NEWBORN
11 Februari 2020

4 Cara Cepat Mengilangkan Bekas Ruam Popok

Selain menyakitkan, ruam popok akan meninggalkan bekas luka sehingga perlu cara menghilangkannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Berurusan dengan ruam popok merupakan salah satu drama yang akan dilalui bagi sebagian orang tua.

Saat ruam popok menerpa, baik Moms dan Dads merasa perasaan yang terburuk terutama melihat Si Kecil tidak nyaman atau kesakitan.

American Academy of Pediatrics menyebutkan beberapa penyebab ruam popok di antaranya:

  • Iritasi
  • Infeksi jamur
  • Bakteri
  • Alergi
  • Dermatitis seboroik

“Bahkan, ketika Si kecil memulai makanan baru yang dapat merubah bentuk serta frekuensi dari feses, lalu menyebabkan ruam popok. Tak lupa diare pun membuat ruam popok yang ada menjadi lebih buruk.,” ucap dokter anak dari International Medical Clinic, Dr. Hamilton.

Baca Juga: 5 Buah Terbaik untuk MPASI Pertama Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Ruam Popok

Setelah itu, bagaimana cara menghilangkan bekas ruam popok yang tentunya masih menyisakan rasa sakit?

1. Oleskan ASI

ASI

Cara menghilangkan bekas ruam popok yang pertama sangat mudah, yakni menggunakan ASI.

Penelitian berjudul Assessment Effect of Breast Milk on Diaper Dermatitis, menunjukkan bahwa pemberian ASI pada ruam popok merupakan pengobatan yang efektif dan aman serta menghilangkan bekas secara cepat.

2. Bunga Calendula dan Lidah Buaya

3117 cut aloe vera stone bowl 1200x628 facebook

Bila Moms ingin menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas ruam popok, coba bunga calendula atau lidah buaya.

Sebuah studi yang membandingkan lidah buaya dan bunga calendula dalam pengobatan ruam popok pada anak-anak menemukan masing-masing dari pengobatan tersebut amat efektif untuk mengatasi ruam popok serta bekasnya.

Baca Juga: Moms, Ini 6 Aktivitas untuk Perkembangan Bayi 4 Bulan

3. Penggunaan Baking Soda

baking-soda-for-bath-in-wooden-bowl-with-wooden-spoon.jpg

Tak ada salahnya menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas ruam popok. Caranya, campurkan satu sendok baking soda dengan 3 sendok makan air dingin dan aduk dalam mangkuk.

Gunakan langsung ke kulit tapi jangan lupa untuk cek konsistensi dari pasta baking soda ini.

Setelah dioleskan ke kulit maka biarkan mengendap dan kering selama 5 menit. Jangan menggosok dengan agresif tapi bilaslah dengan sangat lembut menggunakan air dingin.

4. Lepas Popok Secara Berkala

mengistirahatkan bayi dari popok

Penulis serta pendiri Calabasas Pediatrics Wellnes Center, Tanya Altman, MD, FAAP, menyarankan untuk membiarkan Si Kecil berkegiatan tanpa popok selama beberapa jam setiap hari untuk memberikan kulit yang teriritasi kesempatan untuk kering serta bernapas.

“Hal ini mudah dilakukan jika Anda meletakkan bayi di tempat tidur dengan kain anti air atau handuk besar di lantai. Ruam popok sendiri biasanya akan hilang dalam 2 hingga 3 hari dengan perawatan ini,” ucapnya.

Baca Juga: Catat! Ini 9 Jadwal Imunisasi Bayi Tambahan dan Manfaatnya

Nah, untuk menghindari ruam popok, ada baiknya Moms menghentikan penggunaan produk yang sangat wangi, termasuk pelembut kain. Pilihlah yang hipoalergenik, dan bebas pewangi .

Menurut dokter anak, Karen Gill, MD, Moms pun harus menahan diri tidak menggunakan bedak bayi pada Si kecil terutama di daerah yang terkena ruam popok. ”Bedak selain membahayakan paru-paru bayi bisa juga memperparah ruam,” tuturnya.

Terakhir, hubungi dokter jika ruam popok memburuk walaupun sudah mengandalkan perawatan di rumah, atau bila ruam tersebut disertai dengan demam.

Artikel Terkait