BALITA DAN ANAK
26 Maret 2020

Cara Mengobati Gigi Berlubang pada Anak, Jaga Gigi Tetap Sehat!

Bawa anak menemui dokter gigi sedini mungkin
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok cara mengobati gigi berlubang di sini.

Banyak yang beranggapan bahwa anak-anak mendapatkan gigi berlubang karena tidak menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benar. Kenyataannya sebagian besar kasus gigi berlubang memang disebabkan karena menyikat gigi yang tidak tepat.

Namun mungkin banyak yang tidak tahu jika kerusakan gigi adalah penyakit yang dikenal sebagai "karies gigi."

Ini disebabkan oleh kuman tertentu, yang menyebar dengan mudah dalam keluarga, dan dapat bertahan seumur hidup. Karies gigi lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Menurut The National Institute of Dental and Craniofacial Research, sekitar 42% anak-anak berusia 2 hingga 11 tahun memiliki kerusakan gigi yang mempengaruhi gigi primer.

Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

cara mengobati gigi berlubang pada anak

Foto: theconversation.com

"Bakteri dalam makanan gula, menghasilkan asam yang menggerogoti struktur gigi dengan menipiskan kalsium," jelas Burton Edelstein, direktur pendiri Children's Dental Health Project.

Bakteri juga membuat plak yang menumpuk pada gigi, mengandung lebih banyak asam sehingga membuat gigi mengalami erosi. Begitu area tanpa kalsium menjadi cukup besar, permukaan gigi akan runtuh, dan menimbulkan lubang pada gigi.

Bayi dilahirkan tanpa bakteri berbahaya di mulutnya, dan penelitian telah membuktikan bahwa ibu biasanya menginfeksi anak-anak mereka sebelum usia 2 tahun.

Hal ini terjadi ketika kita memindahkan air liur ke mulut anak, dengan makan melalui sendok yang sama dengan Si Kecil.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

Cara Mengobati Gigi Berlubang pada Anak

cara mengobati gigi berlubang pada anak

Foto: hawaiifamilydental.com

Sayangnya, antibiotik tidak bisa mengobati gigi berlubang anak dengan menghilangkan bakteri di mulutnya.

Itu sebabnya American Academy of Pediatrics (AAP) sebenarnya menyarankan dokter anak untuk bertanya kepada orang tua tentang sejarah gigi Si Kecil sejak dini, saat bayi berusia 6 bulan. Hal ini direkomendasikan agar dokter tahu bagaimana cara mengobati gigi berlubang pada anak dan untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra jika seorang anak berisiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Atas rekomendasi American Academy of Pediatric Dentistry Association (AAPD) dan AAP, Moms harus membawa anak menemui dokter gigi anak sejak tahun pertama kehidupannya.

Jika menunggu sampai anak beranjak lebih besar, pembusukan dapat terjadi selama waktu itu. Menurut The National Institute of Dental and Craniofacial Research, sekitar 28 persen anak usia 2 hingga 5 tahun mengalami gigi berlubang di gigi sulungnya.

Tetapi penting untuk merawat gigi berlubang pada gigi, karena gigi pertama ini berfungsi sebagai penampung ruang untuk gigi permanen, jadi kehilangan gigi awal anak dapat menyebabkan masalah gigi yang perlu diperbaiki dengan kawat gigi nantinya.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Artikel Terkait