3-12 BULAN
10 Juni 2019

Banyak Manfaatnya, Ini Cara Mengolah Beras Merah untuk MPASI Bayi

Cek cara memasak nasi merah yang tepat untuk MPASI bayi 6 bulan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak orang beralih dari mengonsumsi nasi putih ke nasi merah. Termasuk saat membuat MPASI bayi 6 bulan.

Hal ini tidak lepas dari tingginya kandungan nutrisi dalam beras merah. Namun, untuk mendapatkan tekstur yang lembut atau pulen pada beras merah membutuhkan proses yang lebih panjang dibanding saat memasak beras putih.

Apa saja keunggulan dari beras merah dan bagaimana memasak beras merah untuk MPASI bayi 6 bulan agar lebih disukai Si Kecil? Cek infonya berikut ini, Moms!

Baca Juga: 6 Tips Memasak Nasi Merah Agar Pulen dan Tidak Keras

Nutrisi Beras Merah untuk MPASI Bayi

Beras Merah untuk MPASI Bayi

Beras merah lebih menyehatkan dibanding beras putih karena proses produksinya yang tidak dikuliti. Sehingga vitamin dan nutrisinya masih melekat pada nasi merah.

Beras merah untuk MPASI bayi merupakan sumber nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi.

“Nasi cokelat dan nasi merah memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Keduanya merupakan sumber serat, vitamin B, kalsium, zinc dan zat besi, mangan, selenium, magnesium dan ragam nutrisi lainnya,” ungkap ahli manajemen berat badan di Delhi, Dr. Gargi Sharma, seperti dikutip dari NDTV Food.

Baca Juga: Nasi Putih atau Nasi Merah, Mana yang Lebih Baik untuk Balita?

Beras Merah VS Jenis Beras Lainnya

Beras Merah untuk MPASI Bayi

Selain nasi putih dan nasi merah, ada beberapa jenis nasi lainnya. Antara lain nasi cokelat dan nasi hitam.

Ada satu hal yang membuat nasi merah disebut sebagai nasi paling sehat, karena adanya kandungan antioksidan yang hanya dimiliki oleh nasi merah.

“Nasi merah berbeda karena mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Kandungan ini biasa terdapat dalam blueberry dan buah atau sayuran berwarna merah keunguan lainnya. Fakta bahwa nasi merah mengandung anthocyanin merupakan hal yang positif, karena berarti mengandung lebih banyak nutrisi,” ahli diet Chloe McLeod, seperti dikutip dari Huffington Post.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 5 Olahan Beras Merah Ini Bisa Bikin Ketagihan

Tips Memasak Beras Merah untuk MPASI

Beras Merah untuk MPASI Bayi

Dalam mengolah beras merah untuk MPASI bayi 6 bulan memerlukan proses dan waktu yang lebih lama dibandingkan saat memasak beras putih.

Pertama, Moms bisa mencuci beras merah sebanyak dua kali sebelum diproses menjadi nasi merah. Lalu, rendam beras merah dengan dua gelas air di dalam panci, selama sekitar 30 menit.

Tahap ini dilakukan untuk membuat tekstur nasi merah lebih pulen dan waktu memasak juga menjadi lebih singkat.

Setelah selesai, buang air rendamannya dan tambahkan 1,5 gelas air tawar ke dalam panci berisi beras merah. Masaklah dengan api sedang ke tinggi sampai mendidih.

Selanjutnya, kecilkan api dan masak kembali beras merah selama 20 menit sampai berubah menjadi nasi merah. Pastikan untuk mengaduk nasi merah secara berkala selama memasak ya, Moms.

Bila tahu trik memasaknya, Moms bisa dengan mudah membuat beras merah untuk MPASI bayi 6 bulan.

Misalnya dengan membuat puree dari nasi merah dan mengkombinasikannya dengan beragam sayuran kesukaan Si Kecil. Selamat mencoba, Moms!

(GS/INT)

Artikel Terkait