KESEHATAN
23 Maret 2020

5 Cara Mengobati Eksim Paling Efektif

Ternyata, pelembab salah satu cara mengobatinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Jedi Satu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, eksim adalah penyakit jangka panjang. Maksudnya, penyakit ini kambuhan. Meski sudah sembuh, eksim sangat mungkin kambuh kembali.

“Karena kondisi ini, obat eksim berfungsi untuk meredakan gejala eksim, bukan mengobati secara total,” kata Cynthia Bailey, M.D., duta dari American Board of Dermatology dan presiden dan CEO Advanced Skin Care and Dermatology Inc.

Yang menyebabkan eksim pun beragam. Namun, umumnya eksim menyerang pemilik kulit kering dan sensitif. Jangan heran, jika eksim sering menyerang bayi dan anak-anak yang memang memiliki kulit sensitif. Tapi, ada juga orang dewasa yang bisa terkena eksim.

Cara Mengatasi Eksim

Moms, eksim bisa diatasi dengan obat. Ada beberapa jenis obat yang dipercaya ampuh untuk mengatasi eksim dan sering diresepkan oleh dokter. Yuk kita cari tahu cara mengobati eksim di bawah ini!

Baca Juga: Yuk Kenali Gejala Eksim pada Kulit Bayi!

1. Pelembab atau Emolien

02 PAKAI PELEMBAB - sumber globalnews.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut National Eczema Association, pelembab atau emolien menjadi salah satu cara mengobati eksim. Eksim biasa menyerang kulit kering. Pelembap merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit kering dengan cara mengoleskan krim pelindung di atas lapisan kulit.

Pelembab tidak hanya bekerja melembakan kulit tapi juga menyejukkan dan menghaluskan kulit. Ada banyak sekali jenis pelembab yang beredar di pasaran. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Baca Juga: Moms, Ini Lho Penyebab Eksim yang Perlu Diwaspadai

2. Antibiotik

Rasa gatal yang muncul pada eksim biasanya membuat kita ingin terus menggaruknya, akibatnya kulit pun mengalami infeksi. Pilihan terbaik untuk mengatasi infeksi tersebut adalah dengan menggunakan obat antibiotik.

Pada gejala eksim ringan, biasanya pasien akan disarankan untuk menggunakan antibiotik jenis salep atau krim. Jika jenis antibiotik ini tidak memungkinkan, maka akan diberikan antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul.

3. Antihistamin

Eksim seringkali berkaitan dengan alergi. Antihistamin merupakan jenis obat untuk menangani gejala alergi.

Antihistamin bekerja dengan cara menghentikan histamin yang merupakan unsur pemicu terjadinya ruam merah, gatal, hingga pembengkakan.

4. NSAID (Nonsteroidal Antiinflammatory Drugs)

images-3.jpeg

Foto: Evidently Cochane

Obat-obatan NSAID juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat antiradang. Pilihlah jenis NSAID topikal (bentuk gel atau krim) untuk meredakan gejala eksim.

“Umumnya obat NSAID topikal mampu untuk menagtasi gejala eksim ringan hingga sedang. Salah satu jenis obat NSAID paling direkomendasikan untuk mengatasi eksim adalah Crisaborole. Namun untuk menggunakannya, perlu konsultasi dulu dengan dokter,” kata Dr Bailey.

5. Obat Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat antiinflamasi yang dapat meredakan berbagai gejala penyakit. Jenis obat ini tersedia dalam obat minum maupun obat topikal. Penggunaan obat kostikosteroid sangatlah penting untuk disesuaikan dengan anjuran dokter.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi eksim dengan obat. Pilih obat yang tepat sesuai dengan petunjuk dokter ya Moms.

Artikel Terkait