KESEHATAN
30 Agustus 2019

Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan 5 Bahan Alami

Moms bisa menggunakan air garam untuk membunuh bakteri penyebab sariawan lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Meski tidak membahayakan, sariawan bisa dikatakan sebagai satu masalah kesehatan mulut yang sangat mengganggu dan menyakitkan. Apalagi jika jerawat tersebut muncul tidak hanya di mulut, namun juga dilidah.

Tentu hal ini akan mengganggu proses mencerna makanan pada setiap orang. Kita jadi malas makan, bahkan tidak bisa mengunyah dengan benar akibat rasa sakit yang berasal dari sariawan ini.

Sariawan disebabkan oleh infeksi oleh jamur candida, atau dikenal sebagai ragi yang menyebabkan bercak putih di mulut sehingga terasa menyakitkan. Sariawan ini juga bisa menjadi sumber bau busuk.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan pada Balita

"Kita tahu bahwa sariawan berkembang dengan peningkatan gula di mulut atau pH yang berubah," kata Taz Bhatia, pakar kesehatan integratif dan penulis Super Woman RX.

Infeksi ini paling sering terjadi pada bayi, atau pada anak-anak atau orang dewasa yang menggunakan antibiotik atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Nah, bagaimana cara mengobati sariawan di lidah ini? Simak tipsnya di bawah ini ya.

Minuman Air Garam

mengobati sariawan di mulut

Foto: hivisasa.com

Garam memang umumnya sangat berguna untuk memasak, tetapi sebenarnya garam ini memiliki manfaat lain selain digunakan sebagai bumbu masakan lho.

Salah satu manfaat garam yang populer dan sering direkomendasikan oleh dokter penggunaannya adalah untuk mengatasi sariawan. Mengutip dari Mayo Clinic, membilas sariawan dengan air garam dapat membantu meringankan gejala infeksi jamur dan membersihkan sariawan di mulut.

Baca Juga: Jangan Asin-Asin, Ini Cara Mengurangi Konsumsi Garam pada Anak, Moms

Perubahan Diet

mengobati sariawan di mulut

Foto: webmd.com

Ragi memakan gula, jadi beberapa dokter menyarankan kita untuk mengurangi jumlah gula dalam diet jika Moms menderita sariawan dan jika menyusui bayi dengan sariawan.

“Gula memberi makan ragi dan setiap pengurangan sangat membantu,” kata Dr. Taz Bhatia.

Konsumsi Probiotik atau Yogurt

mengobati sariawan di mulut

Foto: medium.com

Manfaat bakteri dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut.

"Probiotik atau yogurt dengan kultur aktif dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri baik di mulut," kata Carrie Brown, dokter anak di Rumah Sakit Anak Arkansas di Little Rock, Arkansas.

Baca Juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

Seka Lidah dengan Baking Soda

mengobati sariawan di mulut

Foto: dentalblu.com

Mengobati sariawan di lidah juga dapat dilakukan dengan menyeka bagian dalam mulut dengan melarutkan dua sendok makan baking soda dan satu cangkir air.

Ini umumnya merupakan pengobatan untuk orang dewasa, karena kekhawatiran tentang keseimbangan elektrolit bayi, dan kemungkinan aspirasi. Solusinya, Dr. Carrie Brown menyarankan tidak menggunakan obat ini pada bayi yang masih kecil.

Gunakan Minyak Kelapa

mengobati sariawan di mulut

Foto: powerblanket.com

Sebuah penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, tentang sifat antimikroba dalam minyak kelapa, menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu membunuh setidaknya beberapa jenis bakteri, jadi menyeka mulut dengan minyak kelapa berpotensi membantu melawan sariawan di lidah.

Itu dia Moms beberapa cara sederhana untuk mengobati sariawan di lidah. Apakah Moms sudah pernah mencoba salah satunya?

Artikel Terkait