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi melasma. Moms juga bisa melakukan upaya untuk mencegah gejala melasma semakin parah, seperti memakai sunscreen setiap hari, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, serta pakai pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan yang keras.

Selama proses menyusui, semoga kesehatan kulit Moms selalu terjaga dan kepercayaan diri dapat dijaga dengan baik!

Artikel Terkait