KESEHATAN
17 November 2020

Cara Mengobati Gondongan dengan Jahe, Yuk Coba!

Jahe dikenal dapat membantu melawan infeksi baik virus atau bakteri, salah satunya penyakit gondongan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Si Kecil mengalami pembengkakan di leher atau sekitar rahang disertai sedikit demam, tidak berselera makan karena sakit saat menelan dan mengunyah makanan, susah minum, sakit telinga, dan mual, maka Moms perlu berhati-hati karena itu adalah bagian dari ciri penyakit gondongan.

Gondongan bisa menjadi kondisi yang menyakitkan bagi mereka. Ini adalah penyakit yang sangat menular dan dapat membuat Si Kecil merasa lelah. Moms dapat mengetahui cara mengobati gondongan dengan jahe.

Meskipun bisa dikenali dari ciri khasnya, penyakit gondongan ini sangat jarang sehingga penting untuk mengetahui semua aspeknya.

Gondongan disebabkan oleh virus dan mempengaruhi kelenjar ludah di bawah telinga sehingga menyebabkan wajah tampak bengkak. Penyakit ini menyebar melalui air liur dan dapat menyerang banyak bagian tubuh.

Ketika seorang anak yang terinfeksi berbicara, bersin atau batuk, penyakit dapat menyebar. Virus dapat bertahan hidup pada benda-benda seperti gagang pintu, alat makan, dan mainan yang kemudian dapat ditularkan ke anak lain.

Dikutip dari First Cry Parenting, diketahui bahwa kasus gondongan telah berkurang secara signifikan setelah pengembangan vaksin melawan penyakit tersebut. Gondongan kebanyakan menyerang anak-anak, meskipun ada kasus di mana orang dewasa tertular penyakit tersebut.

Masa inkubasi virus ini adalah dua hingga tiga minggu dan penyakit itu sendiri bisa berlangsung selama seminggu. Biasanya gondongan pada anak-anak dapat menyebar dengan sangat cepat di sekolah dan pusat penitipan anak.

Salah satu yang bisa Moms lakukan adalah memberikan makanan atau minuman dengan bahan natural sebagai salah satu cara untuk mempercepat pemulihannya, misalnya jahe. Lalu, seperti apa cara mengobati gondongan dengan jahe?

Bahan aktif dalam makanan super ini dapat membantu melawan infeksi. Seperti halnya gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi.

Alexandra Rothwell Kelly, MPH, RD, Ahli Nutrisi asal San Fransisco mengungkapkan salah satu manfaat kesehatan jahe yang paling banyak dipelajari dan diakui adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan dalam keadaan kronis.

"Fitokimia dalam jahe, gingerol, dan shogaols, menghambat sintesis molekul yang memicu peradangan, dan beberapa penelitian telah mengevaluasi khasiat jahe untuk pengelolaan penyakit inflamasi tertentu," ujarnya mengutip Ginger People.

Jahe juga dipercaya memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi (bakteri atau virus).

Dalam jurnal National Library of Medicine yang melakukan penelitian dengan tabung reaksi, 10% larutan dengan ekstrak jahe ditemukan dapat menghambat Streptococcus mutans, Candida albicans, dan Enterococcus faecalis.

Ketiga mikroorganisme ini umumnya bertanggung jawab atas infeksi mulut.

Terakhir, jahe memiliki sifat antioksidan yang dapat memberikan manfaat perlindungan dan penyembuhan terhadap penyakit. Dalam sebuah penelitian, jahe segar ditemukan memberikan manfaat antioksidan lebih banyak daripada jahe kering.

Untuk mendapatkan manfaat penuh sebagai cara mengobati gondongan dengan jahe, tanaman ini harus secara teratur dimasukkan dalam makanan Si Kecil yang juga didasarkan pada makanan anti-inflamasi.

Makanan yang memicu peradangan dan harus dihindari termasuk karbohidrat olahan seperti biji-bijian olahan, gula rafinasi yang berlebihan, gorengan, daging olahan, margarin, dan mentega putih.

"Sebaliknya, gaya diet Mediterania yang kaya akan sayuran dan buah berdaun hijau, karbohidrat yang tidak diolah dalam jumlah sedang, ikan, telur yang digembalakan, bumbu dan rempah-rempah, telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kronis," kata Rothwell.

Yuk, cari tahu cara mengobati gondongan dengan jahe, baik melalui pemakaian luar ataupun dalam bentuk olahan makanan dan minuman.

Baca Juga: Mengenal Virus Gondongan dan 5 Komplikasi Serius yang Dapat Terjadi

Cara Mengobati Gondongan dengan Jahe untuk Pemakaian Luar

jahe, ramuan obat batuk alami.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Pick a Remedy, berikut ini cara mengobati gondongan dengan jahe mentah.

Waktu yang dibutuhkan: 10 Menit

Bahan-bahan: Jahe segar/jahe bubuk, alu dan lesung, handuk bersih

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong jahe segar sebelum digiling menggunakan alu dan lesung
  2. Giling ramuan sampai menjadi pasta yang halus
  3. Moms bisa menggunakan bubuk jahe sebagai pengganti ramuan segar. Jika Moms memilih untuk menggunakan bubuk jahe, campur dengan sedikit air untuk menjadikannya pasta
  4. Oleskan pasta pada kelenjar yang bengkak di sekitar leher Si Kecil dan pijat dengan hati-hati karena kelenjar cenderung sangat lembut dan nyeri
  5. Biarkan pasta mengering dengan sendirinya selama sekitar 10 menit
  6. Rendam handuk dalam air hangat dan gunakan untuk menyeka pasta dengan lembut.

Baca Juga: Amankah Minum Jahe Merah Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

Cara Mengobati Gondongan dengan Jahe Menjadi Makanan dan Minuman

resep minuman jeruk nipis: Teh Serai, Jahe, Jeruk Nipis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya menggunakan jahe mentah, Moms juga bisa melakukan cara mengobati gondongan dengan jahe yang diolah menjadi makanan dan minuman. Berikut ini beberapa idenya.

1. Teh Jahe

Cukup rendam 1 sendok teh pasta jahe dalam air hangat lalu saring dan minumlah teh tiga kali sehari untuk meredakan rasa sakit dan mengatasi gejala gondongan.

2. Smoothies Buah

Saat Si Kecil tidak berselera makan, smoothies buah bisa menjadi penambah nafsu makan yang baik dan menyehatkan.

Misalnya, Moms membuat smoothies pisang atau yogurt yang tentu saja bisa Moms tambahkan sedikit air jahe agar lebih segar sekaligus menghangatkan dan bisa menjadi cara mengobati gondongan dengan jahe.

3. Minuman Berenergi Kunyit dan Jahe

Sebagai cara mengobati gondongan dengan jahe, Moms bisa mencampurkan akar kunyit dengan jahe yang dicincang beserta air dingin untuk ramuan pagi yang pedas dan memberi energi.

4. Oatmeal Jahe

Tambahkan sedikit air jahe ke dalam oatmeal. Dengan taburan beri segar dan kayu manis, maka ini bisa menjadi salah satu pilihan menu sarapan yang menyegarkan bagi Si Kecil yang gondongan.

5. Sup Ayam Jahe

Cara mengobati gondongan dengan jahe selanjutnya adalah dengan membuat sup ayam jahe. Apalagi, makanan berkuah dan hangat sangat pas bagi Si Kecil yang sedang kehilangan nafsu makan dan sakit saat menelan.

Sup ayam yang biasa Moms buat, bisa ditambahkan sedikit bubuk jahe agar lebih hangat ditenggorokan Si Kecil saat memakannya. Pastikan Moms menggunakan nasi tim atau bubur nasi agar Si Kecil tidak kesulitan menelan.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Sup Ayam Dapat Sembuhkan Batuk dan Demam

6. Mashed Potato dan Jahe

Mashed potato yang Moms buat juga bisa ditambahkan dengan sedikit bubuk jahe, bubuk bawang putih dan garam.

Tidak hanya menjadi cara mengobati gondongan dengan jahe, resep ini juga bisa menjadi makanan kombinasi yang pas dan cukup mengenyangkan ketika Si Kecil tidak mau makan nasi seperti biasanya.

Baca Juga: 8 Rempah Ini Wajib Ada di Dapur, Apa Saja Ya?

Cara Mengobati Gondongan dengan Bahan Natural Lain

Tanaman Herbal untuk Mencegah gondongan

Foto: Orami Photo Stock

7. Biji Fenugreek atau Klabat

Di Indonesia kita mengenalnya dengan nama kelabat. Penggunaan ini juga bisa menjadi cara mengobati gondongan dengan jahe.

Biji klabat memiliki khasiat yang sama dengan jahe dan dapat digunakan dengan cara yang sama untuk menyembuhkan Si Kecil dari gondongan yaitu dihaluskan untuk dibuat pasta dan diusap pada bagian yang bengkak di sekitar leher.

8. Lada Hitam

Cara mengobati gondongan dengan jahe yaitu dengan menggunakan lada hitam.

Bubuk lada hitam harus dicampur dengan air dan diolah menjadi pasta. Pasta ini bisa diletakan di area pembengkakan dan akan membantu meringankan gondongan yang membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dengan khasiat antibiotiknya dan akan membantu mengatasi pembengkakan. Ada juga cara mengobati gondongan dengan jahe dan lidah buaya.

Ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk gondongan pada anak-anak. Kupas lapisan luar daun untuk diambil dagingnya. Taburkan sedikit kunyit di atasnya dan gunakan sebagai perban pada bagian yang bengkak.

10. Bawang Putih

Pasta bawang putih yang dioleskan pada pembengkakan merupakan pendekatan tradisional lainnya sebagai obat luar untuk meredakan nyeri.

11. Daun Mimba

Daun mimba tidak hanya akan mengurangi pembengkakan, tetapi juga akan membantu melawan virus.

Cara mengobati gondongan dengan jahe dan daun mimba adalah dengan membuat pasta dengan daun mimba, diberi sedikit bubuk kunyit dan oleskan pada bagian yang bengkak.

Baca Juga: 6 Komplikasi Gondongan pada Anak, Waspada!

Perawatan Lain Gondongan pada Anak

jadwal makan bayi 9 bulan porsi makan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Perawatan untuk Si Kecil yang gondongan difokuskan pada meredakan gejala sampai sistem kekebalan tubuhnya dapat melawan infeksi. Saat ini tidak ada obat untuk mengobati virus gondongan.

Infeksi biasanya lewat dalam satu atau dua minggu. Sementara itu, langkah-langkah ini mungkin bisa membantu yaitu banyak istirahat di tempat tidur sampai gejalanya hilang.

Meminum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau parasetamol, untuk menghilangkan rasa sakit.

Tetap konsumsi banyak cairan, tetapi hindari minuman asam seperti jus buah karena dapat mengiritasi kelenjar parotis.

Air mineral biasanya merupakan cairan terbaik untuk diminum Si Kecil, serta makan makanan yang tidak perlu banyak dikunyah, seperti sup, kentang tumbuk, dan telur orak-arik.

Tetap oleskan kompres hangat atau dingin ke kelenjar yang bengkak untuk membantu mengurangi rasa sakit. Jika gejala Si Kecil tidak membaik setelah 7 hari, atau tiba-tiba memburuk, hubungi dokter anak Moms untuk meminta nasihat.

Itu dia Moms, beberapa cara mengobati gondongan dengan jahe yang bisa dilakukan. Semoga membantu.

Artikel Terkait